Amankan Tempat Tidur Bayi dari Kayu dengan Cat Water Based

Menjadi orang tua tentu impian banyak pasangan yang baru menikah. Namun tugas orang tua baru dimulai ketika bayi baru lahir. Banyak hal yang harus disiapkan salah satunya adalah tempat tidur bayi dari kayu. Material kayu dipilih karena sifatnya yang lentur dan mudah dibentuk. 

Anda bisa saja membeli box bayi kayu di toko furniture atau membuatnya sendiri. Satu hal yang harus diperhatikan mengenai kebutuhan bayi ini adalah keamanan dari bahan finishing yang digunakan. Anda tidak bisa sembarangan memilih cat karena berpengaruh terhadap kesehatan bayi. 

Cat kayu water based merupakan salah satu jenis cat yang menggunakan pelarut air termasuk kategori cat yang aman. Bahan finishing ini bisa digunakan agar tempat tidur bayi memiliki tampilan indah sekaligus perlindungan maksimal. 

Supaya Anda tahu betul cat yang digunakan aman, sebaiknya lakukanlah finishing sendiri. Pengecatan furniture seperti ranjang bayi bukanlah suatu hal yang sulit. Anda bisa melakukan finishing dengan mudah asalkan produk yang digunakan tepat. 

5 Alasan Penting Memilih Cat Water Based untuk Ranjang Bayi

 

Beberapa di antara mungkin masih bertanya-tanya mengapa harus menggunakan cat yang aman. Bukankah semua jenis cat sama yaitu untuk memberikan tampilan pada tempat tidur bayi? Anggapan tersebut tentu saja salah, mengingat cat adalah bahan kimia yang dilapiskan pada permukaan kayu. 

Tujuan dari pengaplikasian bahan finishing bukan sekedar memberikan tampilan. Bahan finishing akan melindungi kayu supaya tahan terhadap rayap, jamur, bahkan kerusakan akibat penggunaan. Cat water based direkomendasikan karena beberapa alasan berikut ini:

» Memiliki kandungan voc rendah

Voc atau volatile organic compound yaitu bahan-bahan organik yang tidak dibutuhkan manusia. Voc sendiri merupakan bahan yang digunakan dalam pembuatan cat seperti formalin yang mempercepat pengeringan cat atau timbal yang memberikan warna. 

Rendahnya kandungan voc dalam cat water based adalah kelebihan tersendiri. Kelebihan inilah yang membuat bahan organic tidak menyebar ke udara dan masuk ke dalam pernapasan bayi. Cat water based akan menciptakan lapisan coating yang aman. 

» Tidak menimbulkan aroma keras

Sebuah kesalahan yang tidak disadari para orang tua adalah mengabaikan aroma keras yang keluar dari tempat tidur bayi dari kayu yang baru saja di finishing. Aroma keras itulah yang berasal dari lapisan coating. Ketika cat mengering maka bahan pelarut akan menguap. 

Jika Anda menggunakan cat water based kekhawatiran soal coating yang berbau tidak lagi dirasakan. Karena cat water based selain cepat kering juga tidak menimbulkan bau keras. Pelarut air adalah penyebabnya, sehingga bayi pun terbebas dari semua kandungan berbahaya dari cat. 

» Mudah untuk diaplikasikan

Bagi Anda yang ingin mengecat box bayi kayu second atau baru saja membeli ranjang yang belum di finishing, bisa memilih menggunakan cat kayu water based. Bukan hanya aman, tetapi cat ini juga termasuk produk yang mudah untuk digunakan. Anda tidak akan kesulitan dalam menggunakan produk ini karena cepat kering sehingga lebih cepat diaplikasikan. 

 Kini soal cat water based yang terpercaya Anda bisa menyerahkannya pada produk Bioduco chalk paint. Sebagai produk cat kayu water based yang aman, produk ini menjanjikan hasil memuaskan. Tingkat keamanannya pun jelas dan tersedia warna-warna menarik. 

Tingkat Keamanan Cat Kayu Water Based Bioduco Chalk Paint

Tempat Tidur Bayi Dari Kayu

Chalk paint pertama kali keluar bukan di Indonesia dan dari awal produk ini memang cat berbasis air. Baru-baru ini di Indonesia muncul produk baru yaitu Bioduco chalk paint yang pertama. Produk ini cocok digunakan untuk tempat tidur bayi dari kayu mengingat dari segi keamanannya. 

Bioduco chalk paint termasuk cat aman karena produk ini memiliki kandungan voc yang rendah. Pembuatan cat sendiri mengikuti dua regulasi di luar negeri, mengingat Indonesia masih belum memiliki regulasi mengenai produksi cat. 

Regulasi pertama yang diacu adalah European Chemical Agency atau ECHA. Yang kedua adalah Environmental Protection Agency atau EPA dari Amerika. Kedua jenis regulasi ini memiliki standar khusus mengenai penggunaan masing-masing bahan organik yang tergolong dalam voc. 

Sesuai dengan kedua regulasi tersebut, Bioduco chalk paint hanya memiliki kandungan voc di bawah 50 gram per liternya. Artinya produk cat tidak membahayakan ketika digunakan untuk box bayi bahkan mainan anak dari kayu. 

Warna-Warni Menarik Baby Box dengan Berbagai Gaya

Chalk paint menghadirkan banyak pilihan warna pastel bahkan ada juga beberapa yang berwarna gelap. Ada banyak gaya atau rema ruangan yang bisa Anda terapkan dan baby box menyesuaikan warnanya. Bagi Anda yang sedang merencanakan kamar bayi, beberapa warna untuk berbagai gaya dari chalk paint ini bisa jadi pilihan. 

• Ruang tidur minimalis

Apabila Anda ingin desain yang netral, ruang tidur bergaya minimalis sebaiknya dipilih. Selain netral, ruang minimalis juga akan meminimalkan furniture. Anda cukup meletakan box bayi dan kabinet. Sehingga tidak terlalu banyak barang yang ditumpuk karena tidak baik juga untuk kesehatan dan keamanan bayi. 

Khusus untuk tempat tidurnya, Anda bisa memilih warna broken white yaitu putih susu dari Bioduco chalk paint. Tapi jika dinding berwarna putih dan ingin baby box menonjol, gunakan warna black. 

• Kamar tidur gaya skandinavia

Masih dengan tema yang memberikan kesan terang, skandinavia didominasi oleh warna-warna terang nan lembut. Desain ini paling banyak digunakan untuk kamar tidur bayi karena memperlihatkan ruangan yang rapi dan bersih. 

Khusus untuk desain skandinavia, ada begitu banyak warna yang bisa dipilih seperti white, pastel blue, pastel pink, sea green, pastel green. Semua warnanya akan cantik jika diaplikasikan pada box bayi. 

• Kamar tidur tema kebun binatang

Tema ini juga cukup banyak dipilih karena bisa digunakan hingga bayi beranjak dewasa. Cukup dengan memberikan hiasan-hiasan dengan gambar-gambar binatang. Ruangan bisa tampak lebih meriah dan berwarna. 

Untuk baby box sendiri, Anda bisa memberikan warna-warna dari yang cenderung gelap seperti cream atau terakota sehingga tampilannya bisa memperlihatkan kesan seperti kayu. Ada juga warna expresso yang merupakan warna coklat gelap atau tua. 

• Kamar tidur tema Barbie

Bagi Anda yang memiliki anak perempuan pasti ingin memberikan kamar tidur yang tampilannya sangat imut. Untuk masalah ini, Anda bisa menciptakan kamar dengan nuansa barbie. 

Ada beberapa warna yang cocok untuk digunakan tema ini yaitu warna pastel pink, orange, pastel blue dan pastel green. Di antara semua warna ini manakah yang hendak Anda pilih? Karena semua pilihan warnanya sangatlah cantik. 

Semua tempat tidur bayi dari kayu yang menggunakan warna-warna dari Bioduco chalk paint akan bertahan lama sekaligus bebas dari serangan jamur. Jadi bayi akan tetap aman dan tidak akan merasa kesulitan dalam hal perawatannya. 

Tempat tidur hanya perlu rutin dibersihkan beberapa minggu sekali dan apabila terkena tumpahan air harus segera dibersihkan. 

Ingin membeli coating Bioduco? Anda bisa langsung membeli melalui link di bawah ini.

  1. https://www.tokopedia.com/biopaint102
  2. https://www.tokopedia.com/bioindustrieso
  3. https://www.bukalapak.com/u store_bioindustries

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH