Mengenal Pagar dan Kegunaan Cat Kayu Besi Eksterior Orchid Terbaik

Pagar merupakan salah satu komponen rumah yang sering digunakan agar rumah lebih aman. Agar tampilan pagar bertahan lama maka ada baiknya dilapisi dengan cat kayu besi Eksterior.

Pagar, siapa yang tidak mengenal komponen di bangunan yang satu ini? Bahkan hampir setiap rumah menerapkan pagar pada bangunan agar lebih aman dan terjaga. Bahkan pagar juga bisa difungsikan sebagai komponen yang mempercantik bangunan. Selain beragam material yang digunakan, pastinya tidak akan indah jika tanpa bantuan cat.

Cat kayu besi eksterior merupakan salah satu jenis cat kayu besi yang sangat cocok digunakan untuk melapisi pagar. Namun, tahukah kamu bahwa material pagar tidak hanya besi atau kayu saja. Berikut beberapa macam pagar yang perlu kamu kenal.

Mengenal Pagar dan Karakter Materialnya

Pagar merupakan salah satu komponen bangunan yang krusial karena fungsinya yang digunakan agar banguan lebih aman dan terjaga. Bentuk dari pagar pun beragam, mungkin akan lebih mudah mengenali pagar dari besi yang bisa dibentuk dengan beragam tampilan sehingga terkesan kuat dan lebih menarik perhatian. Selain  besi pastinya pagar juga menggunakan material lain yang memiliki ketahanan yang cukup kuat seperti halnya besi.

Material pada pagar pastinya memiliki sifat dan karakter yang berbeda sehingga akan lebih baik jika lebih mengenal material pagar sebelum diimplementasikan pada halaman rumah Anda. Dengan mengetahui beragam material tersebut, maka Anda bisa melihat beberapa kekurang dan kelebihan serta bisa menghindari kesalahan penggunaan material pagar. Namun kembali lagi bahwa penggunaan material pagar juga dipengaruhi oleh selera dan kesesuaian desain arsitektur atau gaya rumah Anda.

  1. Pagar dari Beton

Nah, material ini mungkin salah satu material pagar yang banyak digunakan di Indonesia saat ini. Biasanya pagar dari semen juga dipadu-padankan dengan besi namun penggunaan kombinasi material pagar tersebut biasanya digunakan pada hunia rumah yang memiliki bangunan yang luas dan besar. Sifat dari pagar beton ini terbilang solid dan kuat. Sayangnya, bentuk pagar tersebut cenderung flat, massif dan kaku sehingga akan memberikan kesan bosan. Untuk mengasinya biasanya diberikan lapisan cat yang pastinya sudah dilengkapi dengan anti jamur, lumut dan waterproof.

Pengerjaan pagar ini juga relatif lama dan juga memakan biaya yang cukup mahal, maka dari itu penggunaan pagar ini biasanya digunakan untuk hunian modern dan minimalis.

  1. Pagar Bambu atau Kayu

Sedangkan untuk pagar bambu atau kayu pada umumnya juga banyak digunakan di Indonesia. Biasanya material pagar ini digunakan untuk menghasilkan tampilan yang lebih natural dan alami karena serat yang dimunculkan pada kedua material tersebut. Jika digunakan untuk kayu maka gunakan karakter pada dan solid. Disarankan untuk tidak menggunakan kayu pabrik seperti particle board yang memiliki karakter mudah rapuh. Sedangkan jika memilih bambu maka gunakan bambu kuning yang dikenal dengan kualitas yang lebih baik daripada bambu pada umumnya.

Penggunaan material tersebut pastinya lebih menarik jika dilapisi cat kayu besi eksterior yang merupakan cat pagar bambu dengan tampilan natural kayu karena bisa mempertajam kesan naturalnya . Terlebih penggunaan material tersebut tergolong tidak mahal. Biasanya material pagar semcam ini banyak digunakan untuk hunian rumah gaya tradisional dan modern.

  1. Pagar Dari Material Bata Plester

Dilihat dari tampilannya, pagar dengan material ini juga tidak jauh berbeda dengan beton. Dan tampilan dari material bata plester lebih menarik karena bisa dibentuk sehingga tidak hanya flat namun bisa diberi ornamen profil dan hiasan motif lainnya. Untuk masalah pengerjaan sangat mirip dengan pengerjaan tembok pada rumah dan yang pastinya harus dilapisi dengan anti jamur dan anti lumut agar tidak merusak bagian eksterior dari pagar tersebut. Pagar dengan material ini biasanya digunakan untuk rumah bergaya klasik, modern dan minimalis.

  1. Pagar Tanaman

Seperti namanya, pastinya pagar tersebut mengandalkan tanaman untuk memberikan kesan menarik dan bisa digunakan untuk menjaga rumah agar lebih privacy.  Fungsi utama dari tanaman untuk pagar biasanya adalah sebagai elemet yang bisa membuat nuasa rumah tersebut terasa lebih sejuk dan nyaman selain itu juga digunakan untuk menyaring udara. Dengan menggunakan tanaman, suara dari luar pun bisa direda dengan tanaman tersebut sehingga tidak akan memberika kegaduhan dalam ruangan. Untuk pagar tanaman, Anda bisa menggunakan tanaman yang memiliki karakter yang kuat sedangkan digunakan untuk sistem pengamanan maka gunakan tanaman yang tidak mudah diterobos orang dan bisa ditata sejajar sehingga tetap rapi. Tanaman ini sangat cocok digunakan untuk hunian yang berada di kota yang padat ataupun tempat yang teduh seperti di dekat sawah, tempat yang dipenuhi rerumputan hijau dan lain-lain.

  1. Pagar Besi

Sepertinya pagar besi adalah material yang banyak digunakan pada saat ini. Ya, material besi merupakan salah satu material yang memiliki karakater yang kokoh dan kuat. Bahkan bisa dibentuk baik flat ataupun lebih inovatif dan penuh warna, hal ini disesuaikan dengan selera penghuni tersebut. Bahkan bisa dikatakan, material besi untuk pagar merupakan material yang paling baik untuk sistem pengamanan rumah. Dan juga, material tersebut lebih awet dan tidak mudah kusam. Tapi sayangnya, untuk menggunakan pagar besi maka Anda membutuhkan biaya yang tidak sedikit selain itu proses pembuatannya juga cukup lama dan disesuaikan dengan pola yang diinginkan penghuni rumah tersebut. Untuk material pagar dari besi biasanya banyak digunakan pada hunian bergaya klasik, modern dan minimalis.

Yang pastinya pagar merupakan salah satu komponen bangunan yang memiliki peran yang cukup berarti bagi penghuni. Dengan beragam material tersebut, Anda bisa menyesuaikan material yang mana yang akan bisa Anda implementasikan pada bangunan rumah Anda. Pastikan Anda menggunakan material yang sesuai dengan gaya ataupun arsitektur rumah Anda agar estetika bangunan tersebut tetap terjaga dengan baik.

Cat Kayu Besi Eksterior Yang Baik Untuk Pagar

Cat kayu besi Eksterior merupakan salah satu cat yang bagus digunakan untuk kayu karena diformulasikan sebagai cat yang tahan cuaca, tahan air dan tidak mudah membuat korosi pada besi. Sudah dipastikan cat tersebut hanya cocok digunakan untuk lapisan pada material pagar seperti kayu, bambu dan besi yang notabene memiliki sensitifitas tinggi terhadap cuaca.

Karena banyaknya cat kayu besi di pasaran, sebaiknya gunakan cat water based yang tidak hanya berkualitas baik untuk pagar namun juga sangat aman digunakan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan rendah VOC. Maka dari itu, penggunakan cat water based saat ini sedang digalakkan karena pentingnya dampak cat pada kesehatan dan lingkungan. Bahkan cat water based sudah lama digunakan di luar negeri karena sudah dipercaya aman sehingga tidak berdampak buruk bagi lingkungan maupun kesehatan.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH