Mempersiapkan Kayu Palet sebelum Memulai Finishing Warna Natural

Kayu palet adalah jenis kayu yang paling banyak digunakan karena alasan murah dan mudah didapatkan. Baik pada tingkatan profesional dan DIY, menciptakan proyek kayu dari palet adalah hal yang paling mudah. Palet adalah jenis kayu yang bisa diubah menjadi berbagai macam.

Misalnya saja Anda ingin menciptakan furniture anak-anak dari kayu maka sifat ringan palet sangat menguntungkan. Kebanyakan kayu biasanya memiliki bobot yang ringan sehingga termasuk kategori softwood. Ringan dan lunak membuatnya lebih mudah untuk dipotong dan di amplas.

Kayu palet jati belanda adalah jenis kayu yang bisa Anda dapatkan dari sisa pabrik dan peti kemas. Walaupun termasuk sebagai kayu ringan, palet adalah jenis kayu yang cukup kuat untuk dalam ruangan.

Ukuran porinya cukup besar sehingga dalam proses finishing Anda harus lebih berhati-hati. Minyak kayu cenderung mudah naik jika proses finishingnya salah. Belum lagi pemilihan kayu berkualitas.

Anda harus mendapatkan kayu yang minim cacat permukaan dan juga masih bisa digunakan dan kuat. Kayu membutuhkan banyak persiapan yang seringkali terlupakan. Perhatikan bagaimana Anda harus mempersiapkan kayu hingga layak finishing.

Membersihkan Benda Logam dari Kayu Palet

Mempersiapkan kayu palet bekas sebelum finishing adalah langkah penting yang harus diingat. Persiapan ini bertujuan untuk memudahkan pengecatan dan memberikan hasil yang halus. Langkah awal dari persiapan adalah membersihkan benda logam.

Sisa benda logam yang menempel seperti paku bisa merusak kertas amplas serat mencederai Anda. Belum lagi merusak pisau untuk memotong kayu yang sangat mahal. Jadi sebaiknya luangkan waktu diawal untuk membersihkan paku atau benda logam lainnya dengan cara berikut.

  • Menemukan paku atau benda logam

Apakah alat yang bisa digunakan untuk menemukan logam seperti paku? Anda bisa melihatnya dengan mata telanjang dan kebanyakan bisa ditemukan dengan mudah. Cara kedua adalah menggunakan magnet apa saja.

Baca Juga:  Agen Cat Kayu Biovarnish di Jawa Barat untuk Berbagai Macam Jenis Kayu
Mengeluarkan Paku Dengan Palu

Pastikan Anda menggunakan magnet yang kuat dengan karet sehingga dapat digunakan lebih mudah. Jalankan magnet menyusuri permukaan kayu. Cara ketiga adalah dengan metal detector walaupun alat ini cukup mahal.

  • Menghilangkan paku

Jika paku menancap tidak jauh ke dalam kayu palet maka sebaiknya gunakan alat khusus pencabut paku. Fungsinya adalah agar tidak merusak permukaan dan meninggalkan lubang terlalu besar. Jika Anda tidak mendapatkan alat tersebut maka tarik menggunakan linggis dan juga palu.

ANda bisa menggunakan palu untuk memukul paku keluar dan linggis untuk menahannya agar tidak merusak palet. Pastikan Anda memukul secara perlahan agar paku bisa keluar dengan aman. Ulangi cara yang sama untuk mengambil seluruh paku yang ada pada palet.

Persiapan Kayu Palet dengan Pengamplasan

Persiapan selanjutnya adalah dengan mengamplas permukaan. Jika Anda menginginkan perabot dari kayu palet yang bisa di finishing dengan mudah maka Anda membutuhkan proses pengamplasan. Untuk pekerjaan mengamplas palet berukuran lebar dan banyak Anda bisa memanfaatkan mesin amplas.

Jika Anda ingin mendapatkan tampilan yang klasik seperti antik maka lewati tahapan pengamplasan yang halus. Anda justru harus membuat kayu terlihat rusak dengan menciptakan beberapa goresan di permukaannya.

Kreasi kayu palet antik memang tidak biasa, namun sebelum masuk pada tahapan tersebut sebaiknya belajar bagaimana cara mendapatkan permukaan yang halus.Penggunaan mesin akan sangat membantu kecepatan pengerjaan.

Secara umum ada empat cara baik dengan mesin maupun manual. Pertama adalah belt sander yang dirancang khusus untuk bekerja dengan sangat cepat.Kedua adalah angle grinder yang dapat digunakan untuk sisi yang melengkung.

Mengamplas Dengan Hand Sander

Kedua adalah angle grinder yang dapat digunakan untuk sisi yang melengkung. Ketiga adalah orbital sander yang digunakan untuk mengamplas permukaan menjadi lebih halus dan mewah. Keempat adalah pengamplasan secara manual tentu membutuhkan tenaga yang kuat.

Baca Juga:  Dapatkan Jenis Finishing Kayu Termudah Aplikasinya Warna Natural

Ada banyak tahapan mengamplas sesuai dengan ukuran kertas amplas yang dibutuhkan. Berikut ini pelajaran mengenai bagaimana Anda menggunakan kertas amplas sesuai dengan hasil yang dibutuhkan.

  1. Kertas amplas yang kasar dengan grit 60 dan 80. Khusus untuk ukuran ini alat yang cocok digunakan adalah belt sander yang digunakan untuk pertama kali mengamplas.
  2. Kertas amplas sedang ukuran 220 dan 230. Jika Anda ingin mendapatkan hasil rustik maka mulailah dengan mengamplas permukaan dengan ukuran ini. Jenis mesin yang dapat digunakan adalah orbital sander dan manual.
  3. Kertas amplas sangat halus ukuran 400 dan 800. Ukuran ini adalah yang paling halus dan digunakan untuk mengamplas antar lapisan coating. Jadi sebaiknya tidak digunakan untuk mengamplas permukaan kayu yang belum dicat.

Memperbaiki Cacat Pada Kayu dengan Wood Filler

Kini Anda sudah mempersiapkan kayu palet dengan sempurna baik menghilangkan benda logam serta mengamplasnya. Sebelum mengecat ada satu langkah lagi yang tidak boleh dilewatkan yaitu memperbaiki permukaannya dengan wood filler.

Pastikan Anda menggunakan Biovarnish wood filler yang terbuat dari air karena aman dan mudah untuk diaplikasikan. Cermati bagian kayu palet mana saja yang berlubang dan hendak diperbaiki.

Isi lubang tersebut dengan Biovarnish wood filler sesuai dengan warna yang telah dipilih. Isi hingga permukaan kayu berubah menjadi lebih rata. Tidak perlu rapi karena nanti Anda akan mengamplasnya.

Tunggu hingga permukaan menjadi lebih kering kemudian baru amplas dengan kertas amplas nomor 240. Pastikan Anda mengamplas sesuai dengan arah serat agar hasilnya lebih halus. Lanjutkan dengan proses pengamplasan hingga bekas lubang tidak lagi terlihat.

Bersihkan debu amplas dan kini kayu palet sudah siap untuk dilapisi wood stain dan pernis. Perlu diingat, jika Anda menggunakan dempul atau wood filler water based maka hasil terbaik juga menggunakan wood stain dan pernis water based.

Baca Juga:  Berikan Tampilan Baru Decking Rumah Anda dengan Cara Mudah Ini

Proses Aplikasi Wood Stain pada Palet

Anda yang menginginkan hasil finishing halus berada di jalur yang tepat. Setelah membuat permukaan kayu palet menjadi lebih halus sisanya adalah memberikan warna dan perlindungan terakhir. Anda bisa menggunakan Biovarnish wood stain yang menyediakan 20 warna pilihan.

Produk Biovarnish Series

Siapkan kayu palet yang selesai di amplas dan dibersihkan. Campurkan Biovarnish wood stain dengan air di wadah terpisah. Ikuti jumlah bahan pelarut yang dibutuhkan sesuai instruksi. Kuaskan wood stain merata searah serat kayu ke seluruh permukaan palet.

Tunggu lapisan kering baru Anda mengamplas secara ambang dengan amplas nomor 400. Pada lapisan ini Anda membutuhkan pengamplasan ambang agar tidak menghilangkan lapisan coating. Ulangi aplikasi sekali lagi jika warna yang didapatkan belum sempurna.

Mulai untuk aplikasi Biovarnish clear coat dengan mencampurkannya dengan air di wadah terpisah. Buatlah larutan sesuai instruksi pada kemasan kemudian aduk dan kuaskan searah serat kayu.

Anda bisa mengaplikasikan dua lapisan coating dengan cara yang sama saat aplikasi wood stain. Pada lapisan terakhir Anda perlu menunggu lapisan coating mengering selama 24 jam.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH