Cat Besi Anti Karat pada Furnitur Kontemporer Tampil Sempurna

Ada banyak gaya yang bisa Anda gunakan di dalam rumah khususnya untuk pemilihan jenis furnitur. Komponen furnitur adalah salah satu bagian yang sangat penting bagi Anda yang ingin menggunakannya dalam sebuah rumah.

Material besi adalah salah satu bahan yang sering digunakan pada furnitur dan Anda perlu melindunginya dengan cat besi anti karat. Bayangkan jika Anda tidak memilih bahan finishing yang tepat maka material besi yang terdapat pada furnitur dalam waktu satu tahun atau bahkan kurang dapat muncul karat yang sangat membahayakan dalam untuk lingkungan.

Pasti Anda sudah sering mendengar bahaya adanya karat. Jika karat pada furnitur melukai tubuh Anda maka akan menimbulkan penyakit cacat yang dapat membuat Anda cacat. Menghindari adanya karat di sekitar rumah karena kurang jeli dalam memilih bahan cat maka Anda bisa melakukannya sekarang juga.

Mengenal Desain Kontemporer

Baik Anda yang baru mengenal dunia desain interior atau telah menjadi penggemar selama bertahun-tahun, terkadang sulit untuk membedakan gaya desain. Diakui, ada banyak persilangan antara estetika dan tidak ada yang lebih crossover daripada dengan desain kontemporer. Jika Anda pernah bertanya-tanya apa sebenarnya yang membuat ruangan “kontemporer”, maka ada banyak pula yang mempertanyakan hal tersebut.

Pada intinya, kata “kontemporer” berarti “saat ini,” yang membuat gaya ini sangat sulit untuk didefinisikan. Kembali ke era 1970-an, gaya ini unik karena meminjam unsur-unsur dari banyak estetika lainnya. Di dalamnya, Anda dapat melihat kesamaan dengan modern, tradisional, art deco dan bahkan desain futuristik.

Titik lain yang mendefinisikan desain kontemporer adalah bahwa terus berkembang. Tidak seperti gaya lain yang lebih atau kurang diatur di batu, apa yang “saat ini” hari ini dapat berubah dalam waktu beberapa tahun. Hari ini, tampilan didefinisikan oleh garis lengkung, warna netral dan minimalis, tetapi mungkin terlihat sedikit berbeda di masa depan.

Cat Besi Anti Karat Pada Furnitur Kontemporer

Furnitur kontemporer memiliki garis yang bersih dan permukaan yang halus tanpa ukiran atau perhiasan. Siluet sangat tipis tanpa mungil. Furnitur terbuat dari kayu berwarna terang seperti maple dan birch (yang juga memIliki kisi-kisi minimal), kaca buram atau bening, stainless steel, nikel dan krom.

Salah satu faktor kunci dalam menciptakan estetika kontemporer adalah bahwa ada sedikit atau tidak ada hiasan yang digunakan. Tujuan dalam desain kontemporer adalah bahwa semua dalam desain memiliki fungsi dan telah diatur untuk mencapai efisiensi yang optimal.

Menemukan peralatan untuk melengkapi gaya kontemporer rumah seseorang relatif mudah saat ini karena sebagian besar produsen menghasilkan bahan dari logam yang disikat atau pewarna tebal yang diwarnai. Untuk mendapatkan gaya kontemporer dengan kabinet, pertimbangkan untuk menggunakan engsel tersembunyi dan pintu besi. Jika kayu digunakan, maka harus diselesaikan dengan enamel gloss tinggi agar sesuai dengan tampilan keseluruhan. Gaya kontemporer adalah istilah umum dengan banyak garis lintang untuk memasukkan preferensi pribadi.

Jenis Bahan Cat Besi yang Tepat untuk Furnitur Kontemporer

Mencermati dari gaya kontemporer di atas maka material besi adalah material yang sangat penting mulai dari pemilihan warna hingga ketahanan dari cat tersebut. Untuk gaya kontemporer maka warna dari keemasan atau warna silver menjadi pilihan utama dengan sedikit gliter.

Warna ini dipilih karena tidak begitu banyak barang yang akan digunakan pada gaya ini. Jika Anda menggunakan warna keemasan maka kesan indah dan menguasai ruangan akan didapatkan. Pilihan warna besi ini bisa Anda kombinbasikan dengan kaca yang akan memperlihatkan sedikit kesan futuristik.

Sedangkan untuk jenis bahan cat yang bisa Anda gunakan untuk finishing besi tersebut tidak lain adalah cat kayu dan besi water based Orchid. Cat Orchid terbuat dari bahan dasar air dan Anda bisa menggunakannya kapan saja tidak tergantung dengan panas matahari agar cat dapat mengering sempurn.

Bahkan Anda tidak perlu ragu untuk melakukan finishing di dalam ruangan. Cat akan cepat mengering dan Anda akan menggunakan furnitur dalam waktu dekat. Kecapatan kering saja tidak cukup, karena perlindungan sangat dibutuhkan pada furnitur dengan material besi.

Oleh karena itu cat kayu water based Orchid juga telah dilengkapi dengan bahan zincalume yang akan memberikan proteksi agar furnitur lebih tahan terhadap karat walaupun ruangan Anda memiliki kelembaban yang tinggi atau Anda meletakan furnitur di luar ruangan.

Ketika Anda menggunakan cat kayu besi Orchid bahkan Anda tidak perlu khawaitr akan pencemaran udara akibat logam berat yang terdapat dalam cat. Karena bahan cat adalah air maka tidak akan ada aroma yang menyengat dan juga menyakiti pernapasan atau membuat mata pedih.

Kelebihan ini bisa Anda rasakan ketika Anda langsung menggunakan cat kayu water based Orchid.

Cara Aplikasi Cat Kayu Besi Orchid pada Furnitur Besi

Proses aplikasi sangatlah mudah, namun terlebih dahulu Anda bisa memilih warna yang tersedia. Untuk gaya kontemporer disarankan untuk Anda memilih warna keemasan seperti gold, pearl atau bahkan cooper.

Cat Besi Anti Karat Pada Furnitur Kontemporer

Pilihan warna ini akan menguatkan kesan dari gaya kontemporer furnitur di rumah Anda. Untuk proses aplikasinya Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama siapkan material besi dengan baik. Anda perlu mengamplas besi dengan amplas kasar untuk menghaluskan permukaan sehingga hasil pengecatan pun rata. Pilih kuas berbahan nylon agar air meresap dengan baik. Kemudian pastikan debu amplas bersih dan material besi kering.
  2. Kedua langsung aplikasikan cat kayu besi Orchid. Campurkan terlebih dahulu dengan air perbandingan 3 bahan : 1 air kemudian aduk hingga menjadi benar-benar rata. Kuaskan ke seluruh permukaan besi hingga rata satu arah saja untuk menghindari adanya brush mark. Tunggu permukaan kering dengan sendirinya biasanya akan membutuhkan waktu 60 menit.
  3. Setelah permukaan kering Anda bisa mengecek dengan ibu jari Anda pada bagian tersembunyi. Tekan dan lihat apakah terdapat sidik jari, jika tidak maka Anda bisa mulai mengamplas dengan amplas aluminium oxide nomor 400. Amplas hingga halus dan bersihkan debu amplas.
  4. Ulangi pengaplikasian cat Orchid dengan kuas. Anda bisa mengulangi langkah di atas hingga 2 atau tiga kali lapisan. Banyak lapisan maka akan memberikan perlindungan yang baik pada furnitur besi di rumah Anda.

Tips untuk mengaplikasikan dengan baik adalah Anda perlu mengaplikasikan sedikit demi sedikit setiap lapisan untuk membentuk hasil yang halus dan benar. Jika terlalu tebal hanya akan merusak permukaan. Selain itu Anda perlu mengamplas pada setiap lapisan agar lapisan di atasnya dapat menempel dengan baik.

Cat besi Orchid akan memberikan hasil warna mengkilap yang sangat cocok dengan desain kontemporer. Namun jika Anda ingin mendapatkan hasil warna yang doft maka Anda bisa memberikan lapisan akhir dengan top coat matte. Lapisan akhir ini akan menurunkan tingkat kilap dan Anda mendapatkan hasil warna dan tampilan yang diinginkan.

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH