5 Tips Memilih Cat Dapur yang Aman dengan Warna serta Tampilan Tepat

Sebelum Anda memilih warna cat dapur Anda, Anda perlu memilih jenis cat yang tepat. Jika Anda tidak memilih jenis cat yang tepat, warna-warna itu tidak akan terlihat seperti yang Anda harapkan, dan kinerja (daya tahan dan daya tahannya) mungkin kurang dari bintang.

Cat berbasis minyak dan berbasis air (atau lateks) adalah dua jenis cat utama untuk digunakan di rumah. Perbedaan utama antara keduanya adalah pembersihan peralatan dan peralatan cat. Cat berbasis minyak dibersihkan dengan solvent, seperti thiner atau pengencer cat. Cat berbasis air atau lateks dibersihkan dengan sabun dan air hangat. Selain itu, cat lateks umumnya memiliki lebih sedikit bau daripada cat berbasis minyak ketika digunakan dan saat kering.

Cat berbasis minyak pada satu waktu dianggap sebagai pilihan terbaik karena daya tahannya. Namun, mengandung senyawa organik mudah menguap (VOC) yang dilepas ke udara saat cat mengering. Karena VOC ini (polusi udara), cat berbasis minyak tidak lagi tersedia di banyak bagian negara. Namun jangan khawatir, karena tidak memiliki cat yang tahan lama. Cat lateks generasi saat ini tahan lama seperti generasi sebelumnya cat berbasis minyak dan tanpa VOC serta pembersihan pelarut yang berantakan.

Anda juga memiliki pilihan di bagian tampilan atau finishing. Sebagian besar produsen cat saat ini menawarkan lima sentuhan berbeda: high-gloss, semi-gloss, satin, egg shell, dan Flat. Semua hasil akhir biasanya tersedia dalam minyak atau cat berbasis air. Jangan kaget jika Anda perlu membeli cat dalam lebih dari satu bahan. Area dan elemen dapur yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda dan mungkin memerlukan sentuhan akhir yang berbeda.

  • Cat high-gloss adalah yang paling tahan lama dan paling mudah dibersihkan setelah kering, karena permukaannya yang keras sangat tahan noda. Pada sisi negatifnya, kilapnya yang tinggi menunjukkan kekurangan pada permukaan dinding, ditambah kilau memudar dari waktu ke waktu. High-gloss paling sering digunakan pada kayu dan trim, daerah backsplash (permukaan vertikal di bagian belakang meja di sekitar wastafel), dan lemari.
  • Tips Memilih Cat Dapur Yang Aman
  • Cat semi-gloss tidak cukup tahan lama dengan high-gloss tetapi masih merupakan pilihan yang sangat populer di dapur. Semi-gloss cukup tahan lama dan mudah dibersihkan. Itu menunjukkan cacat permukaan tetapi tidak kehilangan gloss dari waktu ke waktu. Ini juga merupakan pilihan yang baik untuk pintu, kayu, trim, dan lemari.
  • Finishing tampilan satin telah menjadi sangat populer dalam belasan tahun terakhir ini. Seperti namanya, ia memiliki penampilan yang lebih lembut dan tidak mengkilap seperti salah satu dari selesai sebelumnya disebutkan. Meski begitu, itu masih relatif tahan lama dan mudah dibersihkan. Salah satu kelemahannya adalah pelapisnya yang lebih halus kurang tahan terhadap kelembapan, jadi ini bukan pilihan terbaik untuk area ber-kelembaban tinggi, seperti backsplash. Satin masih merupakan pilihan yang baik untuk sebagian besar dinding dapur dan kayu.
  • Egg shell sangat mirip dalam tampilan cangkang telur dan daya tahan untuk satin. Pro dan kontranya sama dengan satin, dan banyak orang tidak dapat membedakan keduanya bahkan ketika sampel ditempatkan berdampingan.
  • Flat paint adalah pilihan yang baik jika permukaan dinding memiliki banyak kekurangan yang tidak bisa Anda singkirkan. Namun, Anda tidak dapat mencuci cat datar dengan mudah tanpa merusak permukaan cat. Jika dinding dapur Anda banyak disalahgunakan misalnya, jika Anda memiliki anak-anak kecil yang suka menempelkan tangan di sepanjang dinding saat berjalan hasil finishing yang flat seharusnya bukan pilihan pertama Anda. Pilih jenis finishing lain seperti semi gloss atau egg shell.

Memilih Warna Cat untuk Dapur

Untuk menemukan warna pada ruang dinding di dapur terkadang sulit didapat, jadi pertanyaan tentang warna apa yang harus dicat adalah yang penting. Apakah Anda membuat pernyataan dan memilih sesuatu yang berani? Atau apakah Anda membiarkan bagian lain dari dapur Anda yang berbicara dan memilih warna netral? Berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda memilih warna cat dapur.

  1. Pikirkan tentang apa yang Anda coba capai

Warna dikenal untuk membangkitkan perasaan yang berbeda. Jika Anda ingin merasa bersemangat dan bahagia ketika masuk ke dapur, Anda mungkin ingin mempertimbangkan warna kuning. Jika Anda menginginkan warna yang terasa alami dan segar, hijau adalah pilihan yang baik. Di sisi lain, jika Anda ingin melukis warna lemari Anda menyenangkan, Anda akan ingin memilih yang netral seperti krim atau abu-abu untuk cat dinding Anda untuk melengkapi kesenangan.

  1. Bawa lemari Anda ke dalam pertimbangan
Tips Memilih Cat Dapur Yang Aman

Berbicara tentang kesenangan, lemari, meja, backsplash, dan elemen lain seperti kain dan peralatan adalah peluang untuk menghasilkan warna. Anda akan ingin mempertimbangkan hal ini ketika memilih warna. Tren populer saat ini adalah warna kabinet tebal. Anda bisa menggunakan lemari biru navy, dan itu adalah sesuatu yang pasti ingin Anda sesuaikan dengan putih bersih atau netral lainnya.

  1. Jadikan itu kohesif dengan warna bagian rumah lainnya

Ketika memilih warna cat untuk pergi di dapur Anda, Anda akan ingin berpikir tentang palet warna rumah Anda, terutama jika dapur Anda memiliki denah terbuka. Cobalah untuk memilih warna yang saling melengkapi satu sama lain dan memiliki nada yang sama. Anda ingin membuat aliran dari kamar ke kamar.

  1. Uji sampel cat

Percayalah, menghabiskan beberapa ratus ribu rupiah ekstra untuk membeli sampel cat akan menghemat banyak sakit kepala dalam jangka panjang. Warna mewakilkan seluruh kepribadian lainnya saat berada di seluruh dinding kemudian ketika itu terbatas pada chip cat kecil. Anda perlu melihat warna di ruangan di mana sebenarnya akan melihat bagaimana reaksinya terhadap cahaya yang berbeda dan bagaimana tampilannya dengan lantai, kain, dan lemari Anda.

  1. Pertimbangkan nada Anda
Tips Memilih Cat Dapur Yang Aman

Telah disebutkan ini secara singkat di tip # 3, tetapi ini penting, jadi itu layak untuk tipnya sendiri. Tidak ada yang bisa merusak desain yang bagus seperti kontras. Warna yang Anda pikir cocok bersama bisa menjadi sedikit kurang menarik karena undertone mereka. Bagaimana Anda menentukan nada?

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mendapatkan contoh warna cat dalam keluarga warna yang sama dan membandingkannya. Ketika membandingkan warna, nada yang dulunya tidak dapat ditentukan akan menjadi lebih jelas biru mungkin memiliki nada merah sementara yang lain berwarna hijau. Selain itu, Anda tidak bisa mengatakannya, tetapi setelah Anda membawa blues lainnya, Anda akan dapat melihat spektrum nada.

Pada akhirnya, memilih warna dinding dapur adalah tentang apa yang ingin Anda capai, apakah Anda ingin tampilan yang jernih dan bersih? Sesuatu yang lebih tradisional? Mengetahui tujuan akhir dari dapur Anda benar-benar dapat membantu Anda ketika datang untuk memilih warna cat.

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH