Takut Sangkar Burung Berkarat? Cobalah Cat Kayu Besi Ini

Karat adalah musuh terbesar dari besi, sama seperti jamur yang dapat merusak kayu. Karat juga bisa timbul akibat lapisan coating pada besi mulai memudar dan kelembaban udara. Umur dari sebuah lapisan cat besi yang bagus setidaknya adalah lima tahun. Ketahanan ini juga tergantung bagaimana Anda melakukan perawatan selama ini.

Sangkar burung setidaknya dapat bertahan lebih dari tiga tahun. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi kerusakan. Misalnya saja burung yang suka mematuk kerangka besi. Anda tentu juga sering membersihkan kandang dengan air yang dicampur dengan bahan-bahan kimia.

Faktor tersebut akan mempercepat rusaknya lapisan coating sehingga karat lebih mudah muncul. Ketika karat dan kerusakan pada sangkar burung lainnya Anda harus segera melakukan tindakan. Pindahkan burung ke sangkar yang lain dan perbaiki sangkar yang lama.

Selama sangkar tidak patah atau mengalami rusak berat, lapisan coating bisa diperbaharui dan karat dapat dihilangkan. Proses pengecatan ulang ini juga tidak memakan waktu yang lama. Anda cukup meluangkan waktu di akhir pekan selama beberapa jam.

Ciri-Ciri Cat yang Dibutuhkan Sangkar Burung

Temukan produk terbaik untuk sangkar burung Anda adalah langkah pertama yang harus diambil. Mungkin dulunya Anda bukanlah orang yang melakukan finishing pertama pada sangkar namun kini Anda harus melakukan pengecatan ulang. Tidak ada yang lebih baik jika Anda bisa menemukan cat yang tepat.

Ada beberapa ciri khusus jenis cat yang harus dibeli. Ciri ini berhubungan dengan fungsi yang akan dijalankan sebagai pelapis dari sangkar besi. Berikut ini beberapa hal yang harus dimiliki cat untuk sangkar burung lebih berkualitas.

  1. Tahan karat
  2. Memiliki warna menarik
  3. Memiliki daya rekat yang kuat
  4. Mudah diaplikasikan khususnya pemula
  5. Aman dan Ramah Lingkungan khususnya terhadap burung

Dilihat dari lima ciri di atas, prioritas utama yang harus Anda perhatikan adalah nomor lima. Keamanan dari kandungan yang terdapat dalam cat harus diketahui. Apakah cat aman digunakan untuk sangkar burung? Apakah cat aman ketika tertelan karena sifat burung yang suka mematuk?

Cobalah untuk menanyakan hal tersebut kepada produsen cat besi yang hendak dibeli. Jika perlu Anda juga mengerti dari sisi manakah cat tersebut dianggap aman. Pastikan tidak ada efek kesehatan yang dapat mempengaruhi burung Anda.

Produk Terbaik untuk Finishing Sangkar dari Besi

Apabila Anda menanyakan apakah produk terbaik yang digunakan banyak orang untuk sangkar burung? Jawabannya adalah cat kayu besi Orchid. Cat ini adalah cat enamel dengan bahan air yang tentunya tidak berbahaya. Bahan dasar cat sendiri adalah logam berat dan jumlahnya bisa tinggi atau rendah.

Produk-cat-Orchid-kemasan-500gram

Tergantung dengan pabrik pembuatnya, apakah cat enamel yang dibuat hendak menggunakan logam berat tinggi. Fungsi dari logam berat ini adalah membuat cat mudah mengeras, memberikan warna tajam dan juga membuat mudah diaplikasikan. Biasanya jenis cat yang mengandung logam berat adalah cat berbasis solvent.

Cat kayu besi Orchid adalah jenis cat yang mengandung air, jadi bisa dipastikan tidak banyak kandungan solvent berbahaya yang akan mengganggu kesehatan burung. Ketika digunakan sebagai bahan cat untuk sangkar, lapisan coating yang dibentuk akan memberikan warna menarik dengan ketahanan terbaik.

Berikut ini apa saja keunggulan yang akan Anda dapatkan dalam cat kayu besi Orchid sebagai sangkar burung.

  1. Mudah diaplikasikan dengan pelarut air dan alat kuas nilon
  2. Kecepatan kering yang tinggi tanpa dijemur
  3. Warna yang tajam dengan 24 pilihan
  4. Memiliki bahan anti karat
  5. Low volatile organic compound (voc)
  6. Kekuatan rekatnya sangat tinggi sehingga bertahan lama
  7. Tidak membutuhkan cat dasar
  8. Tahan terhadap panas, hujan serta perubahannya
  9. Tidak mudah tergores bahkan akan patukan burung

Persiapan sebelum Finishing Sangkar Besi

Sudahkah Anda siap melakukan finishing dengan cat kayu besi Orchid? Jika iya sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa bahan dan alat. Jangan lupa siapkan juga sangkar burung sehingga layak finishing. Alat yang dibutuhkan adalah kain, amplas alumunium oxide nomor 180 dan 400, wadah untuk melarutkan cat.

Bahan yang dibutuhkan hanyalah air dan juga cat kayu besi Orchid sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Baik warna solid atau metalik bisa dipilih. Apabila alat dan bahan sudah disiapkan proses pertama adalah membersihkan lapisan coating lama dan karat dari sangkar burung.

Amplas permukaan sangkar besi dengan kertas amplas nomor 180. Jika masih terlalu keras gunakan amplas grit 100 atau 150. Pemilihan kertas amplas ini berdasarkan kerusakan pada permukaan kayu. Amplas hingga lapisan coating lama bersih dan karat menghilang.

Apabila proses pengamplasan selesai, bersihkan semua debu amplas hingga bersih. Jangan sampai masih terdapat debu atau kotoran yang menempel. Debu tersebut akan membuat hasil finishing menjadi buruk.

Proses Pengecatan Sangkar Burung dari Besi

Kini Anda bisa memulai untuk melakukan proses pengecatan. Sebelumnya pastikan Anda bekerja di ruangan yang bersih. Sebaiknya gantung sangkar burung agar semua bagian dapat terjangkau. Biasanya para profesional akan menggunakan alat semprot, namun jangan khawatir Anda hanya perlu menguaskan cat secara teliti agar rata.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti ketika menggunakan cat kayu besi Orchid.

  1. Campurkan cat kayu besi Orchid dengan air hingga merata. Pastikan cat bercampur dan tidak ada yang mengendap. Anda bisa menggunakan perbandingan 3 bahan : 1 air.
  2. Kuaskan cat ke seluruh permukaan sangkar kesatu arah saja. Untuk jeruji lakukan ke arah bawah. Pastikan sisi bagian dalam juga terlapisi sempurna.
  3. Diamkan sangkar dalam ruangan tidak perlu dijemur. Waktu kering biasanya 60 menit.
  4. Setelah kering amplas permukaan sangkar secara ambang. Gunakan amplas grit 400 dan jangan lupa bersihkan debu bekas amplas.
  5. Ulangi proses aplikasi tersebut hingga mendapatkan warna yang tajam dan semua bagian tertutup rapi. Pada lapisan terakhir diamkan sangkar burung selama 24 jam.

Anda bisa memberikan beberapa lapisan coating. Jadi sebaiknya setiap lapisannya diaplikasikan secara tipis. Jika terlalu tebal juga akan mempengaruhi proses kering dan menjadi lebih lama. Memberikan beberapa lapisan coating akan membuat perlindungan lebih baik dan warna lebih kuat.

Perawatan setelah Lapisan Coating Mengering

Ketika lapisan coating pada sangkar burung sudah mengering, cobalah untuk melakukan perawatan yang benar. Merawat sangkar burung akan memperpanjang umur dari lapisan coating yang telah Anda ciptakan.

Ikuti cara perawatan yang mudah berikut ini:

  1. Bersihkan kandang dari kotoran burung setiap hari agar lingkungan tetap bersih.
  2. Gunakan air dan deterjen ringan untuk membersihkan bagian bawah sangkar saja jangan seluruh bagian sangkar.
  3. Segera keringkan sangkar burung dengan kain untuk menghindari air yang merusak lapisan coating.
  4. Jemur kandang setiap pagi agar tetap kering dan burung bisa terus sehat.

Jika Anda menyayangi hewan maka dilakukan perawatan ini secara rutin. Jangan lupa gantung sangkar burung agar terhindar dari serangga dan kelembaban.

Artikel "Teknik Aplikasi"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.