Tips Mengecat dan Merawat Furniture Kayu Jati

Kayu jati sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Apabila Anda memiliki furniture kayu jati atau berencana untuk memesan furniture kayu jati maka perhatikan cara mengecat dan juga perawatannya yang tepat.

Apakah Anda sudah merencanakan jenis finishing apa dan warna apa yang akan diaplikasikan? Produk apa yang akan digunakan, bagaimana cara aplikasinya dan apa saja bahan yang dibutuhkan untuk perawatan?

Banyak orang yang menganggap bahwa tugas dari finishing furniture selesai dan tidak memerlukan perawatan selanjutnya. Anggapan ini muncul karena kayu jati terkenal dengan kekuatannya bahkan tingkat awetnya kelas I-II menurun kementrian perhutani. Walaupun kekuatan dan kelas awet kayu jati tingkat satu, namun untuk perawatan harus dilakukan.

Pengecatan adalah langkah pertama dari rangkaian perawatan kayu. Mengecat artinya memberikan lapisan coating atau mantel pada bagian luar furniture kayu. Sedangkan untuk furniture kayu sendiri perawatan selanjutnya setelah finishing diperlukan untuk menguatkan lapisan coating serta menjaga agar tampilan furniture kayu jati tetap bagus.

Siapa yang tidak suka dengan penampilan furniture yang selalu tampak baru? Pasti banyak orang ingin mendapatkan tampilan furniture yang selalu baru dan bagus. Pemilihan bahan finishing yang tahan lama akan mempengaruhi apakah furniture bisa bertahan lebih lama.

Sudah siap dengan tips mengecat kayu dan juga merawat furniture kayu jati dengan benar? Ikut tips-tipsnya dalam artikel ini.

Tips Mengecat Furniture Kayu Jati

Mengecat bagi pada pengrajin furniture adalah makanan sehari-hari, namun bagi para DIY mengecat adalah salah satu langkah untuk menyelesaikan hasil karya. Apakah cara mengecat yang benar dan tepat sudah didapatkan? Apakah hasil finishing sudah ditetapkan? Apabila belum maka Anda berada di tempat yang tepat.

Berikut ini tips untuk mengecat furniture kayu jati sesuai dengan karakter kayu untuk mendapatkan hasil yang halus dan rata.

  1. Memilih finishing transparan

Kayu jati yang sudah berumur puluhan tahun perlu ditampilkan. Tampilan serat dan warna kayu akan memukau, bahkan Anda juga akan mendapatkan tampilan warna keemasan. Ya, warna asli dari kayu jati akan memberikan tampilan keemasan. Tampilan ini dikarenakan jenis kayu jati yang asli dan sudah tua bahkan berumur hingga puluhan tahun.

Apabila Anda memberikan warna transparan seperti menggunakan sanding sealer dan juga top coat, akan mengangkat keindahan dari kayu. Furniture apapun yang menggunakan kayu jati akan memperlihatkan lingkaran tahun yang indah.

  1. Finishing dengan alat semprot
Tips Mengecat Dan Merawat Furniture Kayu Jati

Metode aplikasi cat yang sangat mudah untuk mendapatkan hasil yang halus dan rata adalah alat semprot. Menggunakan spray gun dan juga kompresor kini sudah bukan hal yang asing bagi para DIY di rumah. Banyak kompresor dengan harga murah dijual dan juga spray gun dengan varian ukuran. Anda bisa mencobanya untuk mendapatkan hasil finishing yang halus, bebas brush mark dan kuat.

  1. Pilih cat water based

Apakah Anda sudah memilih jenis cat yang digunakan. Ada dua jenis bahan cat menurut bahan pelarutnya yakni cat water based dan juga cat solvent. Cat water based adalah jenis cat yang paling mudah untuk digunakan. Cat ini paling mudah dan cepat untuk diaplikasikan karena kecepatan kering dengan hasil yang maksimal.

Didukung dengan bahan pelarut air yang akan menghasilkan tampilan transparan tahan lama, cat water based patut untuk digunakan. Selain masalah hasil, cat water based dipilih karena keamanan yang baik terhadap lingkungan.

  1. Menguasai cara mengamplas

Apakah Anda sudah menguasai cara mengamplas yang benar? Pengamplasan dilakukan pada saat sebelum finishing dan pada saat finishing berlangsung. Tujuan mengamplas digunakan untuk membuat goresan pada permukaan kayu agat lapisan cat dapat menempel pada permukaan. Selain itu juga untuk menghilangkan debu atau kotoran yang masuk ke dalam pori kayu.

Ada berbagai teknik mengamplas sesuai dengan permukaan kayu, baik permukaan yang datar, melengkung atau berukir. Pastikan semua bagian permukaan kayu tersebut bisa Anda amplas dengan benar. Jangan lupa untuk menghilangkan debu amplas setelah selesai.

  1. Menyiapkan tempat finishing

Ruangan adalah tempat yang tepat untuk melakukan finishing. Bagi Anda yang ingin melakukan finishing cermati tempat yang tepat dan sesuai. Apakah ruangan memiliki pintu cukup besar untuk keluar masuk furniture, apakah ruangan cukup bersih, apakah ruangan memiliki sirkulasi udara yang bagus. Jangan lupa untuk memastikan lampu tetap menyala apabila Anda bekerja pada malam hari.

Finishing menggunakan cat water based harus dilakukan dalam ruangan yang bersih sekaligus sirkulasi udara yang baik. Banyaknya debu dan kotoran akan mudah melekat pada furniture yang masih basah.

Tips ini bisa Anda lakukan dan persiapkan pada saat akan melakukan finishing furniture. Selain teknik mengamplas jangan lupa untuk menguasai teknik aplikasi spray gun. Jangan lupa karena proses finishing yang halus juga ditentukan dengan cara aplikasi cat, jumlah pelarut yang digunakan dan juga pengamplasan.

Tips Perawatan Furniture Kayu Jati

Memberikan lapisa finishing bukan tuga terakhir dalam proses perawatan. Tantangan selanjutnya dapat dirasakan dalam perawatan furniture. Apakah furniture kayu jati bisa dirawat dengan baik hingga bertahan lama atau tidak.

Tips Mengecat Dan Merawat Furniture Kayu Jati

Perawatan tidak hanya sekedar membersihkan debu saja namun juga menggunakan bahan poles kayu. Selain itu perawatan harus dilakukan secara rutin. Berikut ini langkah perawatan kayu jati:

  • Jika di dalam ruangan pastikan ruangan memiliki tingkat kelembaban yang normal dan tidak terlalu tinggi. Suhu normal dan tidak boleh lembab, apabila ruangan adalah dapur atau kamar mandi, tambahkan bahan serap lembab dan jangan lupa untuk menggantinya secara berkala.
  • Bersihkan dengan kain setiap hari atau dua hari sekali. Pastikan furniture kayu jati Anda bersihkan setiap hari. Apabila kayu sering digunakan seperti meja makan bersihkan setiap kali selesai digunakan. Jika perlu tambahkan taplak plastik agar kotoran tidak langsung tumpah di permukaan kayu.
  • Cobalah untuk meletakan furniture agar tidak langsung terkena panas matahari. Lindungi furnitur di bawah atap agar tidak terkena panas matahari langsung. Jika kayu jati setiap hari terkena sinar matahari maka warna kayu akan cepat memudar walaupun sudah diberikan lapisan cat pelindung yang sangat kuat.
  • Jangan ikuti penggunaan bahan dapur untuk membersihkan furniture seperti cuka apel. Tingkat keasaman yang tinggi dan dilakukan terus menerus akan cepat merusak lapisan cat. Sebaiknya gunakan bahan pembersih khusus furniture.
  • Gunakan bahan poles kayu setiap satu bulan sekali. Jika tidak boleh menggunakan bahan dapur untuk membersihkan furniture, gunakan bahan poles kayu yang aman. Pilih bahan poles yang terbuat dari beeswax. Bahan poles kayu akan menjaga furniture kayu tetap tampak baru dan memperkuat lapisan perlindungan dari coating.

Inilah cara perawatan furniture kayu jati yang harus Anda cermati. Jika hal ini dilakukan dengan rutin maka ketahanan furniture dari kayu jati dijamin tahan lama.

Artikel "Finishing Idea"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.