Meniru Corak Harimau Pada Meja TV Bekas dengan Cat Biovarnish

Bagi banyak penghobi kayu, penggunaan kayu jati belanda adalah suartu hal yang biasa terlelbih lagi jika diolah menjadi meja TV. Anda tidak akan kesulitan ketika menggunakannya bahkan jika Anda ingin melakukan finishing apa saja pada meja TV Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan finishing Anda bisa meniru gaya apapun yang dianggap menarik.

Penggunaan cat adalah sebuah langkah yang luar biasa mudah. Anda bisa mengganti warna apapun ketika bosa dengan warna dari meja TV Anda. Bagi Anda yang ingin menggunakan meja TV maka putuskan apakah Anda akan memberikan warna natural, warna solid atau tampilan yang bercorak.

Melakukan finishing dengan corak yang terbayang adalah bentuk dan kreasi dimana Anda harus menggambar pada meja TV kemudian memberikan lapisan cat pada gambar tersebut. Namun bagi Anda yang tidak ahli menggambar bagaimana dapat memunculkan corak tersebut?

Jika iya maka Anda bisa meniru corak harimau yang cenderung lebih mudah diduplikasi daripada Anda harus menggambar bentuk pada meja TV Anda. Untuk mendapatkan corak harimau hal yang perlu Anda ketahui adalah bahan kayu yang dibutuhkan adalah kayu jati belanda yang solid.

Mengapa? Alasannya sangat mudah yaitu karena kayu jati belanda yang solid adalah kayu yang memiliki tampilan lebih artistik berdasarkan dengan tampilan serat yang dimiliki. Jika Anda memilih tampilan dari serat kayu mahoni atau ulin maka serat yang dimiliki hanya serat lurus tanpa kesan menarik.

Adanya serat kayu yang artistik akan menimbulkan corak harimau tampak lebih nyata. Bahkan Anda akan mendapatkan hasil finishing yang menarik dan juga. Warna dari corak dan ketajaman warna orange dari bulu harimau akan Anda dapatkan dari bahan finishing yang tepat.

Persiapan Melakukan Finishing Corak Kulit Harimau

Anda ingin mendapatkan hasil finishing yang sama dengan kulit harimau? Ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan antara lain adalah persiapan alat, kemudian persiapan bahan dan juga persiapan material.

Pada tahapan pertama ini persiapan material dari meja TV harus sangat diperhatikan. Anda yang tidak melakukan persiapan ini tidak akan menjamin mendapatkan hasil finishing yang maksimal. Persiapan dari material yaitu meja TV bekas adalah menghilangkan lapisan cat yang lama.

Bagi Anda yang tidak ingat menggunakan jenis cat apa ketika melakukan finishing meja TV dahulu bisa memanfaatkan paint remover yang bisa didapatkan di toko bahan bangunan terdekat. Gunakan paint remover dan juga pisau palet.

Meniru Corak Harimau Pada Meja TV Bekas

Tuangkan paint remover dan jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan serta masker yang karena cairan ini cukup keras. Proses berlanjut untuk mendiamkan dan tunggu hingga muncul gelembung yang menandakan lapisan cat mulai mengelupas.

Gunakan pisau palet untuk menghilangkan lapisan cat yang mengelupas. Bersihkan dan buang di tempat sampah. Proses berlanjut pada pengamplasan. Jika Anda memiliki hand sander gunakanlah untuk mempercepat proses penghalusan. Gunakan amplas kasar yang memiliki grit 150 kemudian beralih perlahan hingga pada hrit 240. Maka Anda akan mendapatkan hasil finishing yang benar-benar halus.

Tahapan kedua adalah persiapan alat. Persiapan alat ini sangat mudah dan simpel karena Anda bisa mendapatkannya di toko bahan bangunan terdekat dengan harga yang sangat murah. Siapkan alat mulai dari gelas plastik, kuas sponge, kain lap dari bahan katun yang bersih dan kering terakhir adalah amplas aluminium 400.

Tahapan ketiga adalah persiapan dari bahan. Untuk bahan ini disarankan agar Anda menggunakan cat kayu water based dengan mer Biovarnish. Produk ini akan memberikan warna bakaran yang tajam. Sedangan sebagai lapisan akhir produk Biovarnish clear coat akan memberikan tampilan yang transparansi dengan baik.

Ada dua pilihan yang bisa Anda pilih untuk hasil akhirnya yaitu tampilan gloss atau mengkilap kemudian Anda juga bisa memilih tampilan natural dari clear coat matte tampilan warna matte tentu saja akan memberikan hasil yang lebih natural namun dengan memilih tampilan gloss meja TV akan lebih tahan terhadap goresan.

Material, alat dan juga bahan telah Anda miliki dan persiapkan. Kini saatnya Anda melakukan proses finishing untuk corak warna harimau.

Langkah Finishing Corak Harimau

Dalam kasus finishing corak harimau ini, Anda tidak hanya dapat melakukan finishing pada furnitur meja TV saja namun Anda juga bisa menggunakannya pada furnitur yang lainnya. Bahkan untuk proses finishing ini Anda tidak perlu panas matahari untuk penjemuran dan proses kering cepat. Karena cat water based adalah jenis cat yang cepat mengering walaupun berada di dalam ruangan.

Meniru Corak Harimau Pada Meja TV Bekas

Untuk lebih lengkapnya ikut langkahnya berikut ini:

  1. Campurkan Biovarnish wood stain warna papua rose dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air ke dalam gelas plastik. Anda bisa menakarnya dengan sendok kemudian aduk hingga rata. Gunakan kuas sponge dan aplikasikan searah serat kayu jati belanda. Lakukan secara merata. Diamkan sekitar 8 hingga 10 detik lalu hapus lapisan cat dengan kain lap kering searah serat kayu, lakukan dalam satu arah.
  2. Tunggu lapisan Biovarnish wood stain hingga kering selama 60 menit lalu Anda bisa menggunakan amplas 400 secara ambang. Amplas berfungsi untuk menghaluskan serta membuka pori kayu. Selanjutnya Anda bisa membersihkan debu amplas.
  3. Aplikasi selanjutnya adalah Biovarnish wood stain red GL yang akan memberikan efek warna seperti kulit harimau. Untuk proses aplikasi dimulai dengan pencampuran wood stain red gl dengan air. Gunakan perbandingan sama yaitu 2 bahan : 1 air kemudian aplikasikan dengan kuas sponge yang telah dicuci bersih. Kuaskan secara merata searah serat kayu. Tunggu lapisan mengering sekitar 8 hingga 10 detik kemudian lap dengan lap kering.
  4. Tunggu lapisan Biovarnish wood stain ini mengering selama 60 menit kemudian lanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan kertas amplas 400. Lakukan secara rata. Bersihkan debu amplas.
  5. Lapisan terakhir adalah dengan Biovarnish clear coat matte. Campurkan Biovarnish clear coat matte dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk rata dalam gelas plastik. Kuaskan dengan kuas sponge secara merata ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Untuk lapisan akhir ini Anda perlu mendiamkannya selama 24 jam untuk mendapatkan hasil finishing yang sempurna.

Anda melakukan lima langkah di atas maka Anda berhasil dalam mendapatkan corak  harimau pada meja TV di rumah. Corak yang dihasilkan dari wood stain papua rose pada serat kayu akan sangat mirip dengan aslinya. Bahkan penggunaan warna dari wood stain red GL memberikan tampilan yang sama dengan warna kulit harimau.

Kini Anda mendapatkan meja TV yang memiliki kesan artistik tanpa harus membayar mahal dari pekerjaan tukang. Mengecat sendiri di rumah dengan produk Biovarnish akan lebih asyik dan lebih aman.

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH