Mix and Match Warna Cat Jendela untuk Ruangan Bergaya Vintage

Desain ruangan vintage akhir-akhir ini menjadi tren di masyarakat. Warna cat jendela yang tepat pun sering jadi pertimbangan utama selain dekorasi. Ruangan yang paling sering menerapkan desain ini antara lain dapur, ruang tidur dan ruang keluarga. 

Jendela yang menjadi elemen penting dalam sebuah ruangan pun tak luput dari perhatian untuk pemilihan warnanya. Soal finishing jendela bergaya vintage disarankan agar Anda melakukannya sendiri karena jika menggunakan jasa tukang hasilnya belum tentu sesuai keinginan. 

Anda hanya perlu memilih warna cat jendela yang bagus sesuai desain vintage dan menerapkan teknik distressing agar tampilan jendela jadi tampak antik dan kesan worn out lebih terasa. Cara Anda memadukan warna menjadi elemen penting lainnya. 

Trik Memadukan Warna Cat Jendela untuk Desain Vintage

Bukan hanya satu warna saja yang bisa Anda terapkan pada jendela ruangan bergaya vintage. Anda mungkin akan membutuhkan dua hingga tiga warna yang dipadukan saat finishing. Produk yang digunakan sebaiknya chalk paint alih-alih cat duco

Kombinasi warna cat kusen pintu dan jendela bisa dipilih yang sama atau pilih warna kontras. Dengan begitu ruangan akan terlihat lebih unik dan berwarna. Penasaran bagaimana memadukan warna cat jendela yang tepat? Anda bisa mengikuti tips berikut ini. 

Tips 1. Warna putih susu selalu jadi favorit

Apabila Anda masih belum yakin akan pemilihan dua warna, cobalah menggunakan satu warna yaitu putih susu. Putih selalu menjadi pilihan warna utama. Pertama Anda lebih mudah mendapatkannya karena ketersediaan warna cat yang selalu ada

Kedua, jika Anda tidak bisa menemukan produk chalk paint sebagai alternatifnya bisa memanfaatkan cat primer kayu. Supaya kesan vintage semakin kuat, Anda bisa membuat warna asli kayu pada bagian ukirannya lebih menonjol. 

Tips 2. Warna hijau telur asin untuk kesan lembut

Vintage adalah desain yang ingin menampilkan kesan lawa di pedesaan. Kesan lembut dibutuhkan untuk memperkuat tampilan. Anda bisa menggunakan cat kusen pintu  dan cat kusen kayu dengan warna hijau telur asin. 

Lagi-lagi warna ini bisa Anda aplikasikan sendiri tanpa campuran warna lain. Selain pada jendela, warna ini juga cocok digunakan pada frame kaca atau foto yang memiliki ukuran besar atau sedang sebagai elemen dekorasi dan memperlihatkan sedikit warna tembaga dari frame. 

Tips 3. Warna kontras kuning dan hitam

Bukan hanya furnitur saja yang mendapatkan warna kontras, Anda juga bisa memilih cat jendela dengan warna kuning dan hitam. Perpaduan kontrasnya akan lebih baik jika warna kuning lebih dominan. Semburat hitam pada jendela akan terlihat seperti warna dasarnya. 

Kuning dipilih untuk membuat ruangan tampak cerah selain penggunaan warna putih. Untuk warna cat pintu Anda bisa memberikan warna yang sama dengan daun jendela. Supaya tidak terlalu ramai, warna cat dinding harus memberikan kesan harmoni seperti warna putih. 

Tips 4.  Warna merah cabe dengan dasar putih

Dulu ketika cat warna solid muncul, warna merah cabe dan hitam yang paling terkenal. Hampir semua pintu dan kusen menggunakan warna tersebut. Tapi coba bayangkan apa yang terjadi dengan warna-warna tersebut sekarang? Pintu dan jendela pasti akan tampak usang karena kombinasi ini. 

Inilah yang bisa Anda manfaatkan dengan menggunakan warna cat jendela merah cabe. Untuk dasarnya Anda bisa memilih warna putih. Menciptakan kesan kontras dan jendela tampak usang, cukup perlihatkan sedikit warna putih dengan teknik distressing

Tips 5. Coklat espresso dengan abu-abu muda

Sedikit lebih gelap dari warna merah maroon, coklat espresso bisa dikombinasikan dengan warna abu-abu muda untuk daun jendela. Sedangkan untuk cat pintu kayu, Anda bisa menerapkan coklat espresso saja secara keseluruhan untuk menonjolkan tampilan pintu utama yang terawat. 

Pada daun jendela warna espresso lebih mendominasi dibandingkan abu-abu muda sehingga jendela akan memberikan kesan gelap dalam ruangan. Jika Anda tidak terlalu suka dengan ruangan terang pada kamar tidur atau ruang keluarga, perpaduan warna cat jendela ini bisa jadi alternatifnya. 

Tips 6. Warna biru atau hijau pastel

Merasa kesulitan dengan teknik distressing karena belum berpengalaman? Anda bisa memanfaatkan satu warna penuh yang memperlihatkan jendela tampak baru. Desain vintage memang tak selamanya harus memperlihatkan kesan usang. 

Pada daun jendela Anda bisa memberikan warna pastel seperti biru atau hijau. Kedua warna ini akan memberikan kesan lembut dan terang. Sebagai gantinya, untuk menekankan gaya vintage dinding ruangan, Anda bisa menggunakan wallpaper dengan motif bunga berwarna pink atau merah. 

Tips 7. Warna hitam matte agar terkesan gelap tapi lembut

Terakhir, jika Anda ingin memberikan satu warna pada jendela, warna hitam bisa jadi pilihannya. Hanya saja jika biasanya Anda melapisi terakhir dengan top coat gloss, kini gantilah dengan matte. Tujuannya agar kesan lembut dari warna hitam yang gelap lebih terasa. 

Karena daun jendela sudah gelap, warna cat pintu rumah yang dipilih sebaiknya lebih terang. Misalnya abu-abu atau putih. Warna hitam pada daun jendela sebaiknya diaplikasikan penuh. 

Belajar Teknik Distressing untuk Mengecat Jendela

Teknik distressing bertujuan untuk memperlihatkan bahwa kayu atau benda logam sudah digunakan dalam waktu cukup lama. Penggunaan yang terlalu sering tentu memperlihatkan beberapa bagian kerusakan. Namun justru kesan inilah yang harus Anda ciptakan. 

Supaya hasilnya maksimal, berikut ini beberapa langkah distressing yang bisa Anda dilakukan. 

  1. Mengampelas dan menghaluskan permukaan kayu. Anda bisa menciptakan beberapa kerusakan atau membiarkan permukaannya tetap rata.
  2. Mengaplikasikan coating pertama tipis saja, lalu biarkan mengering. 
  3. Aplikasikan coating kedua kali bisa sedikit lebih tebal agar warna coating pertama tertutup. lalu biarkan cat Mengering. 
  4. Ampelas pada beberapa bagian kayu yang menonjol seperti siku dan ornamennya. Ampelas hingga warna kayu dan lapisan coating pertama terlihat. Kesan vintage akan segera muncul setelah lapisan ini muncul.

Apabila warna coating pertama lebih gelap seperti hitam misalnya, maka Anda tidak perlu mengaplikasikannya terlalu merata. Cukup kuas sedikit pada bagian yang nanti mau di-distress saja. 

Namun, jjika Anda hanya mengaplikasikan satu lapisan coating maka Anda bisa mengaplikasikan cat sedikit lebih tebal sebelum diampelas. Jika ada tiga lapisan, maka tunggu hingga ketiga lapisan coating selesai diaplikasikan lalu lakukan pengampelasan. 

Produk Chalk Paint yang Mendukung Finishing Jendela Vintage

Berbicara soal produk cat jendela yang tepat supaya Anda tidak kebingungan lagi memilih, Bioduco Chalk Paint adalah jawabannya. Semua pilihan warna untuk mewujudkan jendela bergaya vintage ada di katalog produk ini. 

Bioduco Chalk Paint adalah jenis cat berpelarut air yang sangat mudah digunakan. Berperan juga sebagai primer yang mampu menutup warna kayu aslinya. Proses aplikasinya cukup mudah jika Anda ingin mengaplikasikan pada daun jendela bergaya vintage.

Bioduco Chalk Paint bisa Anda gunakan di segala cuaca, karena proses pengeringannya yang tidak tergantung pada panas matahari. Apabila Anda berencana mengecat dengan Bioduco chalk paint koleksi produk dengan warna lengkap bisa Anda dapatkan di sini.

  1. https://www.tokopedia.com/biopaint102 (Tokopedia)
  2. https://shopee.co.id/biovarnish.official (Shopee)
  3. https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased (Bukalapak)

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH