Cara Mengecat Triplek agar Mengkilap dengan Mudah Warna Apapun

Memiliki furniture yang terbuat dari triplek di rumah? Bingung hasil finishing apa yang sebaiknya digunakan? Sebagai panduan, Anda sebaiknya memilih produk bahan finishing yang tepat sesuai hasil yang diinginkan.

Hasil paling mudah untuk didapatkan adalah mengkilap. Finishing mengkilap pada furnture yang terbuat dari triplek bisa didapatkan menggunakan cat water based. Mengapa finishing mengkilap?

Tampilan mengkilap disebut juga dengan glossy. Artinya sheen level yang diberikan akan memantulkan cahaya yang cukup tinggi yaitu sekitar 85%. Pantulan cahaya inilah yang perlu didapatkan untuk menentukan apakah triplek Anda mengkilap.

Cara khusus perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil furniture mengkilap sempurna. Selain itu banyak juga keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan cat yang membuat furniture mengkilap.

Berikut ini beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan memilih hasil finishing gloss.

  • Cocok digunakan pada area lembab
Cara Mengecat Triplek Agar Mengkilap Dengan Mudah

Dapur dan kamar mandi adalah ruangan yang memiliki kelembaban dengan tinggi. Mengapa ruangan lembab membutuhkan furniture dengan tampilan mengkilap? Pertama adalah untuk melindungi triplek dari kelembaban. Fungsi kedua adalah untuk lebih mudah dibersihkan.

  • Cocok untuk benda yang sering digunakan

Furniture yang sering digunakan seperti meja tempat bermain anak, kursi, dan meja belajar adalah benda yang membutuhkan cat dengan tampilan mengkilap. Sama seperti fungsinya untuk menahan kelembaban, cat akan menahan dari kerusakan goresan akibat penggunaan yang tinggi.

  • Memberikan aksen pada furniture

sangat penting memberikan dekorasi dengan warna, namun warna akan menjadi lebih menarik dengan adanya tampilan mengkilap. Sifat terang yang diberikan furniture berasal dari pancaran cahaya yang dihasilkan oleh furniture mengkilap. Tampilan ini akan memberikan efek baik itu natural atau ilusi artificial.

  • Mencerahkan ruangan

Sama fungsinya untuk memberikan aksen, furniture triplek yang mengkilap akan memberikan tampilan yang mencerahkan ruangan. Anak-anak akan suka dengan ruangan yang terang dan cerah membuat mereka akan selalu bersemangat.

Inilah keuntungan Anda memilih tampilan mengkilap untuk finishing triplek. Tentu saja pilihan ini akan membuat Anda memiliki furniture dari triplek yang akan terlihat mahal.

Pilih Warna Solid atau Natural?

Menggunakan tampilan mengkilap seringkali membuat dilema untuk pilihan warna yang sebaiknya digunakan. Apakah Anda akan menggunakan warna natural atau warna solid. kedua pilihan warna ini ditentukan oleh manakah warna yang sesuai dengan gaya rumah.

Kedua warna memiliki pilihan yang sama-sama menarik dan memiliki efek tersendiri. Berikut ini tips untuk memilih warna yang tepat.

  • Kesan alam

Jika Anda ingin mendapatkan kesan alam dalam rumah, maka pilihlah warna natural untuk finishingnya. Kesan alam ini akan memberikan kesan segar dan hangat. Anda bisa menggunakan warna kayu seperti jati untuk finishing triplek di rumah.

  • Sering mengganti gaya

Anda sering mengganti gaya ruangan tapi tidak ingin boros? Maka pilihlah warna netral. Warna netral yang mudah digunakan adalah warna natural kayu. Secara umum warna ini bisa dipadukan dalam berbagai gaya mulai dari gaya klasik hingga modern.

  • Menggunakan gaya minimalis

Warna apa yang sering digunakan pada gaya minimalis? Tujuan dari gaya minimalis adalah untuk memperlihatkan ruangan yang lebih luas. Jadi pilihan warna solid seperti putih atau hitam sering digunakan.

  • Furniture anak-anak
Cara Mengecat Triplek Agar Mengkilap Dengan Mudah

Anda akan menggunakan cat untuk furniture anak? Maka warna terang dan cerah akan menjadi pilihan terbaik. Warna-warna ini hanya bisa Anda dapatkan pada opaque color. Seperti warna merah, kuning, hijau dan lainnya.

Jadi manakah warna yang akan Anda gunakan? Banyak warna menarik yang bisa Anda gunakan untuk finishing furniture dari triplek di rumah.

Cara Mendapatkan Finishing Mengkilap pada Triplek

Jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing yang mengkilap maka persiapan finishing adalah bagian yang sangat penting. Tanpa persiapan yang tepat, sangat sulit mendapatkan pantulan cahaya yang maksimal.

Syarat utama dari finishing mengkilap maksimal adalah permukaan triplek yang rata dan datar. Artinya jika terdapat cacat maka Anda harus memperbaikinya dengan dempul kayu. Soal mengecat Anda harus menggunakan cat kayu water based.

Cat water based adalah cat yang aman dan ramah lingkungan karena rendah kandungan logam berat. Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan cat demi kesehatan.

Perbaikan cacat pada triplek yang akan dicat dengan warna solid sebaiknya menggunakan wood putty water based. Wood putty adalah dempul kayu yang memiliki dua pilihan warna yaitu putih atau abu-abu. Anda bisa memilihnya sesuai dengan hasil finishing yang diinginkan.

Perbaikan yang digunakan untuk finishing triplek warna natural adalah wood filler. Filler water based akan menutup cacat dengan sempurna dengan warna natural kayu seperti jati dan mahoni. Anda bisa menutupnya dengan warna wood stain setelah menggunakan wood filler.

Permukaan triplek yang rata selain dari pendempulan juga bertumpu pada pengamplasan. Cara mengamplas triplek yang benar secara manual adalah menggunakan balok kayu. Balok akan menghasilkan tekanan yang merata sehingga tidak ada permukaan yang melengkung.

Kilap pada triplek akan maksimal jika Anda menggunakan top coat gloss. Pastikan bahan finishing yang Anda gunakan adalah cat yang memiliki sheen level mencapai 85%. Tanyakan pada pemilik toko atau sales manakah jenis cat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara mengecat triplek juga perlu diperhatikan mulai dari alat, proses pengeringan, ruangan mengecat dan teknik finishing yang digunakan.

baca juga : cara mengecat pintu kayu warna putih

Langkah-Langkah Finishing Furniture Triplek Mengkilap

Setelah melakukan persiapan yang tepat, maka langkah Anda selanjutnya adalah untuk pengecatan. Proses pengecatan yang dilakukan tidak jauh berbeda pada umumnya. Alat yang digunakan sebaiknya adalah alat semprot.

Cara Mengecat Triplek Agar Mengkilap Dengan Mudah

Finishing dengan alat semprot akan membantu permukaan yang lebih datar karena tidak ada bekas sapuan kuas. Berikut ini beberapa langkah yang perlu dilakukan:

  • Aplikasikan sanding sealer untuk finishing natural atau cat primer untuk hasil solid. Jika menggunakan cat water based campurkan bahan tersebut dengan air. Semprotkan merta ke seluruh permukaan kayu.
  • Apabila lapisan pertama mengering, amplas secara ambang dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas.
  • Aplikasikan cat duco untuk finishing warna solid atau wood stain untuk hasil finishing natural. Campurkan dengan air bagi Anda yang menggunakan cat water based. Semprotkan merata ke seluruh permukaan.
  • Tunggu lapisan mengering dan amplas ambang. Jika warna kurang sesuai aplikasikan sekali lagi kemudian amplas. Lanjutkan dengan membersihkan debu amplas.
  • Aplikasikan top coat gloss yang telah dicampur dengan air. Semprotkan merata ke seluruh permukaan triplek.
  • Proses pengeringan lapisan akhir membutuhkan waktu selama 24 jam.

Hasil finishing yang rapi tergantung dengan bagaimana Anda melakukan finishing. Menjaga kebersihan sangat penting agar debu tidak menempel pada lapisan cat yang basah.

Anda bisa mengaplikasikan top coat dua kali lapisan. Hanya saja setelah kering selama satu jam Anda harus mengamplas terlebih dahulu. Proses pengamplasan bisa dilakukan secara ambang dan bersihkan debu amplas.

Aplikasikan top coat glossy sekali lagi dan tunggu kering selama semalaman.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH