Mengenal Desain Kontemporer dari Pengertian hingga Elemennya

Mari bicara tentang desain kontemporer sebentar. Desain kontemporer sering disalahartikan dengan, atau digambarkan secara bergantian sebagai, desain modern. Meskipun mungkin beberapa elemen desain modern membawa ke dalam desain kontemporer, kedua gaya tentu memiliki perbedaan. Dalam artikel ini, kita akan melihat definisi desain kontemporer, bagaimana itu berbeda dari desain modern, bagaimana desain kontemporer berhubungan dengan beberapa gaya lain, dan bagaimana desain kontemporer pada furnitur.

Kamus mendefinisikan kontemporer sebagai (1) hidup atau terjadi pada saat yang sama, atau (2) milik atau terjadi di masa sekarang. Sederhananya, kontemporer pada intinya mengacu pada hal-hal “saat ini.”

Bagaimana Desain Kontemporer Berbeda dari Desain Modern?

Sangat menarik untuk dicatat bahwa banyak orang menggunakan kata “modern” dan “kontemporer” secara bergantian saat mengacu pada desain; Namun, ini tidak cukup akurat. Desain modern umumnya mengacu pada desain pertengahan 1900-an. Karakteristik seperti bahan alami, neutron yang luas dengan warna yang muncul, dan bersih, garis rendah adalah bagian dari dekorasi modern.

Kontemporer, mengacu pada dekorasi yang jauh lebih lancar. Bahkan desain yang kontemporer pada tahun 2000-an mungkin tidak lagi dianggap kontemporer tetapi agak kuno. Dalam lima atau sepuluh tahun dari sekarang, desain kontemporer kemungkinan akan memiliki tampilan dan nuansa yang berbeda dari desain kontemporer saat ini. Di mana desain modern memiliki tampilan dan nuansa tertentu, desain kontemporer selalu berubah, sebagian karena tersedianya materi dan furnitur (baru). Bagaimana desain kontemporer berkaitan dengan gaya lain?

Karena desain kontemporer selalu berevolusi, ia mudah berhubungan dengan gaya lain, tidak peduli apa pun itu. Ruang hampir semua gaya yang diberikan dapat memiliki elemen kontemporer karena sifat ketunggalan yaitu, sebagai perubahan desain ruang untuk mengakomodasi perubahan preferensi, selera, dan kebutuhan orang-orang yang tinggal di sana, evolusi yang secara inheren menciptakan kontemporer ruang.

  • Kontemporer + Modern – Ruang kontemporer masih bisa (dan sering kali) menggabungkan unsur dan furnitur modern. Namun, untuk membuat ruang ini benar-benar kontemporer, bagian modern (misalnya sofa rendah, karpet bercabang) dicampur dengan elemen non-modern lainnya (misalnya, lantai beton, mural dinding jenis grafiti).
  • Kontemporer + Tradisional – Perabotan tradisional mengambil tampilan dan nuansa kontemporer ketika dikombinasikan dengan unsur-unsur yang lebih ringan. Misalnya, kayu pirang, karpet ombre, dan warna abu-abu terang membawa nuansa kontemporer yang jelas ke tempat duduk sofa yang terinspirasi gaya tradisional ini dengan lekukan dan rumbai.
  • Kontemporer + Eklektik – Gaya eklektik tampaknya inheren untuk menggabungkan dosis desain kontemporer, hanya karena sikap campuran dan tidak cocok mereka dianut dalam dunia dekorasi kontemporer. Gabungkan sofa antik abad pertengahan dengan coffee table dan karpet Maroko untuk contoh konsep ini. Dan potongan-potongan tunggal dapat menjadi eklektik dan kontemporer secara bersamaan, seperti rocker retro segar.
  • Contemporary + Rustic – Desain berat kayu dapat dibawa ke dunia desain kontemporer dengan beberapa inklusi strategis, seperti banyak garis lurus bersih (yang menyandingkan, memamerkan, serat kayu dengan indah) dan lapisan yang nyaman dalam warna netral.

Apakah Elemen Desain Kontemporer

Mengenal Desain Kontemporer

Tentu saja, sifat dinamis desain kontemporer membuat bagian ini terkunci dari waktu ke swaktu. Namun, berikut ini yang akan menunjukkan elemen desain apa saja yang memiliki sentuhan kontemporer.

  • Palet warna yang netral dan maskulin – Elemen feminin tidak cenderung mengakar dalam desain kontemporer; sebaliknya, efek keseluruhan lebih diredam, matang, dan maskulin. Ini terutama berlaku untuk palet warna.
  • Garis yang ramping dan bersih – Desain kontemporer dibumi tidak ada apa pun di sini terasa berlebihan. Item dekoratif yang lebih tinggi dihilangkan demi kesederhanaan dan kebersihan dalam bentuk kontemporer. Ini termasuk sofa sederhana yang rendah.
  • Seni warna-warni dan / atau kebesaran – Seni yang lebih lembut dapat dicampur ke dalam dinding galeri seni kontemporer, tetapi apa yang menciptakan nuansa kontemporer adalah masuknya furnitur-furnitur besar, sering berwarna-warni, atau latar belakang wallpaper geometris yang menjadi seni besar.

Furnitur dengan Gaya Kontemporer

Furnitur kontemporer adalah segala jenis furnitur yang menampilkan desain yang sederhana dan menggunakan material modern. Fungsi dianggap penting dan membuat item yang menarik secara visual bersifat sekunder. Tujuan lain dari furnitur kontemporer adalah berusaha untuk dapat dicapai dan terjangkau.

Furnitur kontemporer mulai muncul selama tahun 1950-an. Saat ini Museum Seni Modern New York membuat keputusan untuk mengatasi tren tersebut. Museum menerbitkan buklet yang disebut “What Is Modern Design?” Edgar Kaufmann Jr. adalah penulisnya. Serangkaian ajaran ditetapkan yang menentukan apa yang dianggap furnitur kontemporer. Furnitur mematuhi aturan dapat dianggap furnitur kontemporer. Ajaran Kaufmann dapat dibagi menjadi tiga kategori utama yaitu:

  • Desain

Tema desain keseluruhan diperhitungkan oleh desain kontemporer. Ini mungkin sesuatu yang akan diselesaikan oleh pemilik furnitur masa depan. Menurut Kaufmann, bentuk, tekstur, dan warna barang harus langsung keluar dari bahan apa pun yang digunakan. Juga, desain harus menggabungkan keindahan bahan dengan kegunaan suatu objek untuk menyajikan item yang memuaskan secara visual. Ini harus menjadi desain sederhana tanpa bahan berlebihan dan struktur yang jelas.

  • Material
Mengenal Desain Kontemporer

Salah satu ajaran Kaufmann yang menentukan bahwa furnitur harus menggunakan bahan-bahan canggih dan memanfaatkan teknik-teknik baru untuk membuat furnitur. Ajaran itu membantu menciptakan tren menggunakan kain tanpa pola dan bahan yang memungkinkan permukaan fungsional datar. Berbagai logam berwarna, logam standar dan tabung logam bersama dengan kombinasi dari semuanya digunakan sering untuk menciptakan struktur potongan furnitur kontemporer. Bahan-bahan semacam ini memungkinkan terciptanya tekstur halus, garis yang diucapkan dan garis yang tajam.

  • Filsafat

Semangat dan filosofi spesifik digunakan oleh para desainer ketika mereka menciptakan furnitur kontemporer. Menurut Kaufmann, furnitur harus mengekspresikan semangat zaman modern kita dan menjawab kebutuhan praktis kehidupan modern. Dia juga menyatakan bahwa furnitur harus membantu memajukan seni rupa. Desain harus mengekspresikan tujuan objek, keindahan dan metode material yang digunakan dalam pembuatan furnitur. Jangan pernah mencoba tampil menjadi apa pun yang tidak, seperti bagian furnitur yang diproduksi massal tidak harus mencoba kerajinan tangan. Mungkin filosof Kauffmann yang paling penting adalah bahwa sebanyak mungkin orang harus dilayani oleh item tersebut, dan bahwa biaya harus dibatasi sehingga dapat dicapai dan terjangkau untuk pasar yang luas.

Ajaran ini juga dibentuk dengan bantuan dari desain kontemporer Eropa sebelum tren pindah ke Amerika Serikat. Mulai ada pergeseran fungsi dan akses luas furnitur di Eropa, bukannya desain yang terlalu rumit. Banyak desainer di seluruh dunia membuat catatan ini dan membantu mengabadikan gaya.

Contoh Furniture Kontemporer Terkenal

Selalu ada furnitur menonjol dalam seni yang membantu mengabadikan dan mendefinisikan gaya yang muncul. Di dunia desain furnitur, ini juga terjadi.

  • Wassily Chair- Ikon furnitur kontemporer ini dibuat pada tahun 1926 oleh Marcel Breuer di sebuah toko pembuatan lemari di Jerman. Menggunakan tali kulit dan baja tubular untuk mewujudkan desain minimalis dan menciptakan desain fungsional yang terdiri dari bentuk geometris tipis.
  • Eileen Gray Side Table – Meja samping tempat tidur yang sederhana ini dibuat pada tahun 1927 oleh Jean Badovici, seorang arsitek Perancis. Dapat mewujudkan kualitasnya yang terkenal menolak untuk menyesuaikan diri dengan apa pun standar populer pada saat itu. Sebuah utilitas unik ditampilkan, yang memungkinkan penyesuaian khusus untuk sarapan di tempat tidur. Karya ini menampilkan desain kerucut dan terbuat dari kaca dan logam untuk membuat perabot yang sangat fungsional dan menyenangkan secara visual.
  • Barcelona Chair – Pada tahun 1929 Lily Reich dan Mies Van Der Rohe menciptakan kursi Barcelona yang terkenal di dunia. Itu dibuat sebagai entri ke dalam pameran desain internasional yang diadakan di Barcelona. Kursi dilengkapi dengan baja tubular melengkung dan pola kulit sederhana untuk menciptakan kursi yang sangat estetis. Bangku yang menyertai kursi menggunakan angka Romawi X (10) untuk menciptakan strukturnya.

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH