Cat Aman Untuk Furnitur Anak, Adakah? Yuk Intip Info Berikut!

Cat aman untuk furnitur anak sangat penting untuk menjaga anak dari paparan bahan kimia berbahaya.

Furnitur merupakan benda yang ada di rumah yang memiliki berbagai fungsi, mulai dari menyimpan barang seperti pakaian atau perabot rumah tangga, digunakan untuk duduk ataupun tidur. Di balik fungsinya yang serbaguna ada sebuah hal penting yang kurang menjadi perhatian seseorang ketika membeli sebuah furnitur khususnya yang akan dipakai oleh anak, yaitu cat aman untuk furnitur anak.

Dalam sebuah ruangan adanya furnitur menjadi sesuatu yang wajib. Memiliki furnitur yang tepat untuk sebuah ruangan atau rumah dapat memberikan kesan ruangan tersebut tidak kosong. Apalagi dengan pemilihan furnitur yang unik atau antik akan menjadikan sebuah ruangan lebih indah. Selain memberikan kesan yang indah, furnitur juga dapat membantu memudahkan kehidupan kita.

Pada saat ini terdapat banyak pilihan furnitur untuk menunjang kehidupan kita di berbagai lini kehidupan. Seperti meja untuk membantu kita makan atau bekerja, kursi untuk duduk, lemari untuk menyimpan pakaian, perabotan dapur, seperti piring, cangkir, mangkok, atau sebagainya, atau rak untuk buku ataupun rak tv.

Sebagai konsumen, Anda sudah pasti akan mempertimbangkan matang-matang sebelum membeli sebuah furnitur untuk rumah Anda. Mulai dari segi visual misalnya bagaimana bentuk dari furnitur, warna dari furnitur, finishing yang digunakan. Sampai fitur yang diberikan dari furnitur yang akan Anda beli.

Memilih Furnitur Anak Terbaik untuk Anak

Terutama jika furnitur tersebut diperuntukan untuk anak Anda. Sudah pasti Anda akan lebih berhati-hati dalam memilihnya daripada furnitur yang digunakan untuk kebutuhan Anda sehari-hari. Furnitur anak sudah tentu akan dibuat  memiliki bentuk yang semenarik mungkin demi memikat anak. Bentuk visual dari furnitur anak  juga akan disesuaikan dengan hal-hal yang dekat dengan anak. Seperti memberikan aksen hewan pada furnitur anak tersebut, sampai memiliki warna yang beragam.

Karena pada dasarnya furnitur untuk anak-anak oleh para produsen furnitur akan dibuat semenarik mungkin dari segi visual. Dari bentuk yang dibuat sedemikian rupa, sampai pemilihan warna yang berwarna-warni dan menonjol. Memilih furnitur untuk anak. memang membutuhkan ketelitian dan juga pertimbangan.

Furnitur biasanya menggunakan bahan kayu, tidak terkecuali furnitur anak.  Maka dari itu bisa dipastikan furnitur kayu anak melewati banyak proses yang bersentuhan dengan bahan kimia. Contoh proses pengecatan pada furnitur anak yang menggunakan cat.

Perhatikan penggunaan Cat pada Furnitur Anak

Namun, yang perlu diingat bagi para orang tua adalah memilih furnitur yang benar-benar aman bagi anak Anda. Tidak dapat dihindari, bahwa dengan adanya banyak furnitur anak yang beredar maka tidak jarang pula dijumpai furnitur anak yang mencurigakan dan terkesan tidak aman. Warna dari furnitur anak yang mencolok, cat dari furnitur anak yang memiliki bau yang tajam, lapisan cat yang tidak rata, menjadi beberapa ciri furnitur anak yang patut dicurigai. Pasalnya kita tidak pernah tahu bagaimana sebenernya proses produksi dari furnitur anak tersebut. Yang jelas penggunaan bahan kimia yang tidak aman sering kali tidak diindahkan oleh para produsen cat yang tidak peduli dengan keamanan produknya.

Kita tidak bisa menghindari para pengusaha furnitur nakal yang tetap menggunakan cat furnitur dengan bahan yang mengandung kandungan timbal tinggi. Tentu saja bahan cat seperti itu tidak aman bagi kesehatan apa lagi kesehatan anak.

Lalu, adakah jenis cat furnitur yang benar-benar aman bagi kesehatan anak?, tentu saja ada. Cat yang biasa digunakan oleh industri biasanya terdapat dua jenis, yaitu cat solvent based dan water based. Apa perbedaannya? Untuk menjawab hal tersebut, simak informasi perbedaan dari cat solvent based dan water based berikut ini.

Perbedaan Cat Solvent Based dan Cat Water Based

1. Mengenal Cat Solvent Based

Cat ini banyak dipilih dan juga dikenal oleh masyarakat sebagai cat yang mudah untuk diaplikasikan. Namun, cat jenis ini ternyata tidak aman bagi kesehatan anak. Mengapa demikian? Cat solvent based merupakan jenis cat yang menggunakan bahan organik sebagai bahan pelarutnya, seperti thinner, spiritus, methanol, atau dengan menggunakan bahan minyak yang lainnya.

Keunggulan dari cat solvent based ini adalah daya tahannya yang lebih lama jika dibandingkan dengan cat water based. Sehingga cat ini banyak digunakan oleh berbagai industri kayu, tidak terkecuali furnitur anak karena hasilnya yang lebih maksimal. Cat dengan solvent based ini memiliki kandungan VOC yang tinggi sehingga kurang bagus untuk digunakan pada furnitur anak. Bahan VOC atau Volatile Organic Compounds ini merupakan bahan senyawa kimia yang dapat menguap pada suhu ruangan, sehingga tidak dianjurkan untuk digunakan pada furnitur anak.

2. Mengenal Cat Water Based

Berbeda dengan cat solvent based, cat dengan water based ini menggunakan bahan pelarut air. Cat ini merupakan jenis cat yang mudah untuk diaplikasikan pada furnitur. Karena menggunakan bahan pelarut air, cat ini juga tidak menimbulkan bau yang sangat menyengat. Keunggulan yang lain dari cat water based ini adalah tidak mengandung kandungan berbahaya seperti VOC, sehingga aman digunakan untuk industri furnitur kayu, khususnya yang akan digunakan anak-anak.

Kelebihan Cat Water Based untuk Furnitur Anak

Bioduco Solid Colour

Semakin terbukanya informasi membuat banyak orang tua yang mulai peka terhadap furnitur anak. Para orang tua mulai mencari tahu cat yang aman bagi anak. Ini dilakukan demi terjaganya kesehatan anak dari bahaya cat yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Oleh karena itu, penggunaan cat yang tidak tidak memiliki kadar bahan kimia berbahaya yang tinggi dan bahkan yang ramah lingkungan sekarang ini semakin dilirik. Seharusnya, para orang tua sadar bahwa kesehatan merupakan aset yang paling berharga. Lalu, apa saja kelebihan cat water based daripada cat solvent based?

  1. Kandungan yang VOC atau Volatile Organic Compounds yang ada di cat water based tergolong renadh dibandingkan yang ada pada cat solvent based. Jadi tidak membahayakan kesehatan anak.
  2. Memiliki kemampuan pengeringan yang cepat bahkan tanpa dijemur di bawah sinar matahari.
  3. Mudah dibersihkan menggunakan peralatan sederhana  seperti air sabun yang dilarutkan dengan air hangat.
  4. Setelah diaplikasikan dalam waktu lama efek yellowing tidak akan muncul.
  5. Tidak mudah retak, karena bahan finishing fleksibel.

Cat Water Based Cat Aman untuk Furnitur Anak.

Cat water based merupakan jenis cat yang berkualitas dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan cat solvent based. Tetapi, harga yang lebih mahal seiring dengan manfaat yang Anda dapatkan dari menggunakan cat water based. Terutama Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah kesehatan yang menghantui anak Anda. Berbagai keunggulan yang dimiliki cat water based menjadikannya lebih baik dari cat solvent based.

Saat ini telah banyak pengusaha furnitur anak yang mulai menyadari pentingnya menjaga kualitas barangnya. Mereka mulai sadar bahwa penggunaan cat yang tidak aman bagi anak dapat berbahaya untuk bisnisnya. Tetapi sebagai orang tua Anda diharapkan tetap waspada dan teliti ketika membelikan furnitur anak. Atau Anda dapat membeli furnitur anak yang belum dicat dan mengecatnya sendiri.

Apabila Anda berniat untuk mengecatnya sendiri, Anda tetap harus memperhatikan segala aspek cat water based yang Anda akan gunakan.  Pastikan Anda memilih cat water based yang sudah terjamin mutu dan kualitasnya. Agar, mencegah anak dari bahaya dari furnitur yang tidak menggunakan cat aman untuk furnitur anak.

Artikel "Based Knowledge"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.