Cara Mudah Mengecat Pintu dengan Pernis Kayu Kuas Biovarnish

Jika pengrajin sudah terbiasa mengecat kayu menggunakan pernis spray, maka para DIY tidak perlu mengikutinya. Apalagi bagi Anda yang belum pernah mengecat sama sekali. Bagi para pengrajin, mengecat adalah pekerjaan sehari-hari jadi kecepatan dan kerapian sudah tidak perlu diragukan lagi. Tapi bagaimana jika Anda harus mengecat pintu di rumah, apakah harus memanggil tukang untuk melakukannya?

Tentu saja tidak, karena Anda pun yang bukan pengrajin bisa melakukannya. Mengecat pintu bukanlah persoalan yang sulit dilakukan, cukup menggunakan pernis kayu yang bagus prosesnya bisa langsung dimulai. Alat yang digunakan juga tidak selalu harus alat semprot dengan kompresor. Anda bisa menggantinya dengan kuas karena sangat efektif dan praktis. Jika alat sudah ditentukan, saatnya memilih produk mana yang sebaiknya digunakan. Anda harus memilih produk pernis kayu yang bagus serta tahan lama. 

Di antara produk pernis, manakah yang sebaiknya digunakan? Anda bisa memilih Biovarnish clear coat sebagai lapisan pernis. Produk ini terkenal sangat aman karena bahan dasarnya adalah air. Jadi Anda tidak perlu khawatir soal keamanan penggunaannya sebagai DIY. 

Keunggulan Pernis Biovarnish : Mengecat Kayu Kuas

Sangat jarang menemukan produk pernis berkualitas yang saran penggunaannya adalah kuas. Rata-rata produk yang ada di pasaran adalah terbuat dari bahan solvent dan proses aplikasinya pun menggunakan alat semprot. Sehingga hasilnya akan lebih halus dan pintu memiliki tampilan transparan. 

Biovarnish tidak kalah dengan produk pernis solvent tersebut. Walaupun terbuat dari bahan dasar air,  perlindungan yang akan diciptakan sangat kuat. Cat akan membentuk lapisan keras tetapi tetap lentur sehingga mampu menyesuaikan perubahan bentuk dari pintu ketika cuaca panas dan dingin. 

Ditambah lagi dengan proses aplikasi kuas, memudahkan siapa saja yang menggunakan. Apakah hasil finishing dengan Biovarnish clear coat menggunakan kuas akan sempurna? Anda bisa melihat keunggulan hasilnya berikut ini:

  •  Tampilan halus dengan glossy 80%

Tingkat glossy mampu memperlihatkan tampilan halus pada sebuah pintu. Jika hasil pengecatannya bergelombang maka akan menurunkan tampilan kilap. Namun hal ini tidak akan terjadi jika Anda mengikuti proses pengecatan yang tepat. Biovarnish clear coat gloss mampu memberikan tampilan yang mengkilap hingga 85%. Jadi Anda akan mendapatkan pintu yang menarik. 

  • Warna transparan maksimal

Hasil pengecatan dengan kuas juga bisa menampilkan warna kayu yang asli. Transparansi yang didapatkan sangat tinggi bahkan tahan lama. Alasannya adalah pengaruh dari bahan dasar air yang mampu menghindari efek menguning karena paparan sinar UV terlalu sering. Warna kayu dan seratnya akan tetap terlihat bahkan tahan lama. 

  • Proses mengecat kayu menggunakan pernis yang cepat

Karena menggunakan kuas, Anda justru akan lebih cepat melakukan finishing. Tarikan kuas dari Biovarnish sangat ringan, ditambah lagi dengan proses pengeringannya yang sangat cepat. Dalam beberapa jam saja Anda pasti sudah bisa menyelesaikan beberapa lapis. Namun untuk kering benar, pintu perlu didiamkan selama 24 jam. 

  • Bebas brush mark

Bukan hanya soal kecepatan saja, ketika menggunakan Biovarnish Anda tidak perlu takut lagi akan bekas sapuan kuas atau brush mark. Tarikan kuas yang ringan juga akan membebaskan hasil finishing dari brush mark. Jadi dijamin, hasilnya tentu akan sangat halus dan juga rata.

Semua hasil ini akan Anda dapatkan jika mengecat pintu kayu dengan kuas bersama produk Biovarnish clear coat. Selama proses finishing ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan dengan seksama, mulai dari persiapan bahan dan alat hingga pengeringan setiap lapisannya. 

Tahap 1. Persiapan Bahan, Alat dan Media Pintu

Bahan dan juga alat adalah tahapan pertama yang harus dilakukan setelah itu mempersiapkan material yaitu pintu. Tanpa persiapan yang tepat, maka hasil finishing akan kasar dan tampilan glossy tentu saja akan menurun. Alat dan bahan yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut ini:

  1. Biovarnish clear coat gloss
  2. Kain katun bersih
  3. Kuas berbulu nilon
  4. Air
  5. Wadah untuk melarutkan cat
  6. Amplas 400
  7. Pengaduk

Apabila semua alat dan bahan sudah dipersiapkan, maka masuk ke dalam proses persiapan material yaitu pintu. Jika Anda ingin mengecat pintu dan kusen maka tidak perlu melepaskan pintu. Cukup berikan kain di bawah sela pintu untuk menjaganya tidak bergerak. Kemudian siapkan amplas kasar nomor 180 dan mulai mengamplas. 

Amplaslah dengan balok kayu, agar hasilnya tetap merata dan tidak merusak tekstur kayu. Amplas juga searah dengan serat kayu agar prosesnya lebih cepat. Setelah lapisan pernis lama hilang dan permukaan pintu halus, bersihkan semua debu dengan kain lap. 

Tahap 2. Melarutkan Biovarnish Clear Coat Glossy

Pada tahapan kedua ini, Anda tidak langsung mengecat namun melarutkan bahan terlebih dahulu. Proses pelarutan yang biasa dilakukan oleh pengrajin adalah menggunakan alat yang disebut NK2. Alat ini akan mengatur viskositas cat sudah tepat. Biasanya tetesan cat yang keluar dari alat ini harus mencapai viskositas 11-12 detik. 

Namun bagi Anda yang tidak memiliki alat ini jangan khawatir. Anda bisa melarutkan Biovarnish clear coat gloss dengan air ke dalam wadah dengan menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Anda bisa menggunakan sendok takar. 

Sesudah itu larutkan cat hingga benar-benar merata. Jangan sampai ada bahan yang mengendap, jadi akan lebih baik sebelum menguaskan Anda mengaduk terlebih dahulu. 

Tahap 3. Proses Mengecat Pintu Kayu Menggunakan Pernis

Saatnya mengecat pintu rumah, Anda sudah memiliki kuas dan juga larutan pernis. Proses pengecatan bisa dimulai dari bagian tengah pintu jangan dari pinggir agar bisa merata. Carilah arah serat terlebih dahulu kemudian mulai dari bagian atas. Seret kuas dengan sudut 45 derajat dan tarik ke kanan atau ke kiri sesuatu serat.

Jangan terlalu ditekan, tetapi tarik saja dengan ringan. Cat akan tetap menyerap ke permukaan pintu. Lanjutkan proses yang sama hingga semua pintu terlapisi dengan pernis kayu. terakhir adalah dengan mengecat bagian sikut pintu barulah pekerjaan selesai. 

Tahap 4. Pengeringan Pintu yang Tepat

Anda bisa memberikan dua lapisan clear coat atau dua tergantung kebutuhan. Jika sekitarnya pintu setiap hari terpapar panas ada baiknya untuk memberikan dua lapisan. Caranya, tunggu kering clear coat lapisan pertama selama 60 menit. Setelah itu amplas permukaannya dengan amplas 400 dan bersihkan debu amplas. 

Aplikasikan larutan clear coat kembali dengan langkah yang sama seperti lapisan pertama. Kali ini proses pengeringannya membutuhkan waktu lebih lama yaitu 24 jam. Diamkan saja pintu kayu selama semalaman karena setelah 1 jam saja, pintu sudah memasuki waktu kering sentuh. 

Pintu yang sudah kering selama 24 jam sudah dapat digunakan seperti semula. Artinya proses mengecat pintu rumah sendiri sudah selesai Anda lakukan. Cukup mudah dan cepat bukan, jadi Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang lebih untuk membayar tukang hanya untuk mengecat pintu di rumah. 

Artikel "Teknik Aplikasi"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH