Trik Mengecat Pagar Kayu dengan Cepat dan Mudah untuk Pemula

Setiap hari pagar rumah selalu mendapatkan kerusakan yang diakibatkan oleh kelembaban, serangga dan elemen perusak lainnya. Sebuah lapisan coating akan melindungi pagar dan menciptakan lapisan protektif yang cantik.

Banyak produk cat yang bisa digunakan untuk memberikan proteksi tersebut tergantung dengan hasil tampilan yang Anda inginkan. Bagi kayu, tampilan natural lebih banyak dipilih karena mampu memperlihatkan keindahannya.

Secara umum, tampilan dari kayu natural yang sudah dilapisi lapisan coating ada dua yaitu alami dan diberikan warna dari wood stain. Apabila Anda memilih untuk pagar dengan tampilan alami maka cukup menggunakan pernis atau clear coat saja sudah cukup.

Efek sampingnya adalah jika Anda menggunakan jenis kayu yang terang maka pagar akan tampak pucat. Sedangkan jika Anda memilih tampilan pagar dengan wood stain setidaknya kayu akan memiliki tampilan berbeda. Warna kayu akan bertahan namun lebih indah.

Apapun hasil yang Anda inginkan, proses mengecat pagar lebih cepat dan mudah tidak terlepas dari persiapan, pengecatan dan pengeringan. Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Persiapan Pengecatan Pagar Kayu

Apakah yang harus dipersiapkan dalam mengecat? Bukan hanya sekedar menyiapkan alat dan juga bahan. Faktor waktu, teknik dan persiapan lainnya akan sangat berpengaruh. Pagar seperti apakah yang hendak Anda finishing? Apakah Anda akan mengecat pagar baru atau lama.

Jika Anda hendak mengecat pagar lama maka proses menghilangkan lapisan coating lama diperlukan. Jika tidak pengamplasan sudah dapat mewakili persiapan. Apa saja persiapan yang perlu diperhatikan? Ikuti pembahasannya berikut ini.

Memilih Waktu yang Tepat untuk Mengecat

Jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing yang cepat pastikan apakah cuaca bekerja sama dengan baik. Melakukan proses pengecatan di ruang terbuka membuat Anda harus mengetahui cuaca pada hari tersebut.

Hindari mengecat pada saat musim hujan. Cat tidak akan mengering dan paling parah jika saat mengecat turun hujan. Cat juga tidak akan mengering dalam suhu yang terlalu lembab. Biasanya suhu normal seperti 22 derajat Celcius adalah suhu normal yang dibutuhkan.

Jika Anda mengecat dengan cat solvent, maka suhu yang lebih tinggi lagi dibutuhkan. Cat solvent hanya dapat mengering sempurna pada kondisi cuaca yang panas. Jika Anda mengecat pada suhu yang terlalu rendah akan muncul efek mengembun pada lapisan clear coat.

Berbeda jika Anda menggunakan cat water based. Walaupun suhu udara cukup rendah, cat akan mengering dengan sempurna tanpa efek buruk lainnya. Cat akan tetap mengering dengan cepat dan tahan lama.

Pemilihan Produk Bahan Finishing

Pemilihan produk coating juga sangat berpengaruh. Cat kayu untuk pagar yang disarankan di sini adalah Biovarnish. Cat ini bisa memberikan warna alami atau dengan wood stain. Jika Anda ingin mendapatkan hasil alami cukup menggunakan Biovarnish sanding sealer kemudian Biovarnish clear coat.

Produ-Biiovarnish-liquid-stain

Apabila Anda ingin mendapatkan hasil berbeda dengan warna kayu lebih tajam, maka gunakan juga Biovarnish liquid stain. Bahan finishing ini akan membawa warna kayu lebih apik dengan 20 pilihan warna natural. Setelah mengaplikasikan liquid stain Anda bisa memberikan clear coat sebagai perlindungan akhir.

Produk Biovarnish dipilih karena memiliki proses pengeringan lebih cepat dibandingkan dengan yang lainnya. Cat akan mengering dengan baik pada suhu sekitar 20 derajat celcius dan tetap sempurna. Inilah mengapa alasan Anda harus menggunakannya.

Pemilihan Alat untuk Mengecat

Setelah memilih bahan dan menentukan cuaca atau suhu selanjutnya adalah alat. Pemilihan alat sangat penting untuk menentukan teknik finishing seperti apakah yang akan Anda gunakan. Sebagai asumsi Anda akan menggunakan produk Biovarnish maka jenis alat yang cocok digunakan adalah kuas.

Cat water based hanya bekerja dengan alat kuas berbulu nilon. Kuas tersebut tidak akan menyerap terlalu banyak air dan menyalurkannya pada permukaan kayu dengan halus. Pilih jenis kuas nilon yang mahal dan bukan yang murah.

Ikatan setiap bulu pada kuas dengan harga mahal lebih baik. Anda tidak perlu takut dengan kuas yang bulunya mudah rontok. Bahkan kuas akan lebih mudah diaplikasikan dan Anda bisa menggunakannya berulang kali.

Ukuran kuas yang sebaiknya digunakan menyesuaikan dengan bentuk pagar. Kuas 5 ini biasanya menjadi pilihan yang terbaik. Kuas tersebut cepat untuk menjangkau area pagar yang luas. Kuas juga bisa digunakan untuk bagian kecil dengan cara vertikal.

Pengamplasan Pagar Kayu

Semua alat, bahan dan cuaca sudah tersedia lengkap. Kini saatnya untuk Anda mengamplas permukaan kayu sebelum proses pengecatan dimulai. Pengamplasan bisa menyesuaikan dengan permukaan pagar kayu. Jika terlalu kasar mulailah dengan kertas amplas nomor 150.

Menggunakan alat orbital sander sangat membantu Anda mempercepat waktu dibandingkan cara manual. Mesin amplas akan membersihkan seluruh bulu kayu dengan cepat dan pastikan searah dengan arah serat kayu. Amplas juga harus sering diganti.

Cobalah untuk meraba permukaan kayu, apabila terdapat permukaan yang sudah mulai halus ganti amplas dengan grit nomor 180 yang lebih halus. Penggantian kertas amplas ini dibutuhkan agar permukaan menjadi lebih halus terus menerus dan siap untuk dicat.

Kertas amplas yang digunakan maksimal adalah nomor 220. Pada tahapan akhir cobalah untuk meraba permukaan kayu. Jika sudah halus maka hentikan pengamplasan dan bersihkan debu amplas dengan kain.

Pengecatan Pagar Kayu dengan Cepat dan Mudah

Pagar kayu sudah siap untuk dicat, proses pengecatan bisa dilakukan dengan tiga tahapan yaitu sanding sealer, liquid stain kemudian clear coat. Menggunakan langkah ini artinya Anda harus memilih warna liquid stan terlebih dahulu. Pastikan warna yang dipilih sesuai dengan warna rumah dan suasana yang ingin dicapai.

Jangan lupa untuk tutup bagian yang tidak ingin terkena cat. Walaupun Anda menggunakan kuas, cat bisa saja mengenai jendela atau kusen. Jadi sebaiknya tutup bagian tersebut dengan plastik atau koran secara rapat.

Aplikasi Biovarnish Liquid Stain

Campurkan Biovarnish liquid stain dengan air dan dapatkan viskositas 11-12 detik NK2. Biasanya menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk merata dalam wadah berbeda, kemudian kuaskan cat dengan kuas ke seluruh permukaan pagar. Lakukan searah dengan serat kayu.

Lanjutkan dengan proses pengeringan selama satu jam kemudian baru amplas secara ambang dengan amplas nomor 400. Jika warna dari liquid stain jurang gelap Anda bisa mengaplikasikannya sekali lagi dengan cara yang sama.

Aplikasi Biovarnish Sanding Sealer

Campurkan Biovarnish sanding sealer dengan air hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik NK2. Kuaskan sanding sealer ke seluruh permukaan pagar kayu hingga rata. Kuaskan searah dengan serat kayu agar hasilnya halus.

Tunggu lapisan kering selama satu jam kemudian amplas permukaan kayu hingga halus secara ambang. Gunakan amplas nomor 400 baru bersihkan debu amplas dengan kain bersih.

Aplikasi Biovarnish Clear Coat

Pilih clear coat gloss yang akan memberikan warna lebih tahan lama. Campurkan clear coat dengan air kemudian aduk merata baru kuaskan secara merata ke seluruh permukaan kayu. Lakukan hingga rata baru tunggu kering selama semalaman.

Clear coat akan memberikan perlindungan pada pagar kayu lebih dari tiga hingga lima tahun. Jika ingin mendapatkan tampilan alami, cukup aplikasikan sanding sealer dan top coat saja.

Artikel "Teknik Aplikasi"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH