Cara Menciptakan Tekstur Kursi Santai Kayu Halus dengan Sanding Sealer

Tentunya tidak akan enak jika Anda sedang bersantai di atas kursi kayu tiba-tiba terkena permukaan kayu yang tajam. Karena tidak mengecat dengan halus maka ada banyak permukaan kayu yang kasar. Tentunya rasanya tidak nyaman di kulit bahkan bisa menimbulkan luka. 

Pentingnya melakukan finishing halus bukan sekedar soal kenyamanan pengguna kursi santai tetapi jika untuk tampilan. Apalagi jika jenis kayu yang digunakan adalah kayu lunak. Maka Anda harus memilih bahan finishing yang digunakan dengan tepat. Kunci utama hasil finishing halus terdapat pada produk sanding sealer. 

Sanding sealer sendiri adalah produk multifungsi yang bisa digunakan sebagai base coat dan lapisan intermediate. Jika digunakan sebagai base coat maka akan menutup pori kayu dengan maksimal dan biasanya diaplikasikan pada kayu berpori kecil seperti jati. Sedangkan ketika difungsikan sebagai lapisan intermediet maka akan merekatkan lapisan coating di atas dan di bawahnya. 

Saat menjadi lapisan intermediate, jenis kayu apa saja bisa digunakan. Baik itu kursi dengan pori kayu besar atau pori kecil. bagaimana cara aplikasi dari masing-masing jenis tersebut? Lalu mengapa kursi kayu perlu dihaluskan? Simak selengkapnya di sini hingga akhir. 

Mengapa Kursi Santai Harus Difinishing Halus

Permukaan kursi santai kayu yang halus bukan hanya nyaman untuk digunakan. Dilihat dari proses aplikasi dan hasilnya finishing halus memberikan lebih banyak keuntungan. Maka tidak heran para pemula dalam bidang finishing akan mempelajari bagaimana cara untuk menghasilkan finishing halus. 

Mengapa finishing halus begitu penting untuk diterapkan? Berikut ini macam-macam alasannya. 

  • Supaya hasil finishing gloss sempurna

Ingin mendapatkan hasil finishing yang mengkilap sempurna? Anda membutuhkan permukaan kayu yang benar-benar halus. Dengan begitu tingkat kilap yang dihasilkan lebih maksimal. Jika Anda ingin mendapatkannya maka jenis cat mengkilap harus dipilih, penggunaan base coat sanding sealer dan juga pengamplasan yang tepat. 

  • Perawatan kayu yang lebih mudah

Merawat kursi kayu santai yang halus akan lebih mudah daripada yang memiliki banyak lubang atau bertekstur. Tekstur akan membuat debu bersembunyi sehingga proses perawatan akan lebih lama. Kecuali jika Anda memang suka dengan kayu yang memiliki tekstur. Kayu yang halus lebih mudah untuk dibersihkan dengan kain. 

  • Perlindungan pada kursi santai lebih maksimal

Dengan adanya sanding sealer baik itu base coat atau lapisan intermediate yang membuat halus perlindungan pun akan bertambah. Bukan hanya sekedar pernis saja yang memberikan lapisan film pelindung. Apalagi jika Anda berniat untuk meletakkan kursi santai di luar ruangan. Maka perubahan cuaca bisa menjadi sumber kerusakan jika cat tidak dilapisi cat yang tepat. 

Cara Mempersiapkan Kursi Santai Kayu sebelum Finishing

Menghasilkan finishing yang halus sangat penting, tapi hal ini tidak terlepas dengan proses aplikasi cat yang tepat. Bagaimana caranya semua tergantung dengan persiapan yang Anda lakukan. Cat yang disarankan untuk digunakan adalah Biovarnish sanding sealer. 

Cat ini adalah cat water based yang proses aplikasinya sangat mudah yaitu dengan kuas. Cukup kuasain aja pakai air, sanding sealer akan membentuk lapisan coating. Untuk persiapan sebagai base coat Anda cukup mengamplas kursi santai dengan cara berikut ini:

  1. Bersihkan kursi santai dengan kain kering dan pastikan tidak ada kotoran yang menempel. 
  2. Amplas permukaan kayu dengan amplas nomor 100 atau 180 tergantung dengan tingkat kasarnya. Semakin kasar maka sebaiknya gunakan amplas nomor 100. 
  3. Pastikan Anda mengamplas dengan mesin atau balok kayu untuk mendapatkan permukaan yang rata.
  4. Amplas terakhir yang digunakan adalah nomor 220 dan bersihkan dengan kain kering. 

Jika Anda ingin menggunakan sanding sealer sebagai lapisan base coat, cukup dengan empat langkah di atas. Namun jika ingin digunakan sebagai lapisan intermediate, maka sebaiknya tambahkan beberapa langkah berikut ini. 

  1. Aplikasikan Biovarnish wood filler dan pilih warna yang sesuai dengan warna hasil akhir. Proses aplikasinya cukup dengan mengisi pori secara merata menggunakan scrape. Kemudian tunggu kering dan amplas. 
  2. Setelah wood filler, Anda perlu mengaplikasikan Biovarnish liquid stain. Pilih warna yang tepat, larutkan dengan air, kuaskan secara merata. 
  3. Tunggu stain mengering baru amplas ambang dengan kertas nomor 400. Kali ini pengamplasan hanya perlu secara ambang tidak menggunakan mesin atau balok kayu. 
  4. Terakhir bersihkan debu amplas dengan kain kering. 

Pastikan saja untuk aplikasi liquid stain Anda mendapatkan warna yang benar-benar diinginkan. Warna harus tajam, karena akan dilapisi dengan sanding sealer dan juga pernis.

Langkah-Langkah Finishing Halus dengan Sanding Sealer

Saatnya menggunakan Biovarnish sanding sealer. Baik itu digunakan sebagai base coat atau lapisan sebelum intermediate, cara aplikasinya sama. Jadi Anda tidak perlu bingung untuk langkah-langkah aplikasinya. Bahan pelarut yang digunakan adalah air dan alatnya adalah kuas dengan bulu nilon. 

Pastikan jika Anda menggunakan kuas dengan bulu nilon dan baru supaya hasilnya bisa lebih halus. Nah untuk cara aplikasinya adalah sebagai berikut. 

Pelarutan Cat

Langkah pertama adalah melarutkan cat dengan air. Ada dua cara yang bisa dipilih. Pertama larutkan langsung dengan air di wadah terpisah kemudian ukur dengan alat NK dua hingga viskositasnya 11-12 detik. Cara kedua adalah dengan melarutkannya langsung bersama air perbandingan 2:1. 

Cara kedua tersebut bisa diterapkan jika Anda tidak memiliki alat pengukur viskositas. Pastikan saja cat teraduk dengan maksimal dan tidak ada yang mengendap. Supaya cat merata di seluruh permukaan dan langsung melekat. 

Pengaplikasian Cat

Cara aplikasinya adalah dengan kuas yang disapukan searah dengan serat kayu. Ketika mencelupkan ke dalam larutan sanding sealer jangan sampai memenuhi bulu kuas. Cukup ¾ bagiannya saja kemudian ketukkan kuas supaya cat berlebih akan berkurang dari bulu kuas. 

Saat menguas, sedikit diangkat atau jangan terlalu ditekan supaya tidak menimbulkan bekas sapuan. Ikuti terus arah serat dan tarik kuas dalam sapuan yang panjang. Terus ulangi hingga seluruh permukaan kursi kayu tertutup sanding sealer. Jika ada cat yang menetes segera ratakan dengan kuas supaya rapi. 

Pengeringan dan Pengamplasan

Langkah selanjutnya adalah menunggu lapisan sanding sealer mengering. Cukup dengan didiamkan di dalam ruangan selama 60 menit saja. Tidak perlu menjemur kursi kayu langsung di bawah sinar matahari karena hanya akan menimbulkan cat memutih atau tidak kering sempurna. 

Setelah kering Anda bisa mengamplas permukaan sanding sealer dengan amplas nomor 400. Proses pengamplasan dilakukan searah serat kayu dan ringan saja tidak perlu balok kayu. Setelah itu bersihkan debu amplas dengan kain kering. Lanjutkan aplikasi pernis seperti Biovarnish clear coat gloss. 

Produk Biovarnish sanding sealer adalah pilihan yang tepat untuk kursi santai kayu yang halus. Pastikan setiap langkah aplikasinya dilakukan secara tepat supaya hasilnya lebih sempurna. 

Artikel "Teknik Aplikasi"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.