5 Langkah Cara Mengecat Kayu agar Mengkilap Sempurna Warna Solid

Tidak ada lapisan cat yang baru untuk mencerahkan furniture lama tanpa adanya efek mengkilap. Ketika mengecat terlihat sangat mudah seperti yang banyak Anda dapatkan dari beberapa pencarian di internet. Terdapat berbagai macam tips dan trik mengecat tanpa harus menggunakan primer bahkan mengamplas.

Menghemat waktu finishing bisa saja dilakukan namun bukan berarti melewati langkah penting seperti pengamplasan dan aplikasi primer. Cara finishing yang instan tentu akan menghasilkan tampilan yang instan dan belum tentu sempurna.

Apabila Anda mencari kesempurnaan dalam finishing furniture kayu agar mengkilap ketahui langkah penting apa saja yang wajib dilakukan. Masalah utama yang sering didapatkan para DIY ketika mengecat menggunakan kuas adalah bekas sapuan kuas.

Bahkan ketika Anda menggunakan roller maka busa dari cat berbentuk gelembung juga bisa muncul. Penekanan kuas atau roller pada bagian ujung furniture juga bisa menciptakan efek finishing yang tidak merata.

Saat ini cara finishing yang banyak dipilih adalah menggunakan cat spesial yang disebut sebagai chalk paint. Hasilnya memang menakjubkan dan cocok bagi Anda yang menginginkan tampilan furniture matte.

Namun pada artikel kali ini finishing yang ingin dicapai adalah finishing furniture gloss. Artinya tampilan mengkilap menjadi tujuan utama yang harus diperhatikan. Mendapatkan tampilan kilap yang tinggi, berapapun sheen level yang ditawarkan oleh jenis cat akan sempurna jika Anda mengikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Menciptakan permukaan yang datar. Sebagai salah satu persiapan furniture agar mengkilap pastikan permukaan kayu benar-benar datar. Kebersihan dan datar akan menjadi kunci utama cat bisa memantulkan cahaya hingga maksimal.
  2. Menggunakan cat gloss. Anda membutuhkan setidaknya pernis atau top coat yang memberikan tampilan gloss. High gloss kebanyakan didapatkan dari lacquer atau melamin, namun cat tersebut mudah menguning. Disarankan untuk menggunakan cat water based yang memiliki transparansi tinggi.
  3. Memilih warna cat cerah. Tampilan kilap akan sangat dirasakan jika Anda memilih warna cat yang solid terang. Misalnya saja seperti warna putih, kuning atau hijau. Warna tersebut akan ikut meningkatkan tingkat kilap.
  4. Aplikasi dengan alat semprot. Menghindari bekas sapuan kuas atau bubble sebaiknya Anda mengaplikasikan cat dengan alat semprot. Larutan cat yang tepat dan tekanan angin akan membantu cat mudah menempel dengan rapi pada pori kayu.

Mengikuti keempat tips di atas, dapat dipastikan hasil finishing yang Anda dapatkan akan mengkilap dengan sempurna. Selanjutnya adalah cara finishing furniture kayu agar bisa memiliki tampilan kilap yang sempurna.

Bagi Anda para DIY dan sering gagal, sebaiknya gantilah jenis cat yang digunakan dengan Bioduco. Cat ini adalah cat kayu water based yang bisa diaplikasikan dengan alat semprot untuk hasil mengkilap.

Bahan pelarut air dan varian kemasan kecil yang tersedia akan menghemat proses finishing Anda. Sangat cocok digunakan oleh DIY pemula hingga profesional. Bagaimana cara aplikasinya? Anda bisa mengikuti lima langkah berikut ini.

  • Persiapan furniture

Jika Anda akan mengecat furniture lama maka lepaskan semua perangkat keras yang masih menempel. Sisihkan dan simpan dalam wadah khusus, Anda akan memasangnya kembali setelah cat mengering.

5 Langkah Cara Mengecat Kayu Agar Mengkilap Sempurna

Bersihkan lapisan cat lama dengan paint remover. Ikuti petunjuk yang tertera dalam kemasan paint remover. Bahan kimia tersebut tentu tidak akan menghilangkan cat lama secara maksimal. Maka Anda harus melanjutkannya dengan proses pengamplasan.

Amplas permukaan kayu hingga maksimal dan tidak ada lapisan cat lama yang masih menempel. Gunakan amplas kasar dan mesin amplas agar pekerjaan cepat selesai.

  • Memperbaiki cacat furniture

Bersihkan debu amplas kemudian isilah lubang yang rusak pada furniture dengan Bioduco wood putty. Dempul kayu ini akan mengisi permukaan kayu dengan sempurna. Isikan cacat pada kayu dan jangan lubang sekrup yang digunakan untuk perangkat keras.

Dempul Plamir Kayu Putih

Gunakan pisau palet dan tekan dempul hingga ke dasar lubang. Lanjutkan dengan pengeringan tanpa dijemur. Apabila sudah kering, lanjutkan dengan pengamplasan. Gunakan amplas nomor 240, untuk hasil lebih halus manfaatkan mesin amplas.

Terakhir bersihkan debu amplas, Anda bisa menggunakan vakum jika furniture kayu berukuran besar. Manfaatkan juga kain katun yang telah dibasahi atau kain microfiber. Debu akan terangkat sempurna.

  • Mengaplikasikan primer

Primer coat sangat penting karena berfungsi untuk menutup warna dan serat kayu aslinya. Bioduco primer coat memiliki warna putih yang akan menjadi cat dasar kayu terbaik. Hasil warna putihnya akan memberikan tampilan tajam untuk warna solid di atasnya.

5 Langkah Cara Mengecat Kayu Agar Mengkilap Sempurna

Campurkan Bioduco primer coat dengan air hingga mencapai larutan dengan viskositas 11-12 detik NK2. Tuangkan larutan ke dalam tabung spray kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kayu secara cross spray.

Tunggu lapisan mengering tanpa dijemur selama 60 menit kemudian amplas ambang dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas, apabila warna kayu dan seratnya masih terlihat aplikasikan primer sekali lagi.

  • Aplikasi cat duco

Seperti yang telah dijelaskan, bahwa pilihan warna terang akan membuat furniture tampak mengkilap dengan sempurna. Bioduco solid color menyediakan 24 warna solid dan Anda bisa memilih warna terang seperti putih. Adapun warna hijau, biru dan kuning.

5 Langkah Cara Mengecat Kayu Agar Mengkilap Sempurna

Cara aplikasinya adalah mencampurkan Bioduco solid color dengan air hingga mendapat larutan viskositas 11-12 detik NK2. Tuang cat ke dalam alat semprot, kemudian semprotkan cat ke seluruh permukaan kayu.

Setelah rata tunggu kering selama 60 menit tanpa dijemur di bawah sinar matahari langsung. Amplas permukaan furniture kayu yang sudah kering dengan amplas 400. Setelah itu bersihkan, jika warna kayu masih kurang tajam Anda bisa mengaplikasikan cat kembali.

  • Mengaplikasikan cat gloss

Inilah saatnya untuk Anda mendapatkan hasil mengkilap dengan Bioduco top coat gloss. Sheen level yang dihasilkan adalah 85%, jika persiapan yang tadi dilakukan dengan sempurna maka tampilan mengkilap dapat dicapai secara maksimal.

5 Langkah Cara Mengecat Kayu Agar Mengkilap Sempurna

Proses aplikasi dimulai dengan mencampurkan Bioduco top coat gloss dengan air hingga mendapat viskositas 11-12 detik NK2. Tuang larutan top coat ke dalam tabung spray kemudian semprotkan secara merata.

Diamkan furniture selama 60 menit kemudian amplas ambang dengan amplas 400 kembali. Bersihkan debu amplas kemudian semprotkan cat top coat gloss lagi. Lapisi hingga semuanya tertutup. Tunggu selama semalaman hingga kering benar.

Esok harinya Anda baru bisa memasang perangkat keras setelah cat mengeras. Hasilnya cat akan menemukan gloss yang sempurna. Didukung dengan warna putih bersih secara maksimal.

Ketika Anda akan mengaplikasikan cat warna putih dan warna terang lainnya, pastikan kertas amplas yang digunakan selalu diganti. Jangan gunakan kertas amplas yang sama setelah digunakan mengamplas warna lainnya.

Serbuk warna cat lainnya dapat bercampur dengan lapisan cat yang berwarna putih. Pastikan juga ruangan tetap bersih walaupun memiliki ventilasi udara yang baik. Debu sedikit saja dapat menempel pada lapisan cat warna putih yang masih basah.

Tips terakhir adalah pastikan alat semprot Anda telah dibersihkan dengan baik agar tidak terjadi penyumbatan atau campuran warna cat sebelumnya.

baca juga : cara mengecat pintu kayu yang benar

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH