Inspirasi Warna Cat Pagar Besi untuk Segala Macam Gaya

Pagar besi di rumah sama seperti pada paga kebanyakan yang membutuhkan lapisan cat agar bisa bertahan lebih lama. Cat yang digunakan juga harus lebih tahan lama dan juga tidak mudah menimbulkan karat. Ada banyak juga pilihan warna dari cat yang bisa Anda pilih.

Jika Anda pemilik rumah sedang bingung memilih warna apa untuk pagar maka temukan solusinya di sini. Memilih cat untuk pagar tidak bisa sembarangan karena selain warna Anda juga harus mempertimbangkan masalah perlindungan yang diberikan.

Apa saja perlindungan yang dibutuhkan pagar besi? Bagaimana Anda bisa memilih warna pagar sesuai dengan gaya? Anda akan menemukan semua jawabannya di sini.

Cat Terbaik yang Digunakan untuk Pagar Besi

Besi adalah material yang sangat kuat jadi tidak heran jika sering digunakan untuk pembuatan pagar. Namun pagar juga bisa lebih tahan lama apabila cat yang digunakan berkualitas. Bagi Anda pemula cat juga bisa kok diaplikasikan sendiri.

Oleh karena itu ketika Anda memilih cat untuk diaplikasikan pada pagar besi, ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Cat memiliki kandungan zincromate yang mengatasi timbulnya karat.
  • Cat mampu membentuk lapisan coating yang tahan terhadap panas dan juga air.
  • Cat bisa diaplikasikan dengan mudah bahkan hanya kuas.
  • Cat memiliki banyak koleksi warna untuk bisa dipilih.
  • Cat memiliki daya rekat tinggi sekaligus daya sebar yang luas.

Ciri dari cat untuk besi berkualitas tersebut bisa Anda dapatkan melalui produk cat kayu besi Orchid. Cat ini merupakan cat enamel water based yang bisa diaplikasikan pada kayu dan besi. Hasil aplikasinya sangat menarik karena tahan kerat, panas dan juga air. Cat tidak akan mudah pudar setelah diaplikasikan.

Bagi pemula cat Orchid sangatlah tepat, karena cat ini mudah diaplikasikan. Bahan dasar air membutunya membutuhan air sebagai bahan pelarut. ketika diaplikasikan dengan kuas hasil dari cat aka lebih halus dibandingkan cat merk lainnya.

Pilihan Warna Menarik untuk Desain Pagar Besi dengan Cat Orchid

Jika dijumlahkah, cat Orchid memiliki jumlah pilihan warna sebanyak 24 macam. Anda bisa memilih manakah jenis warna yang sesuai dengan kebutuhan. Cat yang bisa Anda gunakan juga harus disesuaikan dengan gaya pagar. Dari 24 pilihan warna cat Orchid tersebut, terbagi menjadi dua warna menarik.

Pertama adalah warna solid, kedua adalah warna metalik. Anda bisa memilih warna mana saja yang sesuai dengan gaya. Bahkan Anda bisa menerapkan dua warna pada satu jenis pagar besi. Apa saja gaya menarik yang bisa memanfaatkan cat kayu besi Orchid?

Gaya Minimalis

Tidak sedikit pagar dengan gaya minimalis yang menggunakan cat Orchid. pagar besi dengan gaya ini biasanya memiliki desain ramping dan juga simpel. Warna cat yang dipilih adalah satu jenis dan fungsinya untuk memperlihatkan kesederhanaan.

Warna yang cocok untuk gaya ini adalah hitam atau putih. Anda bisa juga memberikan warna coklat. Ketiga pilihan warna tersebut terkesan netral dan cocok digunakan pada gata minimalis.

Gaya Kontemporer

Gaya ini cenderung pada desain modern sehingga bisa juga paga dikombinasikan dengan bahan kayu. Biasanya warna-warna yang digunakan untuk gaya ini cenderung warna solid yang gelap. Misalnya saja warna hitam dan juga coklat.

Beberapa hunian juga bisa menerapkan abu-abu hingga metalik dari cooper. Semua pilihan warna tersebut tersedia dalam cat kayu besi Orchid. Bila dikombinasikan dengan kayu biasanya di finishing dengan warna natural.

Gaya Klasik

Apakah Anda memiliki pagar berukuran besar dengan banyak ornamen? Artinya pagar tersebut memilih gaya klasik. Gaya ini memiliki pilihan warna yang sangat luas baik itu warna solid dan juga metalik. Untuk memperlihatkan kemewahan gaya klasik maka warna gelap dipilih.

Warna yang disediakan cat kayu besi Orchid untuk gaya ini antara lain adalah warna hitam, copper, gold, coklat, grey, and deep blue. Warna yang gelap akan memberikan kesan pagar yang kuat.

Gaya Pop Art

Gaya yang sedikit nyentrik memiliki pilihan warna yang lebih luas. Tidak seperti jenis pagar lain yang membutuhkan warna gelap, justri di sini Anda dituntut untuk memilih warna yang terang. Beberapa warna terang yang disediakan oleh Orchid seperti lemon yellow, traffic red, ocean blue.

Warna-warna terang dipilih untuk gaya ini menyesuaikan dengan gaya pop yang banyak digunakan. Bahkan pada gaya ini furniture di dalam ruang tidak terlepas dari pemilihan warna yang terang.

Gaya Industrial

Jika Anda sedang membangun rumah dengan gaya industrial maka pagar yang dibangun juga harus menyesuaikan. Gaya ini sangat mengandalkan bahan besi atau alumunium. Walaupun furniture dengan gaya ini juga mengandalkan besi namun finishingnya sangatlah berbeda.

Pagar dengan gaya industrial membutuhkan finishing warna gelap sekaligus terang. Anda bisa memberikan warna seperti tile red, light brown dan cooper dari cat kayu besi Orchid.

Gaya Futuristik

Bukan gaya modern, tetapi gaya futuristik yang biasanya memiliki desain unik. Besi dan juga aluminium selalu menjadi rujukan utama materialnya. Warna yang diberikan adalah perpaduan gelap dan terang.

Anda bisa menggunakan cat warna putih atau spring cream yang dipadukan dengan warna black. Bisa juga memilih light yellow atau milk cream dan digunakan bersamaan dengan warna liver brown.

Mengecat dengan Menggunakan Cat Kayu Besi Orchid

Jika Anda ingin mengecat pagar besi dengan cat Orchid sebaiknya perhatikan beberapa hal. Pertama persiapan, pelarutan bahan dan juga proses pengeringan. Jangan lupa pilih hari yang cerah untuk mengecat karena Anda akan mendapatkan hasil terbaik. Cuaca cerah akan mendukung karena Anda akan mengecat di luar ruangan.

Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah cat kayu besi Orchid sesuai warna yang dibutuhkan dan air. Siapkan gelas plastik untuk melarutkan bahan, kuas berbulu nilon, amplas alumunium oxide kasar dan nomor 400 terakhir kain lap.

Apabila semua bahan sudah disiapkan ikut beberapa langkah aplikasinya berikut ini:

  1. Amplas kasar permukaan pagar besi, kemudian lanjutkan dengan membersihkan debu amplas. Jika muncul karat amplaslah hingga benar-benar hilang.
  2. Campurkan cat kayu besi Orchid dengan air, gunakan perbandingan 3 bahan : 1 air. Aduk merata di dalam gelas plastik.
  3. Kuaskan cat tipis ke permukaan kayu hingga benar-benar merata. Usahakan untuk menghindari munuculnya brush mark.
  4. Diamkan cat lapisan pertama ini mengering kurang lebih selama 60 menit. Baru amplas dengan grit 400 secara ambang.
  5. Ulangi langkah mengecat yang sama, pengeringan dan juga pengamplasan hingga membentuk 3 atau 4 lapisan.

Semakin banyak lapisan cat yang digunakan, maka perlindungan yang diberikan semakin baik. Jika Anda ingin mendapatkan hasil terbaik, cobalah untuk menciptakan lapisan tipis setiap coating. Lapisan tipis juga akan mempercepat proses pengeringan coating.

Artikel "Finishing Idea"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.