Jendela Rumah Mulai Usang? Cat Kayu Jendela Ini Bisa Jadi Solusinya

Frame jendela kayu tidak akan pernah ketinggalan zaman. Namun mereka akan mendapatkan banyak kerusakan dari panas matahari terus menerus, kelembaban, angin, hujan dan kerusakan lainnya.

Terus berjalannya waktu, kayu akan mulai berubah warna dan cat kayu yang asli akan memudar dan menghilang. Maka kerangka jendela tidak lagi mengkilap seperti dulu, tampilan usang pun memulai muncul.

Ketika hal ini terjadi, Anda bisa melakukan finishing ulang pada kerangka jendela dan membuat jendela tampak seperti baru kembali. Tidak seperti proses finishing ulang yang sulit. Anda bahkan bisa melakukan proses finishing jendela ini tanpa asisten profesional.

Sebagai gambaran, apa saja langkah yang perlu dilakukan Anda perlu mengetahuinya. Mempelajari teori adalah yang paling utama sebelum Anda memulai untuk praktek. Mulailah untuk memilih cat yang tepat.

Jendela yang memiliki tampilan natural sebelumnya akan lebih mudah dicat ulang. Sedangkan untuk jendela yang dicat warna solid membutuhkan usaha yang lebih banyak. Anda perlu menghilangkan lapisan cat lama dengan bahan kimia khusus.

Jendela Rumah Mulai Usang? Cat Kayu Jendela Ini Solusinya

Ketika cat lama yang digunakan adalah natural maka cukup dengan pengamplasan maka proses finishing ulang dapat dimulai. Memilih jenis cat jendela yang tepat harus dilihat dari segi perlindungannya.

Tidak masalah jika Anda ingin memperoleh warna natural kembali. Warna ini juga banyak dipilih karena cocok dengan gaya rumah apapun. Warna natural terdiri dari berbagai macam, sesuai dengan jenis kayu Anda bisa memberikan hasil transparan atau menambahkan stain.

Cat kayu Biovarnish adalah cat yang cocok diaplikasikan pada jendela untuk hasil finishing natural. Cat ini bisa memberikan warna transparan atau memberikan stain pada kayu. Perlu diketahui, cat Biovarnish termasuk cat water based sehingga bahan pelarut yang diperlukan adalah air bukan thinner.

Biovarnish adalah produk pengganti pernis yang banyak disarankan untuk pemula. Cat ini memberikan kemudahan aplikasi yaitu cepat kering hanya dengan kuas. Anda tidak perlu menanti cahaya matahari sehingga melepas kerangka jendela.

Jendela Rumah Mulai Usang? Cat Kayu Jendela Ini Solusinya

Anda bisa mengecat dalam keadaan jendela terpasang karena proses keringnya cepat tidak membutuhkan panas matahari. Hal yang perlu diperhatikan adalah pemilih jenis kuas, cat water based dapat bekerja dengan dengan kuas nilon.

Pada saat membeli kuas di toko tanyakan manakah jenis kuas nilon dan belilah kuas dengan harga mahal. Kuas yang mahal terbuat dari bulu nilon terbaik yang halus dan kuat. Tidak memudahkan bulu kuas untuk rontok dan mengotori hasil finishing ulang Anda.

Persiapan Pengecatan Rangka Jendela

Sangat mudah memulai finishing ulang pada jendela yang sudah mulai usang dan lapisan catnya mengelupas. Memulai dengan pengamplasan dan pengecatan hanya membutuhkan waktu dua hingga tiga jam. Secara alami, cat Biovarnish akan memberikan tampilan jendela menjadi baru.

Sebelum mengecat diperlukan langkah persiapan kerangka jendela. Hal ini dilakukan untuk proses finishing yang bersih. Anda tidak akan mengalami kesulitan nantinya untuk menghilangkan bagian cat yang terkena kaca atau dinding.

Jendela Rumah Mulai Usang? Cat Kayu Jendela Ini Solusinya

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk persiapan refinishing jendela adalah:

  • Busa
  • Sabun cair
  • isolasi kertas
  • paint stripper
  • Amplas alumunium oxide nomor 120 – 220
  • Kain lap

Jika semua bahan dan alat sudah siap Anda bisa memulai dengan langkah berikut:

  1. Bersihkan semua kerangka jendela dari debu. Gunakan sabun cair yang diresapkan pada busa. Bersihkan debu menggunakan busa yang telah dibasahi kemudian biarkan kerangka mengering.
  2. Rekatkan isolasi pada ujung kaca jendela yang berbatasan dengan kerangka untuk melindunginya dari pernis. Jika Anda akan mengecat seluruh kerangka jendela, buatlah 1/16 inci antara kaca dengan kayu. Langkah ini akan memudahkan cat untuk membentuk perlindungan di sepanjang kaca.
  3. Tutup juga dinding di bagian luar kerangka jendela. Anda akan mengecat bagian kusen jendela sehingga perlu menghindari dinding terkena plitur. Jangan lupa tutup juga perangkat keras seperti engsel dan kunci jendela.
  4. Oleskan seluruh permukaan kerangka jendela dengan paint stripper untuk menghilangkan lapisan cat yang lama. Pastikan Anda menggunakan sarung tangan karet dan diamkan selama 15 menit hingga warna memulai memudar. Gunakan pisau scrape yang tumpul untuk menghilangkan lapisan cat lama. Dapatkan warna kayu asli terlihat.
  5. Amplas seluruh permukaan kerangka jendela dengan amplas 220, jika masih banyak cat yang menempel Anda bisa menggunakan amplas yang lebih kasar lagi. Gunakan amplas mulai dari nomor 120 kemudian berganti ke angka yang lebih besar perlahan. Bersihkan debu amplas dan kotoran lainnya dengan kain lap.

Langkah Refinishing Jendela dengan Biovarnish

Apakah Anda sudah siap melakukan finishing rangka jendela? Sebelumnya siapkan peralatan dan bahan yang penting berikut ini:

  • Biovarnish wood filler (pilih warna sesuai hasil yang diinginkan)
  • Biovarnish wood stain (pilih warna yang diinginkan)
  • Biovarnish clear coat glossy
  • Amplas alumunium oxide nomor 240 dan 400
  • Kuas nilon
  • Kain lap kering
  • Pisau scrape
  • Gelas plastik
  • Air

Ketika permukaan kerangka jendela benar-benar sudah bersih dari lapisan cat yang lama maka sudah saatnya bagi Anda memulai pengecatan. Proses aplikasi dengan cat kayu Biovarnish ini hanya memerlukan setidaknya dua hingga tiga jam.

Jendela Rumah Mulai Usang? Cat Kayu Jendela Ini Solusinya

Berikut ini langkah aplikasi yang bisa Anda ikuti:

  1. Apabila banyak lubang pada kerangka isilah langsung dengan Biovarnish wood filler, gunakan pisau scrape. Jika tidak campurkan wood filler dengan sedikit air hingga encer kemudian usapkan dengan kain lap. Usapkan berlawanan arah serat dan tunggu kering.
  2. Jika wood filler sudah kering sekitar 20 menit lanjutkan dengan pengamplasan dengan amplas 240. Lakukan pengamplasan hingga warna dan serat kayu terlihat. bersihkan debu amplas
  3. Campurkan Biovarnish wood stain dengan air dan aduk merata. Ikuti petunjuk jumlah lautan dalam kemasan kaleng. Celupkan kuas nilon sebanyak ⅓ bagian, kurangi kelebihan cat pada kuas di bibir gelas.
  4. Kuaskan wood stain searah serat kayu hingga merata. Gunakan satu sapuan panjang dan jangan dilakukan bolak balik untuk menghindari brush mark. Cat Biovarnish cepat mengering jadi jangan terlalu lama mengaplikasikan.
  5. Jika telah merata tunggu kering selama 60 menit. Setelah kering lanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas setelahnya. Jika warna kurang gelap dan merata lakukan aplikasi sekali lagi. Ulangi langkah kuas, kering dan amplas hingga mendapat warna yang diinginkan.
  6. Campurkan Biovarnish clear coat gloss dengan air. Gunakan perbandingan yang sama seperti wood stain. Proses aplikasi clear coat gloss kurang lebih sama dengan wood stain Anda hanya perlu menguaskan searah serat kayu. Anda bisa mengulangi proses aplikasi hingga dua kali lapisan setelah kering satu jam dan di amplas.
  7. Proses kering Biovarnish clear coat membutuhkan waktu semalaman. Setelah satu jam aplikasi clear coat Anda sudah bisa melepaskan semua isolasi secara perlahan. Pastikan tidak ada cat yang ikut mengelupas bersama dengan isolasi.

Artikel "Teknik Aplikasi"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH