Cara Finishing Kayu Natural Jati Belanda Untuk Furniture Tahan Lama

Jenis kayu jati belanda yang sedang ngetrend saat ini membuat Anda harus menampilkan warna natural. Cara finishing kayu natural jati belanda yang mudah bisa Anda temukan di sini.

Anda suka dengan finishing kayu warna natural? Dibutuhkan banyak pemilihan yang tepat untuk mendapatkan hasil finishing yang tepat. Terlebih lagi jika Anda melakukan finishing untuk kayu jati belanda. Jenis kayu jati belanda memiliki warna yang sangat berbeda dibandingkan dengan jenis kayu lain yang terkenal seperti kayu jati dan juga kayu mahoni.

Jenis kayu jati belanda ini memiliki warna yang cerah cenderung kekuningan. Sedangkan kayu mahoni cenderung kemerahan dan kayu jati cokelat tua atau cokelat muda. Kayu jati belanda saat ini sangat digandrungi oleh para penghobi atau pelaku industri furniture. Ada banyak faktor yang membuat kayu jati belanda banyak disukai yaitu karena harganya yang murah, karena stoknya masih banyak di dapatkan dan juga kayu jati belanda mudah untuk dibuat.

Kayu jati belanda mudah untuk dibentuk karena termasuk katagori softwood dimana kayu tidak terlalu kerasa sehingga sangat mudah dipotong dan dibentuk. Sayangnya jenis kayu jati belanda tidak bisa untuk furniture outdoor karena tidak tahan panas dan juga hujan. Tetapi Anda bisa menggunakannya sebagai furniture indoor dan juga home decor. Lalu bagaimanakah cara finishing kayu natural jati belanda? Apakah sulit dan bagaimanakah cara untuk mendapatkan warna benar-benar natural?

Pada zaman dahulu manusia menggunakan bahan alami untuk melakukan finishing berbagai macam jenis kayu. Manusia menggunakan bahan yang disebut dengan sheerlac atau plitur. Plitur ini terbuat dari resin serangga kemudian diolah untuk menjadi bahan pelapis furniture kayu. Cara finishing kayu natural pada zaman dahulu yang menggunakan plitur ini hingga saat ini masih juga digunakan. Tetapi hasil dari finishing menggunakan jenis plitur tersebut tidak terlalu bagus. Furniture akan mendapatkan satu jenis produk pelapis saja dan hasilnya adalah transparan sehingga warna asli dari kayu pun terlihat dengan baik. Tetapi untuk masalah ketahanan, tidak dapat menyaing jenis bahan finishing yang sudah modern saat ini. Modern ini ada banyak produk yang digunakan untuk mendapatkan lapisan film pelindung furniture yang baik yaitu mulai dari base coat, coloring dan juga top coat. Keemapat bahan finishing tersebut meliputi dempul kayu, wood stain dan juga clear coat yaitu plitur. Dempul berfungsi menutup pori-pori kayu agar tidak berfungsi menyerap kelembapan dan juga memberikan proteksi kayu terhadap jamur dan juga serangga. Sedangkan coloring adalah memberi warna kayu natural sehingga Anda mendapatkan kesempatan untuk mengubah warna asli kayu menjadi warna natural kayu yang lainnya. Sedangkan untuk top coat sediri adalah plitur yang memberikan lapisan terakhir dan juga memberikan perlindungan dengan lapisan film yang kuat. Nah untuk hasil warna natural Anda bisa menggunakan clear coat doff sehingga kayu seolah-olah tidak dilakukan finishing.

Cara Aplikasi Produk Finishing Modern Untuk Kayu Jati Belanda

Produk modern untuk ketiga tahapan finishing tersebut ada berbagai macam merk. Di sini Anda akan mendapatkan cara finishing kayu natural jati belanda menggunakan produk Biovarnish, yaitu produk cat water based yang sangat mudah untuk diaplikasikan, memiliki hasil warna yang sangat natural dan juga aman ramah lingkungan. Berikut tutorialnya:

Finishing Kayu Natural Jati Belanda
  1. Persiapkan media kayu yang sudah kering dengan MC kayu 12%, dimana kayu yang kering akan mengahalau tumbuhnya jamur setelah proses finishing selesai. Kayu juga harus bersih dari berbagai macam kotoran agar hasilnya bisa lebih halus dan juga rata. Kayu juga harus memiliki permukaan yang sudah diamplas rata.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler Ramin. Anda bisa mencampurnya dengan sedikit air untuk mengencerkannya kemudian usapkan ke seluruh permukaan kayu menggunakan kain katun kering dan bersih berwarna putih. Usapkan searah jarum jam hingga semua filler masuk ke dalam pori-pori kayu. Anda juga bisa mengaplikasikan tanpa kain yaitu dengan pisau scrape keseluruh permukaan kayu, jika menggunakan pisau scrape Anda tidak perlu mencampur wood filler dengan air. Setelah diaplikaskan rata tunggu kering sekitar 20 menit baru lakukan pengamplasan dengan kertas amplas no. 240 hingga halus. Amplas hingga serat kayu benar-benar terlihat. Jika masih banyak cacat kayu, Anda bisa mengaplikasikan dempul atau wood filler kembali.
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain Warna Yellow Ox atau Candy Brown. Atau Anda bisa memilih warna lain yang mendekati warna kayu jati belanda yang Anda inginkan. Campurkan Wood Stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk hngga rata. Aplikasikan dengan kuas searah searah serta kayu hingga rata dan tunggu kering dengan suhu ruangan sekitar 60 menit saja. Kemudan amplas dengan kertas amplas no. 400, lakukan pengamplasan ambang saja.
  4. Lapisan terakhir gunakan Biovarnish Clear Coat Doff. Campurkan Clear Coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk hingga rata kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Untuk kering sentuh membutuhkan waktu sekitar 20 menit sedangkan kering sempurna akan didapatkan setelah semalaman.

Faktor Penentu Finishing Kayu Jati Belanda Untuk Warna Natural

Jika Anda melihat cara finishing kayu natural jati belanda di atas maka sebenarnya tidaklah sulit. Tetapi mungkin ketika Anda mengaplikasikaannya dan mendapatkan hasil yang berbeda sangat mungkin terjadi. Agar Anda mendapatkan hasil finishing yang benar –benar natural, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pilihan Wood Filler

Dalam memilih warna wood filler Anda bisa salah. Tidak semua warna wood filler sesuai untuk kayu jati belanda. Anda harus memilih warna ramin atau warna yang mendekati warna kayu jati belanda. Jika Anda menggunakan warna mahoni maka hasilnya akan kemerahan. Sedangkan jika Anda memilih warna jati maka Anda akan mendapatkan warna yang lebih tua.

  1. Aplikasi Wood Stain

Warna kayu jati belanda adalah putih dan terkadang kekuningan, nah apabila Anda merasa kurang yakin dengan warna tersebut Anda bisa melihat color swatch dari produk cat yang akan Anda beli terlebih dahulu. Lalu lakukan aplikasi pertama tipis saja kemudian lihat hasilnya jika belum terlihat Anda bisa mengulangi tipis saja sekali lagi. Selau ingat apabila Anda melakukan pengecetan berulang kali warna apa saja yang Anda pilih akan terlihat semakin tua.

  1. Taknik pengamplasan
Cara Finishing Kayu Natural Jati Belanda Untuk Furniture Tahan Lama

Dalam mengamplas Anda harus memperhatikan tingkatan pengamplasana. Misalnya untuk pengamplasan wood filler, Anda harus mengampalas hingga serat kayu benar-benar terlihat. Jika Anda mengamplas ambang saja maka ketika dilapisi dengan wood stain warnanya bisa menjadi belang. Sedangkan untuk pengamplasan wood stain dan clear coat harus secara ambang saja agar cat tidak mengelupas semua. Karena tujuan pengamplasan adalah untuk membuka pori kayu agar penetrasi cat menjadi lebih baik.

  1. Penggunaan cat water based

Mungkin Anda sering mengalami warna kayu yang berubah menjadi kekuningan setelah finishing. Pasti Anda menggunakan cat solvent bukan? Jika Anda menggunakan cat solvent maka kemungkinan besar lapisan clear coat tidak memberikan warna transparan tetapi menimbulkan efek menguning. Ini disebabkan oleh kandungan formalin yang sangat tinggi. Anda bisa berlaih menggunakan cat water based yang tidak mengandung fomarlin sehingga tidak ada efek menguning.

Produk Cat Water Based Pilihan Untuk Hasil Warna Natural Untuk Kayu Jati Belanda

Jika Anda memperhatikan tips diatas dalam untuk mendapatkan hasil warna yang benar-benar natural untuk kayu jati belanda, maka Anda harus menggunakan cat kayu water based. Salah satu produk cat kayu water based yang rekomended tidak lain adalah cat kayu Biovarnish sesuai yang telah diterangkan pada bagian tutorial. Produk ini adalah cat kayu water based yang tidak mengandung formalin, merkuri, timbal dan bahan kimia berbahaya lainnya yang akan mempengaruhi kesehatan manusia sesuai yang telah diatur dalam standar regulasi ECHA (European Chemical Agency). Bahkan cara aplikasi yang menggunakan kuas ini akan memudahkan Anda apabila Anda bukan seorang profesional di bidang finishing karena tidak akan menimbulkan brush mark.

Untuk mendapatkan produk finishing Biovarnish ini Anda bisa mendapatkanya dengan mendatangi di UD Darmayatindo (pusat) alamat Jalan Tamansiswa km 1 Pekalongan Tahunan nomor telepon 0291-4297252 atau nomor 085-102-302-090. Anda juga bisa mendatangi di seluruh cabang UD Darmayatindo.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH