Perawatan Lantai Kayu dari Kelembaban Hingga yang Tak Boleh Dilakukan

Lantai kayu adalah produk alami yang merespon variasi kelembaban dengan memperluas dan memperkecil meskipun kayu telah dikeringkan, dipotong dan diolah menjadi lantai. Terkadang perubahan ini mungkin terlihat. Selama musim panas yang hangat dan lembab, kayu mengembang. Selama cuaca musim dingin yang kering, memperkecil kayu keras. Gerakan musiman ini normal untuk lantai kayu keras. Cara terbaik untuk mengurangi gerakan tersebut adalah dengan memasang kontrol kelembaban dan memastikan bahwa fungsinya sebelum lantai dipasang.

Untuk mencegah jenis distorsi atau pergerakan lantai kayu ini, penting untuk memahami bagaimana perubahan ini disebabkan oleh iklim tempat Anda tinggal dan juga iklim rumah Anda. Langkah-langkah pencegahan dapat diambil ketika lantai dipasang berdasarkan faktor-faktor ini, tetapi perawatan yang tepat dari lantai juga penting untuk mencegah perubahan.

Kayu adalah bahan higroskopis. Ini berarti bahwa ketika kayu terpapar ke udara, ia akan mengeringkan atau mengambil uap air sampai berada dalam kesetimbangan dengan kelembaban dan suhu udara. Penyerapan kelembaban menyebabkan kayu membengkak. Kehilangan kelembaban menyebabkan kayu menyusut. Penyusutan kayu dimulai pada kadar air 25-30%. Pembengkakan terjadi karena kayu meningkatkan kadar air dari 0% hingga 25-30% kadar air. Di atas 25% -30% kayu stabil secara dimensional.

10 Hal Penting yang Harus Dihindari Dalam Merawat Kayu

Lantai kayu terbuat dari bahan organik yang terus dipengaruhi oleh lingkungannya dan bahan perawatan yang Anda pilih untuk diterapkan padanya. Lantai kayu yang terawat baik adalah investasi dan dapat menambah estetika rumah Anda dengan cara yang signifikan dan akan mengurangi resiko perubahan bentuk akibat cuaca.

Agar lantai kayu Anda tetap terlihat terbaik dan sama, sebaiknya Anda menggunakan bahan finishing water based dan juga menggunakan bahan poles kayu untuk perawatan kayu tiap bulannya.

Selain dari apa yang harus Anda lakukan untuk lantai kayu Anda, berikut adalah sepuluh hal yang harus Anda hindari lakukan ke lantai Anda.

  1. Jangan gunakan bahan abrasif atau bahan kimia keras untuk membersihkan lantai Anda. Jangan pernah gunakan amonia, cuka, deterjen pencuci piring, serbuk pembersih serba guna, sabun minyak, atau segala jenis lilin atau produk dasar silikon di lantai Anda.
  2. Jangan gunakan alas kaki furnitur keras di setiap perabotan langsung di lantai kayu Anda. Alas kaki furnitur dapat menyebabkan area aus terisolasi di lantai Anda dan meningkatkan frekuensi recoat dan mempolitur ulang lantai kayu.
  3. Jangan gunakan pel uap di lantai kayu Anda. Penggunaan air dalam segala bentuknya, termasuk uap, pada lantai kayu harus dibatasi hingga tingkat yang dimungkinkan. Panas yang tinggi dari beberapa pel uap juga dapat berfungsi untuk secara termal memecah lapisan pelindung lantai Anda dari waktu ke waktu.
  4. Jangan menuangkan produk pembersih langsung di lantai. Mungkin Anda ingin membuat genangan bersih dan menyebarkannya ke lantai Anda tetapi pendekatan ini dapat memiliki efek yang sama seperti menggunakan terlalu banyak air saat membersihkan. Produk pembersih yang diterapkan terlalu bebas di tempat dapat menyerap ke dalam kayu, menyebabkan pembengkakan dan tampilan yang tidak rata dari waktu ke waktu.
  5. Jangan menunggu terlalu lama antara proses mempolitur ulang. Setiap finishing lantai kayu pada akhirnya akan menunjukkan pola keausan dan goresan permukaan. Ketika Anda mulai melihat area lalu lintas yang sering, sekarang saatnya untuk mempertimbangkan melapisi ulang lantai Anda. Re-coating adalah proses satu hari, dan harganya jauh lebih murah. Anda harus merencanakan untuk melapisi ulang lantai kayu setiap 3 hingga 5 tahun tergantung pada pola lalu lintas dan keausan. Jangan menunggu sampai Anda mengganti lantai kayu dengan kayu yang baru karena kayu lama sudah benar-benar rusak dan tidak bisa dipolitur ulang. Perawatan Lantai Kayu Dari Kelembaban Hingga Hal Penting Yang Tidak Boleh Dilakukan
  6. Jangan memakai sepatu hak tinggi di lantai kayu. Sepatu hak tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada kayu keras. Sebaiknya tinggalkan sepatu hak tinggi di pintu dan memastikan bahwa mereka selalu dalam kondisi yang baik. Tumit tinggi yang rusak dapat dengan cepat menjadi pahat di lantai kayu Anda.
  7. Jangan biarkan kaki furnitur Anda tidak terlindungi. Bantalan pelindung harus ditambahkan di bawah kaki setiap bagian furnitur yang bersentuhan dengan lantai kayu Anda. Berat furnitur yang tidak dilindungi dapat merusak lapisan akhir dan kayu seiring waktu.
  8. Jangan menyeret perabotan atau peralatan berat di atas lantai kayu Anda. Furnitur berat harus diangkat dengan hati-hati dari lantai dan diletakkan kembali di lantai sekali di posisi baru mereka. Merasa bantalan, tali furnitur, dan bantuan tambahan adalah ide bagus ketika memindahkan benda berat di atas lantai kayu.
  9. Jangan biarkan kuku anjing Anda terlal tajam. Suara kuku anjing saat mereka berjalan di atas lantai kayu tidak hanya mengganggu, tetapi kuku itu akan merusak finishing lantai kayu Anda dan akhirnya merusak lantai Anda. Baik Anda dan hewan peliharaan Anda akan lebih bahagia jika Anda memangkas kuku saat diperlukan.
  10. Jangan biarkan kotoran hewan Anda terlalu lama berada di atas lantai kayu. Misalnya saja anjing atau kucing Anda mengotori lantai kayu jangan biarkan tergenang terlalu lama. Kotoran yang keras akan meresap ke dalam kayu menimbulkan bau dan kerusakan. Jika noda air tumpah di atas karpet atau permadani, pastikan untuk membersihkan dan mengeringkan karpet dan lantai kayu di bawah noda.

Mencegah Masalah Kelembaban

Mengontrol kelembaban adalah faktor yang paling penting dalam mencegah masalah dengan kelembaban dan lantai kayu Anda. Perawatan yang benar juga akan sangat membantu dalam menghindari masalah. Berikut poin-poin penting maslaha perawatan lantai kayu:

  • Bersihkan lantai kayu Anda dengan kain yang sedikit dibasahi oleh produk pembersih yang disarankan, dengan menggunakan petunjuk produsen untuk digunakan. Sebaiknya beli “perangkat perawatan lantai” yang direkomendasikan oleh pemasang atau produsen lantai kayu Anda.
  • Jangan bersihkan lantai kayu Anda dengan air atau produk berbasis air dengan jadwal teratur – bersihkan hanya jika perlu dan bersihkan hanya area yang kotor.
  • Jangan pernah mengepel lantai kayu. Air membasahi kayu dan hasil finishingnya.
  • Jangan biarkan air tumpah kering di lantai.

Kelembaban Pada Kayu Eksotis

Lantai yang diproduksi dari spesies kayu eksotis lebih menuntut daripada lantai yang terbuat dari kayu domestik. Untuk alasan ini, satu set persyaratan tambahan harus dipenuhi ketika memasang dan memelihara lantai kayu keras eksotis. Tingkat kelembaban udara dalam ruangan harus berada di kisaran 50-70%, dan suhu udara harus dijaga pada kisaran 65 ° F – 75 ° F.

Perawatan Lantai Kayu Dari Kelembaban Hingga Hal Penting Yang Tidak Boleh Dilakukan

Untuk memenuhi persyaratan ini, gunakan pelembap udara selama musim kemarau, dan gunakan AC untuk menjaga kelembaban selama musim panas yang lembab. Kami merekomendasikan membeli gabungan suhu digital / meteran kelembaban untuk memantau kondisi ruangan sepanjang tahun.

Artikel "Info News"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH