Bagaimana Merawat Lantai Kayu agar Tahan Lama? Ini Dia Triknya

Apa cara terbaik untuk membersihkan lantai kayu yang harus Anda lakukan? Jawabannya mungkin terdengar membingungkan. Tidak ada satu cara terbaik untuk membersihkan lantai kayu Anda. Apa yang terbaik untuk lantai Anda tergantung seberapa lama lantai Anda dan jenis finishing apa yang ada di lantai kayu Anda. Jika Anda tidak tahu jenis finishing apa yang ada di lantai Anda, lakukan yang terbaik untuk mencari tahu.

Untuk mengetahui perbedaan dalam keadaan darurat, gosokkan jari Anda di lantai. Pastikan untuk melakukan ini di lantai yang bersih. Jika tidak akan ada noda muncul maka  lantai dilapisi cat pada permukaan. Jika Anda membuat noda, lantai telah dilapisi dengan lapisan cat minyak, laquer, pernis atau pelitur, dan kemudian diberi wax. Pertimbangkan ketika akan memasang lantai Anda. Jika Anda memiliki lantai kayu yang lebih baru, kemungkinan permukaannya tertutup.

Melihat apa jenis bahan finishing yang digunakan maka Anda harus memutuskan apa saja yang harus dilakukan dalam merawat lantai kayu di rumah. Perawatan tidak datang begitu saja atau Anda bisa membersihkan dengan kain pel seperti pada keramik. Ingat Anda akan membersihkan lantai kayu yang sangat mduah meresap air.

Menggunakan beberapa bahan kimia khusus akan sangat membantu. Sebelum itu pelajari apa saja efek yang berbahaya ditimbulkan apabila Anda tidak melakukan perawatan secara rutin. Apa saja yang harus Anda jadwalkan dalam perawatan akan diulas dengan lengkap.

Alasan Merawat Lantai Kayu Sangat Penting

Pembersihan lantai kayu adalah faktor yang sangat penting untuk memiliki lantai kayu terawat. Tanpa pembersihan rutin, lantai kayu yang keras itu dapat dengan cepat memburuk, kehilangan kemilaunya, dan menyebabkan masalah jangka panjang bagi Anda di masa depan. Berikut ini empat alasan mengapa pembersihan rutin itu penting bagi lantai kayu.

  1. Pasir tersembunyi

Mungkin tampak seperti lantai kayu tidak akan mengeluarkan debu sebanyak karpet, tetapi itu hanya karena Anda tidak dapat melihat pasir dengan jelas di karpet. Dengan lantai kayu keras, ada banyak debu dan pasir yang terperangkap di bawah kaki yang dapat menghancurkan lapisan permukaan. Vakum mingguan akan mencegah hal ini.

  1. Tampilan keruh
Bagaimana Merawat Lantai Kayu Agar Tahan Lama

Pernahkah Anda melihat lantai kayu keras atau perabotan kayu lainnya di rumah Anda dan bertanya-tanya mengapa itu tampak begitu keruh? Penggunaan hairspray yang berlebihan bisa menjadi penyebabnya. Jika Anda pernah menggunakan hairspray saat Anda berdiri di lantai kayu keras, bersihkan area tersebut dengan pembersih jendela sehingga Anda tidak berisiko merusak lantai Anda yang indah.

  1. Noda Hujan

Berhati-hatilah saat melintasi hujan atau genangan air dari sepatu bot ke rumah Anda. Ketika air menghantam lantai kayu, itu tidak hanya akan menghancurkan kayu, tetapi juga merusak kayu. Salah satu cara untuk melindungi lantai Anda dari ini adalah meletakkan keset di depan ambang pintu.

  1. Mudah aus

Area lantai kayu yang sering digunakan akan cepat licin. Dimana area yang paling sering digunakan akan membuat aus lapisan cat di atasnya. Jika Anda tidak ingin tampilan dan keamanan penggunaan lantai maka berikan karpet atau rug di atas area yang sering digunakan. Namun perhatikan untuk memilih karpet dengan alas karet. Karpet tanpa alas karet hanya membuat lantai licin dan juga merusak lantai karena menyimpan debu.

Pelajari Cara Merawat Lantai Kayu yang Benar

Mempelajari cara membersihkan lantai kayu sangat penting untuk melindungi dan mempertahankan investasi Anda yang indah. Karena kotoran dan debu tidak dapat bersembunyi di lantai kayu seperti yang mereka lakukan di karpet, membersihkan lantai Anda mungkin tampak sebagai “pemeliharaan yang tinggi.” Namun, setelah Anda menetapkan rutinitas Anda sendiri, cara terbaik untuk membersihkan lantai kayu keras tidak akan terasa begitu sulit.

  • Jadwal Harian – Sapu debu

Membersihkan lantai Anda dengan lap atau kain lap microfiber akan menjadi pertahanan harian terbaik Anda terhadap goresan dan kerusakan permukaan. Bantalan pembersih microfiber sering menggunakan listrik statis untuk menjebak kotoran, partikel, dan alergen rumah tangga lainnya. Menggunakan sapu bisa efektif juga, tetapi menggunakan sapu hanya mendorong kotoran di sekitar. Ketika Anda ingin membersihkan lantai tanpa merusaknya, hindari mengangkat microfiber Anda dari lantai ketika Anda membersihkannya dengan cara ini Anda menjaga kotoran yang terperangkap di atas pad.

  • Jadwal Mingguan – Vakum / Pel

Pemeliharaan mingguan akan berurusan dengan area yang sulit dijangkau yang tidak dapat dijangkau oleh debu harian. Vacuum dan kain pel basah sangat ideal untuk mengeluarkan kotoran dari area bermasalah seperti sudut dan ruang di antara setiap potongan kayu keras. Namun, menggunakan vacuums dan pel dilakukan dengan ekstra hati-hati ketika Anda ingin membersihkan lantai tanpa merusaknya.

Bagaimana Merawat Lantai Kayu Agar Tahan Lama

Saat Anda menggunakan pel, ingat bahwa air dan kayu tidak bercampur! Hindari meletakkan cairan berlebih di lantai Anda. Peras kain pel sebelum aplikasi pada lantai Anda dengan pembersih lantai kayu akan cukup untuk membersihkannya. Sentuhan lembut adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan lantai kayu keras.

Gunakan alat yang tepat untuk membersihkan lantai Anda pel yang dipasangkan dengan mesin yang dapat dicuci, microfiber pad untuk membersihkan. Tindakan elektrostatik menarik kotoran, mikropartikel dan alergen rumah tangga biasa.

Hindari menggunakan air dan cuka, pembersih berbahan dasar sabun, pembersih lilin atau uap di lantai kayu Anda. Cuka dan air benar-benar menumpulkan lapisan cat lantai dari waktu ke waktu, sementara sabun dan lilin meninggalkan residu. Pembersih uap memberi panas dan air yang berlebihan di lantai Anda, yang dapat menyebabkan bekam dan kerusakan jangka panjang.

Pembersihan secara rutin membuat lantai kayu tampak baru. Tapi karpet pelindung dapat memperpanjang umur lantai Anda. Gunakan underlayment karpet karet alami dengan pola di jalan masuk atau area lalu lintas tinggi, dan gunakan pelindung lantai pada furnitur.

  • Jadwal Bulanan – Poles lantai

Memoles lantai Anda setiap beberapa bulan adalah cara yang bagus untuk merawat lantai kayu keras. Memoles memperbarui dan menyegarkan selesai yang melindungi lantai kayu Anda. Dengan lantai yang memiliki semacam sealant pelindung, ini adalah akhir yang paling menarik perhatian saat kita membersihkan. Memoles lantai Anda mengisi goresan mikroskopis dan meratakan permukaan pelindung lantai. Memoles lantai kayu bukanlah tugas yang sulit dan dapat dilakukan dengan sedikit usaha.

  • Jadwal Tahunan – Lapisan ulang

Dengan semua tingkat kekerasan kayu yang digunakan sebagai material lantai rumah Anda perlu mempertimbangkan untuk melakukan politur ulang setiap tiga hingga lima tahun sekali. Pengamplasan dan memolitur ulang lapisan cat akan menghilangkan lapisan cat lama dan menggantikannya dengan yang baru. Apabila lantai Anda penuh dengan goresan yang cukup dalam maka memoles dan mengamplas akan memperbaiki kerusakan ini. Maka Anda akan memiliki permukaan lantai kayu yang tetap bersih.

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH