Cara Menggunakan Cat Kayu Warna Pink Meja Rias agar Warna Merata

Punya meja rias lama yang sudah bosan dengan penampilannya? Tidak perlu membeli yang baru, Anda bisa mengecatnya menjadi baru kembali. ahkan tanpa di sadari jika berhasil dalam satu proyek membuka usaha reparasi furniture bukanlah sebuah hal yang sulit. Bagi para DIY mengecat ulang dan memperbaiki furniture adalah kegiatan yang menyenangkan.

Bahkan jika tidak memiliki meja rias dan furniture lama yang tidak dapat di finishing ulang, bisa mencarinya di toko furniture bekas. Membelinya justru akan menghemat uang, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli furniture baru.

Pada proses finishing furniture lama ada dua hal yang perlu diperhatikan yaitu persiapan dan juga cara mengecat. Masing-masing proses memiliki kesulitan masing-masing yang justru menjadi tantangan menarik bagi para DIY.

Contohnya adalah pemilihan warna yang tepat. Beberapa orang akan memilih warna yang berbeda. Penentuan warna ini dipengaruhi oleh gaya dan juga selera pemilik furniture. Warna pink identik dengan kesan feminim sehingga sangat cocok digunakan untuk furniture seperti meja rias.

Jika Anda menemukan meja rias bekas untuk dicat ulang periksa terlebih dahulu kelayakannya sehingga dapat digunakan kembali. Ciri meja rias yang masih dapat digunakan adalah memiliki kayu solid yang tidak banyak cacat seperti rayap, strukturnya masih kokoh dan beberapa bagian masih bisa diperbaiki atau diganti.

Apabila meja rias terbuat dari kayu buatan seperti plywood maka hanya kemungkinan kecil furniture masih bisa diperbaiki. Plywood bukanlah material yang dapat dilapisi oleh cat baru. Jika Anda memiliki meja rias dari plywood yang sudah rusak sebaiknya belilah furniture yang baru.

Persiapan Mengecat Meja Rias

Persiapan adalah langkah awal untuk Anda melakukan finishing ulang. Persiapan adalah langkah yang terdiri dari, tempat melakukan finishing, pemilihan bahan finishing, persiapan material. Ketiga faktor tersebut harus dilakukan sebelum Anda memulainya khususnya untuk mendapatkan hasil finishing furniture yang rapi.

Berikut ini penjelasan mengenai persiapan furniture satu persatu:

  • Persiapan tempat finishing

Dimana Anda akan melakukan pengecatan sangat mempengaruhi hasil finishingnya. Apakah dan akan melakukan finishing di tempat yang gelap? berdebu dan bahkan tidak memiliki sirkulasi udara yang baik? Ruang untuk memperbaiki furniture and finishing bisa menjadi satu dan Anda harus memastikan ruangan tetap bersih. Cat yang masih basah sangat mudah untuk terkena debu dan kotoran yang lainnya. Memastikan ruangan tetap bersih khususnya pada proses pengeringan sangat dibutuhkan.

Cara Menggunakan Cat Kayu Warna Pink Meja Rias

Ruangan juga harus terang , Anda akan lebih mudah mengetahui bagian manakah dari furniture yang masih belum terkena cat. Jika Anda tidak memperhatikan bagian tersebut maka cat tidak akan merata. Sirkulasi udara yang diperlukan, jenis cat apapun yang digunakan membutuhkan ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Ruangan yang terlalu lembab akan membuat cat lama mengering dan hasilnya tidak sempurna.

  • Pemilihan bahan finishing

Cat manakah yang akan digunakan? Apakah cara aplikasinya mudah? Apabila Anda ingin memilih cat pastikan cat tersebut terbuat dari bahan yang aman seperti cat kayu water based. Cat haruslah memiliki kandungan yang aman untuk lingkungan karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

Menggunakan cat water based adalah pilihan yang tepat untuk menjaga lingkungan. Tidak hanya itu saja pengguna cat juga akan minim tercemar oleh bahan cat yang berbahaya. Cat kayu warna pink dari water based bisa Anda dapatkan dengan mudah. Bahkan hasil warnanya tidak akan mengecewakan. Jika ingin mendapatkan warna pink pastikan Anda telah menggunakan primer coat warna putih untuk menutup warna kayu dan serat kayu.

  • Persiapan material

Apabila Anda ingin mengecat furniture lama maka lapisan cat yang lama harus dihilangkan. Cat harus dikelupas sehingga lapisan cat baru bisa meresap ke dalam pori kayu. Banyak bahan kimia yang dapat digunakan untuk menghilangkan lapisan cat yang lama. Cara menggunakannya pun sudah tertera dalam kemasan.

Persiapan juga termasuk memperbaiki bagian cat yang rusak. Misalnya pada bagian laci dan siku meja rias. Semua bagian harus diperbaiki terlebih dahulu dan pastikan sudah benar sebelum proses mengecat dimulai. Jika terdapat banyak bagian furniture yang terbuat dari logam dan tidak ingin dilapisi cat maka tutup lepas bagian tersebut.

Langkah-Langkah Mengecat Meja Rias Warna Pink

Jika persiapan yang dilakukan sudah sempurna maka saatnya masuk ke dalam tahapan pengecatan. Pastikan meja rias sudah diamplas terlebih dahulu sebelum proses pengecatan dilakukan. Pengamplasan dilakukan untuk membuka pori kayu sehingga lapisan cat kayu warna pink yang baru dapat melekat dengan baik.

Perbaiki cacat pada kayu dengan dempul kayu. Dempul juga akan berfungsi menutup warna dan serat kayu agar hasil finishing warna pink lebih tajam. Apabila dempul sudah selesai diaplikasikan, siapkan bahan-bahan dan alat sebagai berikut ini:

    • Primer coat
    • Cat kayu warna pink
    • top coat
    • Alat semprot
    • gelas plastik
    • pengaduk
    • amplas 400
  • kain lap

Setelah semua bahan dipersiapkan, lanjutkan proses finishing meja rias dengan langkah cara menggunakan cat kayu berikut ini:

    • Campurkan primer coat dengan air dalam gelas plastik. Gunakan takaran sesuai dalam kemasan. Aduk hingga bercampur dengan merata kemudian masukan ke dalam tabung alat semprot. Semprotkan cat ke seluruh permukaan kayu hingga merata dan tunggu kering. Karena menggunakan cat kayu water based maka proses kering akan berjalan cepat. Lanjutkan dengan pengamplasan ambang. Jika warna kayu dan serat kayu masih terlihat ulangi aplikasi primer coat.
    • Campurkan cat kayu warna pink dengan air sesuai dengan yang terdapat pada kemasan. Campur dalam gelas plastik kemudian aduk hingga merata. Tuangkan larutan pada alat semprot dan aplikasikan pada seluruh permukaan meja rias. Tunggu lapisan kering hingga benar. Lanjutkan dengan pengamplasan ambang. Bersihkan debu amplas. Jika warna pink kurang tajam aplikasikan cat kembali hingga mendapatkan warna yang sesuai.
  • Lapisan akhir top coat bisa Anda pilih baik itu glossy, matte hingga doff. Campurkan top coat dengan air ke dalam gelas plastik dan campur merata. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga merata dan tunggu kering. Pada lapisan akhir ini proses kering membutuhkan waktu semalaman. Jadi diamkan furniture di tempat Anda mengecat and jauhkan dari debu dan kotoran. Cat akan mengering dalam 24 jam.

Jika Anda akan mengulangi proses aplikasi pastikan selalu melalui tahapan pengamplasan ambang. Pengamplasan dibutuhkan untuk mempermudah lapisan cat di atasnya untuk merekat dengan mudah. Jika Anda melewatkan proses ini maka lapisan cat di atasnya belum tentu akan melekat dengan baik.

Pengamplasan sangat penting untuk mendapatkan hasil finishing yang halus dan rata. Jadi sangat penting untuk membuat meja rias menjadi lebih rapi. Jangan lupa setelah mengamplas debu dan kotoran harus segera dibersihkan agar tidak melekat pada lapisan cat yang masih basah.  

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH