Mengenali Perbandingan Cara Finishing Politur dengan Spray dan Kuas

Woodworkers memimpikan hari ketika mereka dapat meninggalkan pad atau sikat mereka dan meraih pistol semprot. Memang, untuk mencapai tampilan ruang pamer yang terasa sebagus yang terlihat, dan terutama dengan potongan furnitur yang lebih besar, penyemprotan dapat membuktikan pilihan terbaik Anda untuk menerapkan warna yang konsisten dan hasil kerja keras untuk menguncinya.

Namun sebelum Anda mengambil langkah besar, ketahui apa yang harus dicari sehingga Anda dapat mencocokkan sistem pistol semprot dengan jenis woodworking yang Anda lakukan, jumlah waktu yang Anda rencanakan untuk menyelesaikan semprot, dan anggaran Anda. Kabar baiknya adalah jika Anda memiliki kompresor yang mumpuni, Anda bisa mendapatkan semprotan-finishing kecil. Di ujung lain spektrum, untuk orang yang menginginkan sistem semprot bertenaga turbin top-of-the-line, Anda dapat membayar lebih dari 13 juta.

Apa perbedaannya, apa yang Anda dapatkan dari uang ketika Anda membelanjakan lebih banyak, dan sistem apa yang terletak di antara ekstrem? Berikut adalah tampilan representatif pada beberapa sistem senapan semprot HVLP dan pilihan yang paling penting.

HVLP adalah singkatan dari high-volume low-pressure dan berhubungan dengan sistem spray-finishing yang bergantung pada fan atau gaya vakum blower motor atau udara terkompresi untuk memindahkan pewarna, noda, atau menyelesaikan cairan dari pot atau cangkir melalui jarum / nozzle dan ke proyek.

Dikombinasikan dengan pistol semprot yang tepat, sistem ini dapat memberikan atomisasi cairan yang lebih halus menggunakan lebih sedikit tekanan, yang menghasilkan pengurangan overspray (lebih sedikit partikel di udara). Ini, pada gilirannya, berarti lebih banyak produk akhir yang melekat ke permukaan dibandingkan dengan sistem semprot tekanan tinggi yang lebih tua. Senjata semprot “konversi” HVLP saat ini memungkinkan Anda terhubung ke kompresor untuk mencapai hasil yang serupa.

Jadi mengapa menambahkan sistem pistol semprot ke loker finishing Anda? Hitung keuntungannya dibandingkan dengan aplikasi dengan kuas:

    Perbandingan Cara Finishing Politur Dengan Spray Dan Kuas
  • Penyemprotan menawarkan tingkat kecepatan dan kontrol yang tidak mungkin untuk dicocokkan dengan menyikat gigi atau padding.
  • Penyemprotan memungkinkan Anda menambahkan mantel warna dan bergerak dari warna yang lebih terang ke gelap untuk tampilan yang diinginkan secara keseluruhan. Kemudian memungkinkan Anda mengunci warna dengan lapisan atas yang jelas yang tidak mengganggu warna secara mekanis di bawahnya dengan cara menyikat gigi dan padding.
  • Ini memungkinkan Anda melapisi sudut dan celah dengan lebih baik dan lebih mudah, serta butiran keras dan lunak yang berdekatan di bagian-bagian kayu.
  • Mengurangi blotchiness yang terkait dengan menyikat atau membersihkan noda pada beberapa kayu.
  • Ini mengurangi penggelapan yang dapat terjadi pada pori-pori kayu saat menyikat atau menyeka noda.
  • Penyemprotan menghindari bekas kuas, goresan, gelembung, atau sisa rambut sikat.
  • Kecepatan penyemprotan memungkinkan Anda mengikuti noda dan finishing berbasis air cepat kering.

Yang mengatakan, trade-off memang ada, dimulai dengan biaya peralatan awal penyemprotan. Kemudian ada kebutuhan untuk bilik semprot untuk mengandung penyemprotan yang berlebihan, dan ventilasi yang baik, terutama ketika menggunakan produk berbasis pelarut. Dibandingkan dengan menyikat, penyemprotan mengharuskan Anda memakai respirator yang disetujui secara kimia untuk mencegah zat padat yang masuk ke udara masuk ke paru-paru. Akhirnya, membersihkan pistol semprot dan pot membutuhkan waktu lebih lama dari sikat cleanup sederhana.

Memilih Jenis Politur yang Tepat untuk Aplikasi Spray

Kini Anda akan memutuskan untuk menggunakan spray system untuk finishing lalu apa jenis politur yang akan Anda gunakan? Jika Anda memutuskan untuk menggunakan spray maka jenis politur yang disarankan adalah plitur water based.

Sebeanrnya baik untuk finishing spray maupun kuas politur water based memiliki kelebihan yang baik untuk hasil penampilan maupun untuk hasil perlindungan. Politur water based memberikan hasil finishing warna transparan yang tidak akan menguning di masa depan.

Keuntungannya jika Anda mengaplikasikan politur water based pada spray system maka larutan politur akan lebih mudah merekat dengan baik dan keluar dari spray lancar bebas hambatan. Viskositas dari bahan water based lebh halus dibandingkan dengan solvent based.

Selain itu penggunaan water based politur dengan spray system tidak akan menibulkan polusi udara. Sebelumnya bagi Anda yang mengaplikasikan politur solvent dengan spray maka perlu banyak perlindungan tubuh untuk digunakan guna melindungi kesehatan dari menghirup kandungan solvent yang menyebar pada politur.

Nah hal itu tidak akan terjadi jika Anda mengaplikasikan water based politur. Bahan dasar dan bahan pelarut airnya akan membuat proses aplikasi menjadi lebih baik dan juga menjadi lebih mudah ketika digunakan. Anda tidak perlu merasa kahwatir dan takut akan pencemaran lingkungan akibat penggunaan politur.

baca juga : jenis spray gun yang bagus untuk finishing kayu

Membantu kesehatan lingkungan, hasil yang diberikan politur water based juga sangat memuaskan. Aplikasi dengan spray mudah selain itu perlindungan akan ketahanan dari cuaca panas dan hujan akan membuat Anda menjadi lebih mudah untuk menggunakannya pada furnitur luar maupun dalam rumah.

Lalu tunggu apalagi, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini untuk proses aplikasi politur water based.

  1. Anda perlu mempersiapkan permukaan kayu terlebih dahulu. Amplas permukaan dengan amplas bertahap. Gunakan amplas dengan nomor 100 dan bertahap untuk beralih pada amplas nomor 150 hingga permukaan berubah menjadi halus. Kayu akan berubah menjadi lebih mudah untuk bahan finishing merekat.
  2. Jika permukaan kayu sudah siap dan sudah diamplas dan berish maka Anda bisa melapisi terlebih dahulu dengan cat dasar kayu. Lapisan ini akan memperkuat lapisan politur dan membuat lapisan film yang kuat. Anda bisa menggunakan sanding sealer yang merupakan cat dasar kayu dengan warna transparan. Pilih sanding sealer water based, campurkan dengan air dan mulai semprotkan ke seluruh permukaan kayu. Tunggu lapisan mengering dengan benar dan mulai amplas kembali secara ambang. Ghunakan amplas nomor 400. Pengamplasan berfungsi untuk menimbulkan goresan dan mempermudah untuk lapisan politur melekat dengan baik.
  3. Setelah pengamplasan selesai maka Anda siap untuk melakukan finsihing dengan politur. Campurkan politur water based dengan air sesuai dengan petunjuk pada kemasan. Aduk rata dan masukan ke dalam tabung spray, aplikasikan secara merata ke seluruh permukaan kayu. Tunggu lapisan politur mengering selama 24 jam. Apabila Anda ingin memberikan lapisan politur kembali maka Anda bisa menunggu 60 menit dan amplas ambang dengan amplas 400 kemudian aplikasikan politur kembali. Baru setelah itu didiamkan selama semalaman.

baca juga : cara mengecat pintu kayu dengan politur

Kini Anda sudah mendapatkan substrat kayu yang dilapisi dengan politur dan memiliki warna transparan. Untuk politur water based Anda bisa memilih hasil akhir mengkilap atau tidak dengan memilih gloss atau matte. Setelah sekali aplikasi ini Anda bisa berlatih terus menerus hingga berhasil menguasai penggunaan spray gun dengan politur dan beralih menggunakan bahan cat lainnya.

Jangan lupa untuk membersihkan spray gun dan mencuci tabung menggunakan air. Pastikan Anda membersihkan sehingga tidak terjadi sumbatan.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH