Cat Apakah yang Sebaiknya Digunakan untuk Finishing Proyek Kayu?

Ketika Anda sedang berencana untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan proyek kayu dan siap untuk menggunakannya maka saatnya untuk merencanakan jenis cat yang digunakan. Pada langkah ini Anda harus memulai banyak menanyakan pada ide dasar proyek kayu tersebut.

Langkah ini sangat penting sebelum Anda salah mengaplikasikan cat dengan dikuas atau disemprot. Pertanyaan seperti apakah yang sedang Anda cat? Kayu apakah yang digunakan? Bagaimana Anda ingin memperlihatkan hasil akhir dari produk tersebut?

Apakah Anda sudah selesai mempersiapkan kayu sebelum dicat? Untuk beberapa saat cobalah untuk menanyakan pertanyaan tersebut sebelum Anda memulai untuk bekerja. Penting untuk menjawabnya sebelum akhirnya Anda harus mengulangi proses pengecatan yang salah.

Sebelum Anda memulai melapisi kayu dengan beberapa lapisan coating, perhatikan jenis cat apakah yang hendak digunakan.

Tipe Cat yang Sering Digunakan untuk Kayu

Anda mungkin berpikir bahwa cat hanyalah sebuah cairan yang akan melapisi dan memberikan warna pada kayu. Tidak hanya itu saja. Cat memiliki fungsi melindungi dan memberikan tampilan menarik.

Bahkan ada banyak jenis cat yang beredar di pasaran. Masing-masing cat memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Di mana Anda harus menyesuaikan cat tersebut dengan proyek kayu yang hendak di finishing.

Mengenal jenis cat secara spesifik akan membantu Anda untuk memilih jenis cat terbaik. Berikut ini beberapa jenis cat kayu yang banyak bisa Anda pilih.

  • Cat berbasis minyak

Dikenal juga sebagai oil based paint, cat ini banyak dipilih karena kekuatannya sebagai pelindung yang baik. Anda akan merasakan bahwa minyak akan memberikan hasil finishing yang halus setelah kering.

Hasil finishing yang gloss atau matte tergantung dengan jenis cat yang dipilih. Hanya saja untuk mendapatkan hasil finishing yang halus Anda harus menggunakan kuas yang lembut daripada roller.

Mengaplikasikan Dengan Kuas

Memilih salah satu alat yang digunakan secara spesifik untuk cat berbasis minyak akan menjanjikan hasil terbaik.

  • Cat latex

Anda akan menemukan kemudahan ketika bekerja dengan cat latex dari pada cat berbasis minyak. Kemudahan aplikasinya menurunkan ketahanan dan lebih mudah muncul bekas sapuan kuas. Untuk mengurangi efek brush mark Anda bisa mencampurkan Floetrol.

Tergantung dengan proyek yang akan di finishing apakah Anda membutuhkan cat ini. Secara umum hasil finishing gloss atau semi gloss tidak membutuhkan tambahan top coat. Sedangkan untuk tampilan matte penting untuk memberikan top coat sebagai bantuan perlindungan.

Cat latex sangat mudah dibersihkan. Anda bisa membersihkannya cukup dengan air atau air sabun.

  • Cat berbasis air

Kebanyakan cat yang kini dijual di toko bangunan adalah cat kayu berbasis air. Hal ini dikarenakan cat lebih mudah diaplikasikan untuk berbagai macam proyek. Anda bahkan tidak membutuhkan treatment berlebihan pada kayu kecuali permukaan kayu sebelumnya telah di finishing dengan cat berbasis minyak.

Anda juga tidak perlu takut atas pertumbuhan jamur dan bau menyengat pada saat aplikasi dan sesudahnya. Cat kayu water based kering dengan sangat cepat dan warnanya akan lebih tajam dan tidak mudah cracking.

Beberapa jenis cat yang termasuk dalam cat water based diantaranya adalah chalk paint. Karena terbuat dari air, maka Anda bisa membersihkan cat pada kuas hanya dengan air mengalir.

Memilih Jenis Cat yang Tepat Sesuai Proyek Kayu

Ketika Anda sudah mengenal macam-macam jenis cat yang beredar, penting untuk mengenal jenis cat apakah yang terbaik untuk berbagai macam proyek kayu. Memilih cat yang tepat akan memberikan perbedaan hasil antara pemula dan profesional.

Jangan lupa untuk memberikan perhatian lebih untuk hasil finishing dengan cat latex. Anda bisa memilih untuk hasil finishing gloss, semi gloss, matte dan death matte. Jenis finishing tersebut akan mempertahankan tampilan kayu.

Pastikan sheen level yang tinggi memiliki perawatan yang lebih tinggi dibandingkan matte. berikut ini beberapa jenis cat yang cocok sesuai proyek kayu yang akan di finishing.

  • Furniture Kayu

Ketika Anda bekerja dengan hendak melakukan finishing pada furniture kayu, perhatikan dengan tepat apakah hasil finishing yang hendak Anda raih. Sebagai contoh misalnya pilih chalk paint atau milk paint untuk menciptakan tampilan distress.

Milk paint dari latex lebih mudah untuk distressing sehingga menciptakan retakan yang alam. Menciptakan tampilan usang pada beberapa furniture seperti meja rias atau headboards. Manfaatkan chalk paint yang tidak mudah untuk distress karena chalk paint lebih sulit untuk dirusak.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing yang lebih halus cobalah untuk menggunakan cat berbasis minyak pada kursi, meja dan beberapa furniture kayu yang sering digunakan.

  • Kabinet

Jika Anda berencana untuk mengecat ulang kabinet dapur atau kabinet kamar mandi maka perlu hati-hati dalam memilih cat. Hal ini disebabkan adanya kondisi unik dari kayu yang lembab. Kelembaban akan mempercepat pertumbuhan jamur dan mengundang rayap untuk tinggal dalam kayu.

Menggunakan Kuas Nilon Untuk Aplikasi

Anda membutuhkan jenis cat yang memiliki ketahanan terhadap jamur seperti cat water based. Hasil finishing yang lebih halus dibandingkan cat lainnya akan membuat kabinet dapur Anda memiliki pori tertutup sempurna.

Selain itu pilihan tampilan gloss atau semi gloss akan mempermudah kabinet tidak sulit untuk dibersihkan. Hasil finishing yang halus mempermudah Anda untuk membersihkan jika terdapat percikan air pada permukaan kabinet.

  • Lantai kayu

Ketika Anda berencana untuk mengecat lantai kayu berhati-hatilah untuk memilih cat yang kuat. Cat tersebut harus bisa menahan kerusakan akibat tekanan kaki atau sepatu, alat pembersih lantai kayu dan juga berbagai macam kerusakan pada lantai secara umum.

Lantai Kayu Yang Telah Difinishing

Lantai bisa saja rusak dengan cepat karena sering diinjak oleh kaki. Menggunakan cat latex adalah pilihan terbaik khususnya untuk tampilan gloss atau semi gloss. Hasil finishing yang halus ini akan mempermudah Anda mengepel lantai.

Jika Anda tidak bisa menggunakan cat latex maka gunakan cat water based polyurethane. Cat ini dirancang khusus untuk lebih kuat dibandingkan cat pada umumnya. Cat akan memberikan perlindungan lebih akibat goresan atau tekanan dari pijakan kaki.

  • Kusen

Kusen di bagian dalam rumah baik itu untuk pintu atau jendela gunakanlah cat water based. Kusen akan sering terkena gesekan pintu atau jendela yang dibuka, karena kekuatannya cat akan tetap keras. Cat akan memberikan perlindungan dari kerusakan akibat gesekan yang berlebihan.

Kusen bagian luar ruangan memerlukan perlindungan berbeda. Panas matahari dan hujan akan membuatnya cepat memiliki warna yang pudar. Oleh karena itu Anda membutuhkan cat berbasis minyak yang lebih kuat menahan sinar UV atau air.

Tampilan satin akan membuat tampilan kusen lebih halus. Anda juga tidak membutuhkan proses perawatan seperti membersihkan bagian luar terlalu sering. Kusen bagian luar tidak membutuhkan pekerjaan finishing yang terlalu detail. Jadi cukup dengan mengamplas ringan dan mengaplikasikan cat dengan rapi sudah memberikan hasil sempurna.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH