Mengecat Lemari Kabinet Kayu Mahoni Tampilan Antik dengan 5 Langkah

Sebuah langkah yang tepat jika Anda membeli lemari kabinet kayu tanpa finishing. Karena dengan melakukan finishing sendiri, Anda bisa menentukan tampilan terbaik apa yang sebaiknya diaplikasikan. Anda bisa mengecat furniture dengan pernis saja, memutihkannya dengan bleaching bahkan memberikan finishing antik. 

Tidak ada salahnya untuk berkreasi mengecat sendiri furniture yang baru saja Anda beli. Selain hasil finishing sesuai keinginan, tampilannya juga lebih rapi. Kepuasan tentu akan Anda dapatkan. Apalagi jika Anda yang merakit lemari kabinet sendiri. 

Kayu mahoni memiliki ciri khas keindahan dari warna merahnya. Keindahan ini tentunya harus diekspos sehingga membuat ruangan terlihat lebih mewah. Apa finishing yang cocok digunakan dan bagaimana cara mengecatnya? Simak selengkapnya di sini. 

Alasan Lemari Kabinet Kayu Mahoni Difinishing Antik 

Lemari Kabinet Kayu

Finishing antik adalah hasil yang sangat disarankan jika Anda memiliki lemari kabinet dari kayu mahoni. Ada beberapa alasan mengapa tampilan antik cocok dipilih sebagai berikut :

  • Cocok untuk lebih banyak desain

Dibandingkan lemari kabinet minimalis, furniture yang difinishing dengan tampilan antik bisa masuk pada desain interior yang lebih luas. Contohnya saja interior kontemporer, klasik hingga gaya vintage. Semua desain tersebut membutuhkan furniture dengan finishing antik.  

  • Memperlihatkan serat kayu mahoni

Mahoni memiliki serat yang sangat berbeda dari kayu jati karena bentuknya lurus dan beraturan. Jika hanya dilapisi dengan plitur atau pernis saja tentu kurang menarik. Oleh karena itu dengan finishing antik, serat kayu akan lebih terlihat dengan adanya lapisan glaze. 

  • Mempertahankan keindahan warna asli mahoni

Ketika menggunakan kayu mahoni, ada baiknya untuk tetap mempertahankan warna aslinya. Karena sulit jika Anda sudah memutihkan kayu dan ingin mengembalikan warna kayu aslinya kelak. Oleh karena itu dengan finishing antik, warna asli kayu dapat dipertahankan. 

  • Furniture tampak lebih mewah

Kesan antik yang memperlihatkan furniture terawat dan mengkilap akan memberikan kesan mewah. Jika dijual pun, furniture akan memiliki daya jual yang lebih tinggi. Kayu mahoni yang pada dasarnya merupakan kayu murah bisa terlihat lebih mahal. 

Anda bisa mengecat kabinet lemari pakaian, dapur atau buku dan jenis lainnya dengan finishing antik. Bahkan jika ingin seragam Anda bisa menyamakan juga finishing antik pada meja kursi ruang keluarga atau tempat tidur. 

5 Langkah Finishing Lemari Kabinet dari Kayu Mahoni Hasil Antik 

Harga lemari kabinet kayu yang belum difinishing lebih murah dibandingkan Anda harus membeli furniture yang sudah dicat. Selain itu hasil finishing seringkali tidak sesuai dengan keinginan dan tingkat kerapiannya masih kurang. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mengecatnya sendiri. 

Untuk mendapatkan hasil finishing antik dari lemari kabinet kayu mahoni setidaknya ada lima langkah yang bisa Anda lakukan. Pertama, memilih bahan dan juga alat, kedua mempersiapkan lemari kabinet. 

Ketiga Anda bisa mengaplikasikan lapisan stain dengan warna mahoni. Keempat, mengaplikasikan glaze dan terakhir adalah memberikan pernis kayu. Untuk detail langkahnya adalah sebagai berikut ini:

1. Memilih bahan dan alat yang tepat

Finishing antik membutuhkan bahan finishing yang transparan dan bisa memperlihatkan serat kayu asli. Selain itu juga menyediakan stain dengan warna mahoni yang tepat. Biovarnish adalah produk yang tepat untuk digunakan, karena menggunakan pelarut air yang menjamin transparansinya. 

Selain itu Biovarnish juga menjadi produk yang lengkap, dari stain hingga pernis Anda tak perlu mencampur produk dari berbagai merk. Semua sudah tersedia dari glaze, stain hingga pernisnya. Ditambah lagi proses aplikasinya hanya menggunakan kuas saja. 

Soal kuas, Biovarnish membutuhkan jenis kuas dengan bahan nilon atau busa. Jika menggunakan kuas nilon, kuas bisa lebih tahan lama dan bisa digunakan berulang kali. Sedangkan kuas busa hanya bisa digunakan dua sampai tiga kali saja. 

Lebih baik menggunakan kuas dengan bulu nilon dan pastikan untuk membeli kuas yang berkualitas. Jangan takut mahal, karena semahal-mahalnya kuas nilon masih terjangkau harganya. Untuk mengecat lapisan pernis sebaiknya gunakan kuas yang baru bukan kuas bekas. 

2. Mempersiapkan lemari kabinet kayu mahoni

Setelah bahan dan alat disiapkan, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan lemari kabinet. Karena baru saja selesai dibuat, permukaan kayu pasti masih kasar dan masih banyak debu kotoran. Perlu dibersihkan terlebih dahulu agar cat bisa menempel dengan mudah. 

Cara membersihkannya adalah dengan mengamplas permukaan kayu mahoni. Gunakan amplas aluminium oxide nomor 220. Anda bisa menggunakan balok kayu sebagai bantalan amplas atau hand sander agar proses cepat selesai. 

Ganti amplas jika kertas sudah mulai aus dan raba permukaan kayu. Jika sudah halus baru bersihkan dengan kain kering. Supaya debu terangkat seluruhnya Anda juga bisa mengelapnya dengan kanebo. 

3. Mengaplikasikan Wood Stain Biovarnish

Selesai furniture dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan Biovarnish wood stain warna mahogany. Warna ini menyerupai warna kayu asli dan Anda cukup mengecat tipis satu lapisan saja. Tujuannya untuk mempertajam warna kayu asli. 

Untuk mengecat, Anda perlu mencampurkan wood stain terlebih dahulu dengan air. Perbandingannya adalah 2:1 dan dicampur di wadah terpisah. Aduk stain hingga merata dan tidak ada endapan. 

Kuaskan stain ke permukaan lemari kabinet searah serat kayu. Lakukan tipis dengan angkat sedikit kuas agar terhindar dari brush mark. Diamkan furniture kering dalam ruangan selama 60 menit kemudian amplas ambang. 

Pengamplasan dilakukan manual dengan amplas aluminium oxide nomor 400. Bersihkan debu amplas dengan kain kering kemudian. 

4. Mengaplikasikan Biovarnish Glaze Black

Glaze berfungsi mempertajam warna serat kayu mahoni dan akan meresap ke dalamnya. Anda bisa menggunakan Biovarnish glaze black agar lebih terlihat. Cara menggunakannya, campurkan glaze dengan air di wadah terpisah. 

Gunakan perbandingan 3:1 atau hanya tambahkan sedikit air. Kuaskan glaze ke permukaan kayu searah searah serat dan diamkan 15 menit. Tak perlu menunggu lama lagi, gunakan kain kering untuk menghapus glaze agar tersisa pada bagian serat kayu saja. 

Pada tahapan ini kesan antik sudah terlihat dan tinggal memberikan lapisan pernis saja agar glaze tersegel dan kering. 

5. Mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat Gloss

Sebagai lapisan terakhir Anda perlu menggunakan Biovarnish clear coat gloss. Karena kesan kilap akan menguatkan kesan finishing antik. Cara menggunakannya pun mirip seperti wood stain. 

Pertama campurkan clear coat gloss dengan air perbandingan 2:1. Aduk cat merata kemudian kuaskan ke permukaan lemari kabinet kayu mahoni. Setelah itu lanjutkan dengan proses pengeringan. 

Pernis ini perlu dikeringkan selama 24 jam, Anda bisa mendiamkannya di dalam ruangan selama semalaman. Pastikan setiap lapisan cat tidak mengalami penjemuran agar keringnya sempurna dan tidak mengelupas. 

Melalui kelima langkah ini Anda akan mendapat lemari kabinet kayu mahoni berpenampilan antik. Hasilnya tentu tak kalah dengan furniture yang dibeli di toko mebel. 

Anda bisa membeli Biovarnish yang menjadi bahan penting untuk finishing di link berikut ini. 

  1. https://shopee.co.id/biovarnish.official
  2. https://www.tokopedia.com/biovarnishseries
  3. https://www.tokopedia.com/catkayu

 

Artikel "Finishing Idea"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.