Cara Finishing Furniture Rumah Bergaya Rococo agar Lebih Sempurna

Rococo merupakan salah satu gaya klasik yang dikenal sebagai Late Baroque oleh beberapa penggemar barang antik dan sejarawan. Jenis furnitur ini awalnya muncul sebagai cabang dari gaya arsitektur yang populer di akhir 1600-an. Pada awal 1700-an, rococo terlihat dalam semua bentuk ekspresi artistik di Perancis termasuk lukisan, patung, dan desain interior.

Semuar ruang dengan dekorasi dan furniture yang sangat mewah pada periode ini sering menampilkan tema aneh yang menggabungkan simetri, kurva, dan sentuhan emas dan dikenal sebagai gaya rococo asli.

Gaya ini paling sering dikaitkan dengan pemerintahan Louis XV pindah ke Louis XVI. Saat popularitas gaya rococo menurun kemudian digantikan dengan gaya Neo Classic yang lebih tenang.

Seperti Apakah Furniture Gaya Rococo?

Furniture dengan gaya Rococo kadang-kadang disebut sebagai gaya Louis XV atau Louis XVI. Perbedaan utama dalam furniture gaya Rococo lama dan baru adalah adanya furniture yang dibuat selama pertengahan tahun 1800 an.

Hal mendasar yang dapat disimak adalah representasi yang lebih realistis dalam ukiran dan furniture diselesaikan dengan bantuan yang jauh lebih tinggi. Berbagai jenis kayu digunakan dalam furniture bergaya Rococo. Jenis kayu paling dominan digunakan adalah rosewood dan kayu mahoni.

Pada furniture berkayu mahoni, biasanya memiliki desain yang berkualitas lebih rendah. Berbagai ukiran rumit digunakan pada furniture, ukiran ini seperti buah, kulit, bunga, dan motif gulir yang terinspirasi oleh desain Rococo abad ke-18.

Furniture yang paling memiliki banyak hiasan ukiran biasanya digunakan pada ruang tamu dan kamar tidur. Satu set furniture ruang tamu dapat terdiri dari sofa atau sette dalam berbagai gaya, meja tengah dan samping dengan atasan marmer, dan berbagai gaya kursi baik dengan sandaran berlapis dan terbuka.

Satu set furniture kamar tidur biasanya dibuat dengan ukiran rumit bersama dengan dua atau empat bagian dan meja samping yang serasi. Furniture yang juga sering menggunakan gaya ini antara lain bangku piano, meja miring, meja kartu, dan meja menjahit.

Tidak hanya dalam ruangan saja, gaya rococo sering pula ditemukan pada furniture luar ruangan. Hanya saja bahan yang digunakan berbeda yaitu dari besi yang dibentuk. Pola anggur dan daun adalah pola yang sangat populer untuk furniture outdoor.

Dilihat menariknya furniture bergaya rococo, tidak sedikit yang ingin membuatnya modern ini. Hanya saja untuk bisa membuat sama persis dengan furniture lama, Anda harus menggunakan bahan yang tepat.

Pastikan jenis kayu yang digunakan adalah kayu solid yang kuat dan keras. Kayu juga harus berukuran besar karena inilah ciri furniture klasik. Furniture selalu memiliki ukuran yang besar dan akan diukir.

Inilah sebabnya tidak murah untuk membuat furniture rococo. Selain jenis kayu dan ukurannya, ada beberapa ciri lain yang juga perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa faktor penting ketika hendak membuat furniture bergaya rococo.

  • Motif alami

Motif alami yang sering digunakan pada furniture seperti yang telah disebutkan di atas adalah ciri khas rococo Inggris dan Perancis. Dalam desain rococo Inggris motif alami sering kali lebih realistis dalam detailnya daripada pada desain Rococo Perancis.

  • Bentuk ukiran yang rumit
Cara Finishing Furniture Rumah Bergaya Rococo

Melihat dari sejarahnya, rococo merupakan gaya yang dikembangkan oleh pengrajin dan desainer yang dulunya adalah arsitek. Hal ini berhubungan dengan pentingnya hiasan tangan dalam desain rococo. Sehingga akan banyak ukiran rumit yang tidak biasa diterapkan.

  • Asimetri

Asimetri adalah ciri khas utama yang bisa Anda temukan dalam furniture tema klasi seperti rococo. Berbeda dengan gaya klasik lainnya yang selalu memiliki ciri khas simetris, Anda akan menemukan desain yang tidak cocok setengah dengan lainnya.

  • Bentuk Menyerupai C dan S

Bentuk furniture yang melengkung sangat umum pada desain rococo. Biasanya bentuk melengkung ini selalu menyerupai huruf S dan C.

  • Rocaille

Rocaile merupakan gaya dekorasi khas Perancis yang menggambarkan tentang kegembiran. Banyak sekali kurva, konter-kurva, undulasi, dan elemen yang dimodelkan pada alam. Disisi lain ukiran terlihat seperti beberapa bentuk air atau batu yang terkikis.

  • Daun acanthus

Menggunakan daun acanthus adalah salah satu motif dasar desain Rococo.

Penggunaannya tidak Ini tidak terkait erat dengan daun acanthus asli tetapi lebih merupakan versi bergaya itu.

Langkah Finishing Furniture Rococo yang Mudah

Warna-warna furniture dengan gaya rococo adalah perpaduan warna emas dan juga warna natural dari kayu jika kayu yang digunakan adalah kayu mahoni. Warna emas menggambarkan kemewahan pada zaman kerajaan Louis XV pindah ke Louis XVI.

Bagi furniture yang menggunakan warna kombinasi maka natural adalah warna dasar sedangkan emas untuk warna ukiran. Jika Anda kesulitan untuk mengkombinasikan warna maka pilihlah warna emas untuk keseluruhan furniture.

Jenis cat kayu yang dapat digunakan adalah Biovarnish untuk warna natural, dan cat kayu Orchid untuk warna emas. Keduanya adalah cat kayu water based sehingga kompatibel jika Anda menggabungkannya.

Proses aplikasi bisa dimulai dengan cat kayu water based Biovarnish. Amplas seluruh bagian furniture dengan amplas. Pastikan tidak ada sisa debu bekas amplas jadi bersihkan dengan kain microfiber yang telah dibasahi.

Produk Cat Kayu Water Based Biovarnish

Tutup bagian kayu yang berukir menggunakan isolasi kertas. Anda akan mengecatnya menggunakan cat kayu besi Orchid warna emas nantinya. Kini saatnya untuk mengecat menggunakan Biovarnish dengan langkah berikut ini:

  1. Campurkan Biovarnish sanding sealer dengan air. Kuaskan cat ke seluruh permukaan kayu dengan merata. Tunggu kering kemudian amplas halus secara ambang dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas.
  2. Campurkan Biovarnish wood stain warna mahogany dengan air, aduk merata kemudian aplikasikan searah serat kayu dengan kuas. Usahakan Anda menggunakan kuas dengan ukuran kecil sehingga mudah mengikuti permukaan kayu. Tunggu kering tanpa dijemur kemudian amplas ambang.

Jika selesai pengecatan dan kering saatnya untuk Anda mengecat warna emas dengan Orchid. Kini tutup bagian furniture yang telah dicat dengan isolasi kertas, pastikan cat telah mengering sebelumnya.

Tips Mengecat Lemari Kayu Untuk Menyimpan Pakaian

Ikuti proses aplikasi cat kayu besi Orchid berikut ini:

  1. Campurkan cat kayu besi Orchid warna emas dengan air. Aduk rata hingga warna bercampur. Lanjutkan dengan proses penguasan merata, gunakan kuas nilon berukuran kecil.
  2. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu yang berukir satu arah. Tunggu lapisan mengering, amplas ambang kemudian bersihkan debu. Ulangi proses aplikasi hingga mendapatkan warna emas yang diinginkan.

Apabila semua sudah kering buka seluruh isolasi kertas yang menutup permukaan furniture. Saatnya untuk Anda mengaplikasikan clear coat. Gunakan Biovarnish clear coat untuk menutup seluruh permukaan kayu.

Campurkan Biovarnish clear coat gloss dengan air, aduk merata kemudian kuaskan cat ke seluruh permukaan kayu. Diamkan furniture kering dalam semalam dan jangan dijemur. Keesokan harinya cat telah mengering dan Anda bisa menggunakan furniture.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH