Bagaimana Memilih Jenis Cat Dinding Tahan Lama? Perhatikan 10 Hal Ini

Anda ingin mewarnai ruang kamar atau ruang tamu dengan dinding yang baru? Maka menentukan warna adalah hal yang utama dan sangat penting. Tapi tidak berhenti di situ saja, Anda perlu memilih jenis cat dinding yang tahan lama Anda tidak menyesal ketika salah memilih jenis bahan cat yang cepat rusak.

Ada banyak sekali jenis cat dinding yang justru akan membuat dinding Anda bertambah rusak. Cat yang mengapur salah satu kelemahan yang akan Anda dapatkan pada jenis cat dinding yang gampang luntur.

Dinding basak karena kebocoran seringkali juga akan merusak tampilan cat dinding. Maka memilih cat dinding yang tahan terhadap air akan menjadi solusinya. Salah satunya adalah jenis cat dinding yang mengandung minyak akan lebih tahan terhadap air.

Apabila Anda ingin memilih jenis cat dinding yang tahan lama maka perhatikan juga kualitasnya bukan hanya warna yang dimiliki sebuah produk cat. Dalam artikel ini ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan ketika memilih cat dinding termasuk memilih merk yang tepat.

Pertimbangkan Hal Ini Ketika Memilih Cat

  1. Pertimbangkan tampilan cat

Salah satu hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memutuskan jenis finsihing  seperti apa yang Anda inginkan dari dinding Anda. Hampir setiap merek cat datang dalam berbagai sentuhan tampilan akhir.

Cat flat adalah cat rendah kemilau tanpa reflektifitas. Matte berkilau rendah, dengan finsihing yang sedikit reflektif. Tampilan egg shell memiliki tampilan lembut, beludru, dan sedikit lebih reflektif. Satin adalah sentuhan glosif daripada kulit telur, dengan penampilan yang sedikit lebih berkilau. Semi-gloss memberikan kilau yang bersinar dan berkilau. High-gloss yang cemerlang dan berkilau, dengan pantulan paling banyak.

Bagaimana seharusnya Anda memilih di antara mereka? Ingatlah bahwa semakin gloss yang dihasilkan oleh cat, semakin mudah untuk dibersihkan dan semakin pantulan cahaya akan memamerkan ketidaksempurnaan dinding Anda.

Bagaimana Memilih Jenis Cat Dinding Tahan Lama

Sebagian besar ahli merekomendasikan menggunakan matte atau egg shell di kamar normal, dan memilih satin yang lebih mudah dibersihkan di area penggunaan tinggi seperti dapur atau kamar mandi. Satin juga merupakan pilihan yang baik untuk menyelesaikan di ruang bermain atau area yang cenderung kotor. Semi gloss dan high gloss selesai pada umumnya digunakan pada trim, meskipun Anda mungkin ingin mempertimbangkan menggunakan semi-gloss pada dinding untuk membawa lebih banyak cahaya ke dalam ruang, kecil gelap.

  1. Pertimbangkan skema warna keseluruhan

Jika Anda mengecat seluruh rumah Anda, Anda memiliki kesempatan untuk memulai dari awal dengan skema warna Anda. Tetapi jika Anda hanya melakukan satu kamar, berhati-hatilah membuatnya terlalu tidak pada tempatnya. Skema warna Anda harus mengalir dari kamar ke kamar – jika tidak, rumah Anda mungkin merasa terputus-putus, dan energinya akan kacau.

  1. Pertimbangkan efek cat

Warna cat yang berbeda akan memiliki efek yang berbeda, jadi penting untuk mengetahuinya sebelum memulai. Misalnya, cat berwarna terang di dinding dapat membuat ruangan kecil terlihat lebih besar, dan warna terang di langit-langit dapat membuat ruangan terasa luas. Sepanjang garis yang sama, memilih warna yang lebih gelap dapat membuat ruangan terasa nyaman dan intim.

Warna-warna cerah cenderung menarik lebih banyak perhatian, yang merupakan sesuatu yang dapat Anda gunakan untuk keuntungan Anda. Jika Anda memiliki ruangan yang panjang dan sempit, misalnya, Anda dapat melukis dinding yang lebih panjang dengan warna yang lebih cerah dan dinding yang lebih pendek dan warna yang lebih gelap untuk menarik perhatian dari mereka dan menciptakan ilusi bahwa ruangan lebih luas daripada itu.

  1. Pertimbangkan cahaya

Cahaya dapat memiliki efek dramatis pada warna. Banyak toko perangkat keras memiliki layar di mana Anda dapat melihat chip warna di bawah berbagai lampu alami dan buatan untuk mendapatkan ide yang lebih baik untuk bagaimana warna akan terlihat di rumah Anda sendiri. Namun cara terbaik untuk mengetahui bagaimana warna akan tampil adalah dengan membawa pulang rumah, menempelkannya ke dinding, dan hidup dengannya selama beberapa hari karena cahaya berubah.

Warnanya juga akan terlihat berbeda di bawah berbagai jenis bola lampu. Cahaya yang bercahaya cenderung membawa lebih banyak warna hijau atau biru, sedangkan cahaya pijar akan menghasilkan lebih banyak kehangatan. Karena itu, pintar untuk menyambung di pencahayaan ruangan sebelum memilih warna cat.

  1. Pertimbangkan fungsi ruangan

Warna memiliki pengaruh yang kuat pada emosi kita. Nada sejuk dan menenangkan cenderung menenangkan kita dan membuat kita santai, sedangkan nada hangat dan bersemangat cenderung memeriahkan kita. Itulah mengapa penting untuk memikirkan fungsi ruangan saat memilih skema warna. Warna yang cerah dan penuh warna yang Anda sukai mungkin sempurna di ruang tamu atau ruang makan tempat Anda akan menghibur, tetapi mungkin tidak di kamar tidur tempat Anda mencoba untuk tidur.

5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Memilih Warna Cat Dinding

Memilih cat dinding tidak luput dari kesalahan memilih. Nah sudah banyak pengalaman ibu rumah tangga yang salah dalam memilih jenis cat dinding. Untuk itu berikut ini ada lima hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kesalahan saat memilih cat dinding.

  • Memilih Warna Cat Anda Pertama

Dapatkan ruangan yang direncanakan dan kemudian pilih cat untuk mendukung semua hal lain yang terjadi di ruang Anda. Anda dapat mengambil warna warna dari kain, apakah itu bantal aksen atau kursi sesekali yang memiliki pola atau cetak untuk itu. Itu biasanya titik lompatan untuk memilih warna untuk spasi.

  • Memilih Warna Yang Terlalu Cerah Atau Jenuh
Bagaimana Memilih Jenis Cat Dinding Tahan Lama

Jika dinding akan diselimuti dengan warna cerah, Anda ingin membungkus sisa perabotan Anda dalam nada netral atau bahkan putih. Tentukan apa titik fokus Anda. Jika itu warna dinding, maka biarkan segalanya mendukungnya, jangan memilih warna yang sama dengannya.

  • Tidak Mempertimbangkan Rumah Sebagai Kesatuan

Gunakan hal-hal lain untuk menyatukan ruang-ruang. Anda tidak hanya memiliki dinding dalam ruangan. Anda juga akan menggunakan tirai, menggunakan home deco dan juga beberapa perabotan lainnya. Pertimbangkan warna kesatuan dari berbagai macam hal dalam ruangan terutama dalam kesatuan apakah Anda memilih kontras atau harmoni.

  • Kehilangan dari Tujuan Emosional Anda

Jika Anda menginginkan ruangan yang benar-benar tenang, Anda mungkin ingin melihat warna-warna dingin pada roda warna, seperti biru dan hijau; jika Anda mencari sesuatu yang energik dan menarik, warna yang lebih hangat seperti kuning dan jeruk.

  • Mengabaikan Tren

Ketika Anda melihatnya di mana-mana, telah melihat banyak warna cerah beberapa tahun terakhir, saatnya untuk memikirkan sesuatu yang berbeda yang mungkin sedikit lebih segar atau lebih lembut atau moodier. Lihatlah warna seperti lavender dan hitam, logam dan kuningan. Hal-hal yang berfungsi dengan baik dan mendukung tampilan yang kaya, canggih, bahkan sedikit lebih maskulin.

Kelima hal tersebut dapat membantu Anda untuk mendapatkan warna cat yang tepat sesuai dengan apa yang dibutuhkan dalam sebuah ruangan. Tentukan apakah Anda akan menciptakan sebuah tema klasik atau modern kemudian memadukannya dengan gaya yang ada.

Pemilihan tentu bisa dilakukan sesuai dengan selera. Bahkan jika Anda kesulitan Anda bisa mempelajarinya melalui rumah teman atau melalui majalah. Berbagai media bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan warna yang tepat.

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH