Ini 5 Alasan Furniture Kayu Minimalis Harus Dicat Warna Natural

Berencana menerapkan desain minimalis untuk hunian baru Anda? Gaya minimalis banyak diterapkan untuk hunian modern, salah satu aspek di dalamnya yang harus diperhatikan adalah furniture. Anda bisa menggunakan furniture kayu minimalis untuk memperkuat tampilan desain. 

Mengapa memilih material kayu? Ada banyak alasannya. Pertama kayu adalah material yang kuat dan tahan lama. Kedua kayu mampu memberikan kesan alami dalam ruangan, sangat berbeda dari material aluminium, upvc, kaca, dan sejenisnya. Ketiga, furniture kayu bisa dibentuk dengan menyesuaikan biaya. 

Contohnya saja kursi minimalis single yang dibuat dari material kayu mahoni untuk harga lebih murah. Anda bisa juga mendapatkan kursi dari bahan jati jika ingin digunakan sebagai furniture teras karena lebih kuat. Apapun jenis kayu yang digunakan untuk furniture, pastikan Anda menggunakan finishing natural. 

Banyak alasan mengapa kayu perlu difinishing warna natural. Apa saja alasannya dan produk apa yang sebaiknya digunakan? Simak selengkapnya di sini. 

Mengapa Furniture Kayu Minimalis Cocok dengan Warna Natural

Furniture Kayu Minimalis

Kayu memiliki dua pilihan finishing yaitu untuk hasil warna transparan dan hasil warna solid yang menggunakan cat duco. Khusus warna natural sendiri masih ada dua pilihan finishing lagi yang bisa dipilih yaitu finishing pori kayu tertutup atau terbuka. Apapun jenisnya, warna natural yang paling disarankan. 

Mengapa finishing warna natural lebih baik dipilih untuk desain minimalis? Berikut ini beberapa alasannya. 

  • Memberikan kesan netral dalam ruangan

Ketika Anda dilihat palet warna untuk desain minimalis, maka warna-warna seperti putih, abu-abu hingga hitam pasti dibutuhkan. Semua pilihan warna tersebut adalah warna-warna netral yang cocok satu sama lain menciptakan kesan yang lebih harmoni bukan kontras. 

Disisi lain, supaya ketiga perpaduan warna tersebut tidak membuat ruangan tampak mati, perlu tambahan kesan netral lain dari warna kayu asli. Anda bisa saja menggunakan kursi minimalis modern tapi finishing warna natural kayu tetap bisa digunakan. Sehingga membuat ruangan lebih netral. 

  • Bisa digunakan untuk desain lainnya

Jika sewaktu-waktu Anda bosan dengan desain ruangan minimalis, Anda bisa menggantinya dengan mudah. Tak perlu khawatir harus mengganti furniture, karena kayu yang dicat dengan warna natural transparan cocok digunakan pada desain lainya. Contohnya saja desain klasik, desain skandinavia atau desain industrial. 

Semua warna desain tersebut tidak akan terasa janggal ketika Anda menempatkan sebuah kursi minimalis kayu berwarna natural. Justri pada desain skandinavia misalnya, warna natural sangat dibutuhkan untuk menciptakan kesan alami yang lebih kuat. Inilah yang membuat warna natural selalu menjadi tren setiap tahunnya di industri mebel. 

  • Menciptakan kesan alami yang lebih kuat

Seperti pada desain skandinavia, desain minimalis pada ruangan juga membutuhkan kesan alami yang kuat. Jika pada bagian kusen jendela, daun pintu atau bahkan dekorasi Anda sudah memenuhinya dengan material dari besi, upvc atau aluminium maka butuh sentuhan alami dari kayu. 

Furniture kayu minimalis dibutuhkan supaya kesan alami terasa. Jika Anda melakukan finishing kursi tersebut dengan warna duco maka kesan alami akan hilang. Oleh karena itu memberikan finishing warna natural transparan sangatlah penting. 

  • Memperlihatkan keindahan material kayu

Bagi Anda yang sudah membeli furniture dari kayu solid mahal-mahal contohnya dari kayu sonokeling atau jati pastinya perlu mengaplikasikan warna natural. Anda mungkin berpikiran untuk hanya melapisinya dengan pernis yang transparan. Tapi pernis saja tak cukup untuk membuat furniture tampak mewah dan berkelas. 

Dibutuhkan lapisan liquid stain yang akan memberikan warna pada kayu lebih tajam. Sehingga kesannya tidak pucat, ditambah lagi warna yang lebih tajam juga sebagai bentuk perlindungan. Tujuannya agar warna dari kayu asli lebih awet, apabila terjadi kerusakan lapisan coating adalah yang terlebih dahulu rusak. 

  • Mudah untuk di refinishing

Tidak seperti furniture yang sudah dilapisi dengan warna duco, kursi tamu minimalis yang dicat dengan stain dan pernis lebih mudah untuk direfinishing. Misalnya saja, Anda sudah menggunakan kursi tersebut selama lima tahun. Walaupun diletakkan di dalam ruangan, warna pudar atau banyak timbul goresan adalah hal yang wajar. 

Untungnya dengan warna natural Anda bisa mudah melakukan refinishing sendiri. Tidak perlu mengerok lapisan cat lama dan mengubahnya menjadi warna natural. Cukup dengan sedikit mengamplas, Anda bisa mengecat dengan mudah untuk mendapatkan tampilan yang baru. 

Apakah Cat Kayu untuk Kursi Kayu Minimalis Modern Terbaik?

Furniture Kayu Minimalis

Warna natural yang akan Anda dapatkan pada furniture kayu minimalis tergantung dengan produk cat yang digunakan. Salah memilih produk maka berakibat fatal seperti warna natural tidak tajam bahkan justru menutup tampilan serat pada kayu. Oleh karena itu Anda harus tahu manakah jenis cat kayu yang tepat digunakan. 

Jika Anda berencana untuk mengecat kursi kayu minimalis modern di rumah sendiri, sebaiknya carilah produk cat yang aplikasinya menggunakan kuas. Baik pemula hingga DIY selalu memilih cat kuas karena mudah aplikasinya. Tidak semua cat bisa diaplikasikan dengan kuas untuk hasil terbaiknya. 

Produk cat kayu kuas yang bisa Anda pilih antara lain adalah Biovarnish series. Cat kayu water based ini sangat cocok digunakan untuk proyek finishing kursi kayu baru hingga refinishing. Cara aplikasinya yang mudah hanya dengan kuas berbulu nilon menjadi alasan utama mengapa banyak orang menggunakannya. 

Ditambah lagi, Biovarnish adalah cat dengan pelarut air yang tidak mengeluarkan aroma menyengat, cepat kering dan tentu saja hasil warna naturalnya transparan lebih tinggi. Anda bisa mendapatkan kursi tamu minimalis modern yang memiliki nilai jual tinggi dengan warna kayu lebih tajam. 

Begitu Mudahnya Aplikasi Cat Kayu Biovarnish untuk Kursi Minimalis

Seberapa mudahkah aplikasi Biovarnish? Setidaknya ada empat produk yang harus Anda gunakan secara bertahap yaitu Biovarnish wood filler, liquid stain, sanding sealer dan juga clear coat. Berikut ini tahapan demi tahapan yang bisa Anda tiru di rumah. 

  • Amplas permukaan kursi dan lapisi dengan wood filler

Amplas dahulu kursi kemudian larutkan Biovarnish wood filler dengan sedikit air. Kuaskan wood filler ke permukaan kursi hingga merata. Setelah kering sekitar 20 menit, Anda bisa mengamplasnya. Gunakan amplas nomor 240 dan amplas hingga halus. 

  • Memberikan warna natural

Campurkan Biovarnish liquid stain dengan air kemudian aduk hingga merata. Kuaskan liquid stain ke permukaan kursi minimalis sesuai arah serat. Cukup tunggu kering selama 60 menit tanpa dijemur dan amplas ambang. Kali ini gunakan amplas nomor 400 dan bersihkan debu amplasnya. 

  • Memberikan sanding sealer

Campurkan Biovarnish sanding sealer dengan air perbandingan 2:1 air kemudian aduk hingga merata. Kuaskan searah dengan serat kayu dan biarkan supaya kering selama 60 menit. Amplas kembali secara ambang. 

  • Memberikan pernis kayu

Larutkan Biovarnish clear coat dengan air, kemudian kuaskan cat ke permukaan kursi kayu minimalis hingga merata. Diamkan selama semalaman atau 24 jam. Biarkan supaya cat mengering baru kursi bisa digunakan. 

DImanakah Anda bisa mendapatkan Biovarnish series secara lengkap? Anda bisa membelinya langsung di :

  1. https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries
  2. https://www.tokopedia.com/bioindustries
  3. https://www.tokopedia.com/biovarnishseries

Artikel "Finishing Idea"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.