Pilih 2 Warna Cat Pagar Bambu Yang Paling Tepat

Apakah Anda ingin menjaga warna pagar lebih awet? Ada 2 pilihan warna cat pagar bambu yang juga memberikan proteksi, temukan poroduknya dalam artikel ini.

Dalam menciptakan pagar ada banyak sekali variasi material yang bisa digunakan. Mulai dari serat alam seperti kayu dan bambu serta material yang lebih terkesan kokoh seperti besi baja, alumunium, dll. Sayangnya material seperti baja adalah jenis material yang berat juga mahal. Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak jika menggunakan  material besi baja ini. Di negara Amerika saat ini sudah banyak masyarakat yang menyadari bahwa material serat alam seperti kayu cocok untuk digunakan material pagar. Selain itu bambu juga banyak digemari. Material bambu untuk pagar ini memiliki banyak manfaat yang pertama adalah untuk memberikan nuansa natural, kemudian bambu adalah material yang sangat mudah untuk dibentuk karena fleksibel. Dalam pemebentukan bambu menjadi sebuah pagar, Anda cukup memilih jenis bambu yang tepat setelah itu bambu harus dijemur agar sering benar. Ketika bambu belum dikeringkan lalu dibentuk kemudian digunakan maka tentu saja tidak bisa bertahan lama. Mengapa? Bambu memiliki pori-pori yang sangat mudah menyerap air hujan yang akan menimbulkan jamur kemudian merusak pagar bambu.

Melihat dari segi ketahanan bambu, maka harus diberikan perawatan dalam jenis pagar bambu. Selain perawatan, tampilan dari bambu juga sangat memberikan point of interest suatu hunian. Dimanakah Anda akan mendaptkan warna cat pagar bambu yang lengkap? Ada dua jenis cat yang bisa Anda gunakan yaitu cat solvent dan juga cat water based. Cat solvent adalah jenis cat yang membutuhkan thinner sebagai bahan pelarutnya sedangkan cat water based hanya membutuhkan air sebagai bahan pelarutnya. Bahan air ini kemudian dicampurkan pada cat solvent kemudian aduk rata, sangat mudah untuk melakukannya dan Anda akan mendapatkan cara aplikasinya yang mudah dalam artikel ini.

Pilihan Pertama Warna Cat Pagara Bambu, Warna Natural

Pagar-bambu-warna-natural

Apakah pilihan pertama warna untuk lapisan coating pada bambu? Pilihan pertama yang bisa Anda praktekan adalah warna natural. Bambu adalah bahan serat alam, apabila Anda akan memberikan warna natural maka serat dari tanaman bambu akan terlihat. Sebelum bambu dilapisi atau difinishing bambu terlebih dahulu harus dikeringkan dan juga harus bersih agar memiliki tampilan yang halus dan juga rapi. Warna cat pagar bambu natural menjadi lebih terang dan juga lebih terlihat seratnya bahkan pada saat aplikasi akan sangat mudah. Produk water based apakah yang cocok untuk diaplikasikan pada pagar bambu. Salah satu produk water based yang direkomendasikan saat ini adalah Biovarnish. Produk Biovarnish sangat mudah aplikasinya karena hanya mengandalkan kuas dan juga air, berikut ini cara aplikasinya:

  1. Permukaan bambu harus siap untuk di finishing., produk bersih dari sebuk amplas dan juga kotoran. Jika masih kasar Anda bisa melakukan pengamplasan terlebih dahulu.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler ke seluruh permukaan pagar bambu hingga rata menggunakan pisau pallet. Sebaiknya pilih warna dempul yang sesuai dengan warna bambu. Campurkan dengan sedikit air kemudian oleskan ke seluruh permukaan dengan kain katun bersih dan kering. Tunggu kering sekitar 20 menit tanpa dijemur kemudian diamplas dengan kertas amplas no. 240 hingga halus dan serat pagar bambu terlihat.
  3. Campurkan Biovarnish Wood Stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk dalam gelas plastik hingga rata. Aplikasikan ke seluruh permukaan pagar bambu hingga rata dan tunggu kering sekitar 60 menit. Amplas ambang saja dengan kertas amplas no. 400 hingga halus dan rata. Aplikasikan kembali Biovarnish Wood Stain hingga mendapatkan warna yang diinginkan. Semakin banyak lapisannya maka warna yang dihasilkan akan semakin gelap.
  4. Campurkan Biovarnish Clear Coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aplikasikan dengan kuas ke seluruh permukaan bambu hingga rata. Anda bisa memilih tampilan baik itu gloss maupun doff.

Warna cat pagar bambu natural ini akan Anda dapatkan dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Tiga lapisan dari produk Biovarnish akan membuat pagar lebih tahan terhadap panas matahari, hujan, rayap dan juga jamur.

Pilihan Kedua Warna Cat Pagar Bambu Solid

Jika pilihan pertama adalah warna natural, maka pilihan kedua ini Anda bisa memilih warna solid. Pilihan warna solid ini adalah untuk menutup warna asli dari bambu sehingga Anda akan mendapatkan pilihan warna yang lainnya. Warna solid ini meliputi warna warna merah, warna hitam, warna putih, warna emas, warna hijau, biru, dll. Kebanyakan warna cat pagar bambu yang digunakan adalah hitam. Pemilihan warna hitam ini disesuaikan untuk gaya rumah modern minimalis yang ingin mendapatkan sifat elegan. Untuk jenis produk cat water based yang bisa Anda dapatkan adalah produk Orchid. Produk Orchid memiliki berbagai macam  pilihan warna dan merupakan produk cat kayu besi yang tidak hanya bisa diaplikasikan pada material serat alam tetapi juga bisa diaplikasikan pada material besi. Untuk cara aplikasinya yang mudah adalah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan pagar bambu yang bersih dan kering. Pagar harus sudah siap untuk difinishing dalam arti kata suda kering dan juga bersih bebas dari kotoran atau debu.
  2. Campurkan cat kayu besi Orchid dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air. Anda bisa mencampurnya dalam gelas plastik, aduk hingga rata. Aplikasikan pada permukaan pagar bambu lalu ditunggu kering sekitar 60 menit saja dan amplas ambang dengan kertas amplas no. 400. Setelah halus Anda bisa mengaplikasikan kembali cat kayu besi Orchd hingga 2 sampai 3 kali lapisan.
  3. Tampilan Orchid saja bisa memberikan tampilan glossy, tetapi jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih mengkilap bisa menggunakan BioColours Clear Coat Gloss. Untuk cara aplikasinya tidak jauh berbeda ketika mengaplikasikan Orchid hanya saja perbandingan aplikasinya adalah 2 bahan : 1 air.

Memmilih Cat Pagar Bambu Yang Eco Friendly

Apabila Anda sudah mendapatkan cara aplikasinya kemudian produknya, maka Anda juga harus mengetahui apakah produk yang Anda pilih terbuat berkualitas. Memilih warna cat pagar bambu saja tidak cukup, Anda juga harus mengetahui bagaimana kualitas baik itu Biovarnish dan juga Orchid. Produk Biovarnish dan juga Orchid tidak akan membahayakan penggunanya karena kedua produk ini tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti timbal, formalin dan juga merkuri, karena kedua produk ini menyesuaikan standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan US EPA (Enviromental Protection Agency). Maka kedua produk ini adalah produk water based, bahkan untuk kandungan VOC (Volatile Organic Compound) sangat rendah di bawah standar yang ditetapkan oleh US EPA.

Kualitas lain adalah produk cat ini mengandung bahan kimia anti jamur dan juga anti rayap. Bahkan untuk produk Orchid mampu melindungi pagar bambu lebih dari tiga tahun. Untuk pembelian produk Biovarnish dan juga Orchid Anda bisa membeli dengan menghubungi ke nomor 0822 1935 7399 atau di BBM D69F376B.

Artikel "Featured"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.