Pintu Eksterior dan Interior Mulai Kusam? Ini Cara Memperbaharuinya

Pintu yang kusam akan tampak jelas dari bagian luar rumah. Tampilan kusam akan menurunkan keindahan dari desain rumah. Anda mungkin mengecat pintu terakhir satu tahun yang lalu, jadi wajar saja jika tampilan kusam ini mulai muncul. Bagian luar pintu adalah yang paling cepat kusam karena bagian ini sering terkena sinar matahari. 

Sinar UV memberikan efek warna kayu cepat pudar sama halnya dengan clear coat. Lapisan cat yang diaplikasikan satu tahun lalu pasti sudah memudar. Pada saat inilah Anda harus memperbarui tampilan pintu menjadi apik kembali. Jika tidak, bukan hanya tampilan pintu saja yang kusam tetapi bagian lainnya juga akan rusak. 

Kerusakan ini muncul seiring dengan menipisnya lapisan cat. Perlu diingat bahwa cat dibutuhkan pintu bukan sekedar untuk penampilannya saja tetapi juga untuk perlindungan. Kelembaban yang menimbulkan jamur dan rayap serta pengeroposan dapat dicegah dengan lapisan coating. 

Ketika bagian pintu yang kusam hanyalah luarnya saja, Anda harus melakukan pengecekan pada sisi sebaliknya. Walaupun tidak kusam, namun pintu bagian dalam biasanya lebih lembab. Sehingga jamur atau rayap akan muncul. Jadi sebaiknya Anda harus mengecat kedua sisi pintu sekaligus baik itu interior atau eksteriornya. 

Produk Clear Coat yang Digunakan untuk Pintu

Anda membutuhkan cat untuk pintu eksterior dan interior, lalu produk clear coat apakah yang sebaiknya digunakan? Di antara semua produk Anda harus menemukan bahan yang bisa memberikan perlindungan dan tampilan interior atau eksterior. Produk ini tidak lain adalah Biovarnish clear coat. Ada dua jenis tampilan yang disediakan yaitu matte dan juga glossy. 

Khusus untuk pintu, sebaiknya Anda memilih Biovarnish clear coat gloss. Alasannya adalah tampilan yang mengkilap lebih tahan gores. Pintu yang sering digunakan akan terus tampak seperti baru karena mampu menyembunyikan goresan selama penggunaan. Nah sebagai clear coat yang bagus, kelebihan dari Biovarnish bukan hanya variannya saja. 

Ada beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan dari produk ini baik itu pada saat proses pengaplikasian maupun hasilnya. 

Memiliki daya rekat dan sebar yang tinggi

Apa yang sangat dibutuhkan cat pintu bagi pemilik rumah? Pastilah harga yang murah sehingga hemat. Nah Anda disini akan menemukan produk dengan daya rekat dan sebar yang tinggi. Kedua kualitas ini akan menghemat bahan finishing yang digunakan. Daya sebar dari satu kilogram Biovarnish clear coat mencapai 10 m2. Jadi Anda bisa membeli kemasan 500 gram untuk satu daun pintu saja. 

Kelebihan dari segi daya rekat membuat Anda tidak perlu berulang kali mengaplikasikan clear coat. Cukup satu lapis saja, cat sudah merekat dengan sempurna. Anda hanya perlu memastikan dalam satu kali aplikasi semua bagian tercover dengan sempurna. 

Memberikan Proteksi yang Tinggi baik Interior dan Eksterior

Kebutuhan perlindungan antara sisi luar dan dalam daun pintu rumah berbeda. Namun disini Anda tidak perlu membeli dua jenis cat yang berbeda karena perlindungan akan diberikan secara lengkap. Biovarnish clear coating ini akan memberikan perlindungan dari segi eksterior seperti panas matahari, hujan dan juga goresan. 

Perlindungan bagian dalam juga diberikan yaitu tahan terhadap kelembaban. Oleh karena itu setelah cat mengering dengan didiamkan selama semalaman saja sudah cukup memberikan perlindungan. Cat keras namun tetap lentur mengikuti perubahan bentuk pintu kayu karena perubahan cuaca. 

Proses Aplikasi yang Mudah dan Beragam

Apakah Anda pernah membaca petunjuk pada kemasan kaleng clear coat? Pada petunjuk tersebut biasanya disebutkan alat apa saja yang digunakan. Biasanya jenis alat yang disarankan adalah kuas atau spray gun. Karena Anda akan menggunakan Biovarnish maka alat yang digunakan sangat fleksibel. 

Anda dapat menggunakan kuas, alat semprot bahkan roller sekalipun tergantung jenis alat yang dimiliki. Jika ingin lebih mudah karena Anda belum pernah mengecat maka pilihlah alat kuas. Kuas yang digunakan harus berbulu nilon begitu juga dengan roller harus menggunakan bantalan kain sintetis. 

Cara Mengaplikasikan Clear Coat dengan Mudah

Tidak perlu melepaskan pintu untuk bisa mengecatnya. Cara paling mudah untuk mengecatnya adalah dimulai pada pagi hari. Pastikan hari itu cuaca sedang cerah sehingga kelembaban tidak menghambat proses pengeringan clear coat. Kemudian agar pintu tetap diam, berikan kain pada bagian bawahnya sebagai penahan. 

Penahan pintu bisa menggunakan kain handuk bekas dan pastikan pintu tidak disentuh selama cat masih basah. Nah untuk memulainya Anda bisa mengamplas permukaan pintu. Amplas dengan kertas amplas nomor 220 dan bersihkan lapisan coating yang lama. Arah pengamplasan sebaiknya searah dengan serat kayu. 

Selesai mengamplas bersihkan semua debu amplas, kemudian tutup knop dan juga engsel pintu agar tidak terkena cat. Walaupun Biovarnish clear coat mudah dibersihkan dengan air, namun sebaiknya Anda menghindari bekerja dua kali jadi tutup bagian yang tidak ingin terkena cat. Selanjutnya adalah raba dan pastikan permukaan kayu benar-benar bersih. 

Jika sudah selesai ikuti beberapa langkah mengecat berikut ini:

  1. Campurkan Biovarnish clear coat gloss dengan air. Perhatikan perbandingannya sesuai yang tertera pada kemasan. Aduk hingga cat rata.
  2. Ambil kuas dan celupkan bagian ujungnya saja ke dalam larutan cat.
  3. Mulailah menguaskan pada bagian atas mengikuti arah serat dalam satu sapuan yang panjang. Jangan berhenti dan kuas dengan ringan untuk menghindari brush mark. 
  4. Jika sudah rata tinggalkan pintu dan diamkan selama beberapa jam. Clear coat akan mengering sepenuhnya setelah 24 jam. 
  5. Terakhir setelah kering lepaskan penutup pada knop dan engsel.

Tips Mengaplikasikan Clear Coat dengan Tepat

Mudah bukan langkah-langkah untuk mengaplikasikan clear coating? Jika mengikuti langkah tersebut Anda akan memperbaharui pintu kayu dengan lebih mudah. Namun dalam beberapa kasus pasti ada kegagalan yang muncul. Misalnya saja muncul bubble atau lapisan cat yang tidak merata.

Bagaimana cara mengatasi kegagalan dalam menggunakan clear coat terbaik? Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini. 

  • Persiapan

Jangan pernah melewatkan tahapan persiapan karena tanpa tahapan ini cat tidak akan pernah menjadi halus. Persiapan dimulai dengan amplas kasar apabila permukaan pintu terlalu kasar. Anda bisa menggunakan amplas nomor 220 kemudian 240. 

  • Belajar teknik menguas

Permukaan pintu yang halus didapatkan dengan penguasan yang tepat. Maka belajar menguas menjadi sangat penting. Menggunakan kuas pada pintu berbeda dengan finishing dinding. Sangat penting mengaplikasikannya dengan benar tanpa penekanan. 

  • Pemilihan kuas

Ketiga adalah bagaimana Anda memilih jenis kuas. Kuas yang digunakan disesuaikan dengan bentuk atau ukuran pintu. Anda bisa menggunakan kuas berukuran 3 inci lebih jika pintu rumah memiliki banyak ornamen seperti ukiran. Jika tidak Anda bisa menggunakan kuas 5 inci. 

  • Proses pengeringan

Keringnya cat seringkali disepelekan. Baru selesai dicat selama 30 menit yang lalu kemudian pintu dipegang. Hal ini menyebabkan bekas. Jangan lupa pasanglah peringatan cat yang masih basah di dekat pintu agar tidak ada yang menyentuhnya. 

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH