Mengenal Wood Stain Pada Furniture dan Teknik Aplikasinya yang Tepat

Apapun jenis wood stain yang Anda gunakan, bagian terpenting dari proses pengecatan ini adalah mendapatkan warna yang diinginkan. Anda mungkin bisa dapat membeli wood stain dengan warna yang diinginkan. Jika Anda memiliki sampel warna yang diinginkan, cobalah bawa ke toko dan pilih warna yang cocok.

Percobaan dengan sedikit wood stain pada sampel kayu bisa menjadi acuan yang baik. Cobalah untuk memperhatikan percobaan tersebut manakah yang memberikan hasil warna terbaik.

Meskipun tersedia berbagai macam warna, namun ada empat dasar warna yang dikembangkan. Empat dasar warna tersebut adalah oak muda, walnut, mapel yang kekuningan dan warna mahoni dimana lebih kemerahan.

Sebagian besar produsen cat akan memberikan proporsi pencampuran untuk berbagai efek yang bisa dihasilkan. Jika ingin mengurangi warna, coba untuk tambahkan setetes atau dua tetes warna hitam. Kemudian campurkan sedikit wood stain pada larutan cat dan tipiskan.

Anda juga bisa menggunakan cara dengan memberikan beberapa kali lapisan coating. Bagian pertama hanya satu lapis, bagian kedua dan seterusnya terus ditambah dengan lapisan coating sesuai yang dibutuhkan.

Bandingkan warna masing-masing hingga Anda mendapatkan hasil warna yang dibutuhkan. Pantau secara terperinci manakah yang membutuhkan duplikasi campuran. Jika Anda sangat menyukai warna tersebut cobalah untuk mengaplikasikan pada bagian furniture yang tersembunyi.

Ketika Anda puas dengan warna wood stain yang dihasilkan, langsung duplikasi sesuai dengan cara yang Anda dilakukan pada percobaan. Jangan mengganti merek cat atau jenis produk lain ditengah-tengah mengecat. Jadi pastikan stok cat yang dibeli dapat menutup secara keseluruhan furniture.

Apapun wood stain yang Anda gunakan, cara terbaik untuk aplikasi adalah selalu berhati-hati. Jika Anda tidak yakin warnanya benar, cobalah untuk menipiskannya menggunakan amplas kemudian aplikasikan coating baru tipis saja. Selalu uji cat di bagian furniture yang tidak terlalu mencolok.

Melakukan percobaan untuk mendapatkan warna yang tepat seringkali memakan waktu. Namun hasilnya akan sangat memuaskan daripada Anda membeli wood stain kemudian langsung mengaplikasikannya pada furniture.

Mengenal Wood Stain Pada Furniture Dan Teknik Aplikasinya

Ingatlah ketika Anda salah mendapatkan warna, maka seluruh lapisan coating harus dihilangkan. Untuk mendapatkan warna yang seragam kembali, Anda harus memutihkan kayu dengan bahan bleaching. Sehingga pengecatan dimulai dari awal kembali.

Pencegahan bekas tetesan cat pada saat aplikasi dan warna yang tidak merata sebaiknya balik furniture. Mulailah mengecat dari bagian bawah kemudian ke atas dan selalu bekerja dengan cepat. Terutama jika Anda menggunakan cat kayu water based yang cepat kering.

Jenis-Jenis Wood Stain yang Beredar di Pasaran

Ketika Anda memilih cat atau wood stain maka kenali produknya satu per satu. Anda harus menemukan jenis cat kayu manakah yang tepat dan juga sesuai. Tidak hanya warna namun perhatikan faktor lainnya seperti ketahanan dan bagaimana cara aplikasi yang disarankan.

Harga yang diberikan juga bisa menjadi faktor untuk dipertimbangkan. Apakah yang Anda ingin dapatkan dari wood stain? Berikut ini beberapa jenis wood stain yang banyak beredar di pasaran.

  • Cat minyak yang bekerja dengan penetrasi

Jenis cat warna yang pertama adalah cat minyak. Cat ini lebih banyak digunakan oleh orang zaman dahulu untuk mendapatkan warna natural pada kayu. Cat minyak yang berpigmen akan masuk ke dalam pori kayu dan bisa diaplikasikan dengan kuas setelah itu di lap dengan kain agar cat bisa lebih merata.

Anda juga bisa langsung mengaplikasikannya dengan kain katun yang bersih atau busa. Biarkan cat minyak mengering selama 10 hingga 15 menit sampai permukaan kayu menjadi kusam. Lalu bersihkan permukaan kayu dengan sisa cat yang berada dalam kain bersih.

Cat minyak ini bekerja lebih cepat karena sifatnya yang meresap ke dalam kayu. Segera bersihkan kelebihan cat setelah diaplikasikan dengan kuas untuk mendapatkan warna yang lebih terang. Jika ingin mendapatkan warna lebih gelap, Anda langsung mendiamkannya saja selama 15 hingga 20 menit.

Cat minyak berpigmen ini bisa dimodifikasi hingga batas tertentu jika Anda tidak menyukai efek warnanya. Jika kayu yang dicat lebih gelap maka rendam kain bersih ke dalam thinner kemudian gosokkan kayu dengan kuat dan merata setelah cat minyak diaplikasikan.

Cara tersebut akan akan sedikit mencerahkan cat namun tidak menghilangkannya. Jika pori kayu terlalu gelap, bungkus kain di sekitar telunjuk Anda kemudian celupkan ke dalam thinner. Gosok serat kayu yang ingin lebih diterangkan warnanya.

Sebaliknya jika warna serat lebih terang maka gunakan kuas berukuran kecil kemudian aplikasikan cat minyak hanya pada bagian seratnya. Lakukan dengan hati-hati. Langkah terakhir adalah biarkan cat kering selama 24 jam sebelum Anda menggunakan furniture.

  • Cat water based

Cat dengan bahan dasar air ini harus digunakan pada permukaan kayu yang bersih atau kayu baru jika ingin mendapatkan hasil sempurna. Proses aplikasinya dapat menggunakan kuas nilon dan dengan kuas yang baru. Cat akan mengalir dengan cepat sehingga sapuan kuas sangat ringan.

Sekali aplikasi, cat akan langsung merta di sepanjang serat kayu. Gunakan sapuan kuas yang panjang dan halus, cobalah untuk tidak tumpang tindih saat proses aplikasi sehingga tidak menimbulkan brush mark.

Mengenal Wood Stain Pada Furniture Dan Teknik Aplikasinya

Hasilnya semakin banyak lapisan cat maka hasilnya akan semakin gelap. Disarankan untuk menggunakan beberapa lapisan coating yang tipis untuk meminimalkan efek brush mark yang tidak diperlukan.

Cat water based dapat diaplikasikan dengan baik pada permukaan kayu yang berukuran kecil. Untuk mendapatkan permukaan kayu yang datar dan halus cobalah untuk menguaskan merata ke seluruh permukaan kayu.

Kemudian hapuskan permukaannya dengan kain katun yang bersih dan kering searah serat kayu. Cara ini akan menekan wood stain masuk ke dalam pori kayu dan menipiskan lapisan ciaing. Intensitas warna yang dihasilkan bisa bertahan lebih lama.

Karena menggunakan air sebagai bahan dasarnya maka warna yang dihasilkan akan lebih tajam dan tahan lama. Anda tidak perlu takut warna berubah kusam atau memutih karena proses kering yang tidak sempurna.

Biarkan cat yang sudah diaplikasikan terakhir mengering selama 24 jam atau semalaman. Jika warna yang dihasilkan masih kurang memuaskan ulangi aplikasi wood stain sebelum Anda mengaplikasikan top coat atau pernis.

  • Cat berbasis solvent

Cat yang menggunakan bahasa dasar solvent ini membutuhkan bahan pelarut berupa thinner. Proses aplikasinya sama seperti wood stain berbasis air namun proses keringnya harus lebih diperhatikan. Penjemuran di bawah panas matahari akan menimbulkan kering sempurna namun dengan temperatur yang tepat.

Ketika dijemur dan cat terlalu cepat mengering maka akan menimbulkan retakan, sedangkan jika terlalu lama mengering maka akan menimbulkan efek warna berkabut. Maka banyak yang perlu berhati-hati ketika mengeringkannya.

Cat juga dapat mengalir dengan mudah pada permukaan kayu. Sehingga Anda cukup menggunakan sapuan kuas yang panjang, halus serat ringan. Hindari mengecat dengan menumpuk, Anda akan dengan mudah menimbulkan brush mark dan merusak hasil finishing.

Ketergantungan pengeringan dalam cuaca panas, membuat cat solvent tidak dapat diaplikasikan saat cuaca sedang lembab seperti hujan. Anda perlu menunggu cuaca panas untuk bisa cat mengering sempurna nantinya.

Masing -masing lapisan akan mengering selama satu jam sebelum Anda mengamplas dan mengaplikasikan lapisan cat yang baru. Pada lapisan terakhir Anda juga harus menunggu 24 jam hingga lapisan cat mengering sempurna. Cat tidak dapat diaplikasikan dengan cat lainnya.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH