Bagaimana Cara Memilih Cat Kayu yang Tepat? Ini Dia Langkah Mudahnya

Kayu adalah material serat alam, cirinya memiliki tampilan alami dan pori kayu. Fungsi utama dari pori adalah menyerap kelembaban dan membuat sebuah pohon tetap tumbuh. Ketika kayu sudah diubah menjadi furniture maka pori tidak lagi memiliki peranan penting. Padahal pori kayu tetap bekerja untuk menyerap kelembaban.

Fungsi tersebut harus dihentikan dan cara paling mudah adalah dengan memberikan lapisan coating berupa cat kayu. Apakah Anda pernah melakukan finishing pada kayu? Apa saja langkah-langkah yang Anda lakukan?

Mengecat bukan perkara sulit atau mudah namun bagaimana Anda akhirnya mendapatkan hasil terbaik. Tujuan Anda untuk mengecat adalah mendapatkan tampilan dan perlindungan pada kayu. Jenis cat yang digunakan harus ditentukan kualitasnya sejak awal.

Tidak ada cat yang sempurna, cat yang tersedia adalah jenis cat yang menyesuaikan kebutuhan Anda. Apakah Anda akan menggunakannya di dalam ruangan? Apakah Anda akan menggunakannya di luar ruangan? Semua hasil finishing tersebut bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Cara Memilih Cat yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Menanyakan hal-hal penting pada diri sendiri untuk tujuan Anda mengecat harus dilakukan pertama kali. Inilah yang menjadi peranan penting agar nantinya Anda mendapatkan produk cat yang sesuai.

Jawablah beberapa pertanyaan ini yang akan membantu Anda menentukan jenis cat apa yang dibutuhkan.

  • Alat apakah yang biasa Anda gunakan?

Proses finishing bisa menjadi pertimbangan utama. Selama ini jenis alat apakah yang biasanya Anda gunakan? Jika Anda terbiasa menggunakan kuas maka manfaatkanlah itu. Jika Anda ingin menguji sesuatu yang baru maka Anda bisa menggunakan alat lainnya seperti roller atau spray gun. Namun ingat hasilnya belum tentu sempurna.

  • Apakah akan mengecat furniture interior atau eksterior?
Macam-macam-furniture-indoor-dan-outdoor

Cat yang digunakan untuk furniture dalam ruangan dan luar ruangan berbeda. Anda harus melihat perlindungan dari masing-masing cat. Cat untuk furniture eksterior memiliki perlindungan lebih kuat terhadap sinar UV, hujan dan perubahan iklim. Berbeda dengan cat interior yang tidak terlalu mengkilap dan perlindungan lebih terhadap kelembaban saja.

  • Bagaimana tingkat keamanan dari cat?

Ingatlah bahwa Anda akan bekerja dengan bahan kimia, artinya akan ada pencemaran yang muncul. Dalam kasus cat pencemaran biasanya terjadi di udara pada saat cat menguap. Jika ingin aman pilihlah cat kayu water based yang formulasinya berasal dari air dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya untuk lingkungan.

  • Bagaimana daya sebar dan daya tutup cat

Seberapa banyak satu kaleng cat dapat diaplikasikan pada sebuah permukaan furniture dalam ukuran tertentu. Biasanya dalam kemasan cat terdapat ukuran daya sebar untuk satu lapisan coating. Anda harus menyamakannya dengan ukuran furniture. Ditambah lagi dengan daya tutup cat yang juga memiliki elastisitas tinggi. Cat harus mampu merubah ukuran sesuai dengan perubahan ukuran kayu.

  • Bagaimana warna yang diberikan

Perhatikan berapa lama jangka waktu warna dari cat dapat bertahan lama. Biasanya produk akan menawarkan jangka waktu 3 hingga 5 tahun normalnya. Pada kemasan Anda bisa memperhatikan bagian ini. Baik wood stain atau warna solid membutuhkan hasil warna yang dapat bertahan lama dan tidak mudah berubah.

Memilih Sheen Level untuk Perlindungan Terakhir

Lapisan yang terakhir diaplikasikan pada furniture tidak lain adalah top coat. Cat yang diaplikasikan ini adalah bagian yang sangat penting untuk keseluruhan lapisan coating. Bentuknya adalah cairan bening tidak berwarna yang akan memiliki efek glossy berbeda.

Tingkat glossy dari cat ini disebut sebagai sheen level. Masing-masing cat memiliki sheen level berbeda dan ini adalah salah satu bagian yang sangat penting untuk dipelajari. Perhatikan beberapa jenis sheen level yang akan Anda pilih nantinya.

  • Flat/ Matte finish

Hasil finishing flat atau matte tidak memberikan refleksi yang tinggi terhadap cahaya yang datang. Artinya Anda membutuhkan ketelitian dan kejelian bahkan proses pembersihan akan sangat menantang. Tidak seperti lapisan coating yang mengkilap mudah menyembunyikan goresan.

Cat matte akan memperlihatkan goresan dengan mudah karena tidak ada refleksi yang menyamarkan kerusakan. Pastikan furniture dengan tampilan matte selalu bersih sebelum Anda menggunakan furniture.

  • Satin finish

Tampilan satin di atas dari matte dimana akan terlihat pantulan cahaya yang sangat tipis. Hasil finishing ini kebanyakan dilakukan untuk kusen, daun pintu dan juga bagian furniture kayu yang jarang digunakan. Perbedaannya dengan matte adalah lebih mudah dibersihkan.

Rata-rata pemilik rumah lebih banyak memiliki cat kayu dengan hasil satin dibandingkan yang lainnya. Ada banyak jenis cat yang menyediakan hasil finishing ini.

  • Semi gloss

Tampilannya lebih mengkilap dibandingkan dengan satin. Fungsinya hampir sama yaitu banyak digunakan pada kusen jendela, pintu, dan juga kabinet dapur hingga ruang kamar mandi. Sangat mudah dibersihkan dan diaplikasikan. memberikan tampilan kilap namun tidak terlalu licin.

Bekerja dengan cat semi gloss membuat Anda harus sangat berhati-hati dalam persiapannya. Jika permukaan kayu tidak disiapkan dengan baik maka hasilnya tidak akan maksimal.

  • High gloss

Memiliki kualitas paling tinggi untuk merefleksikan cahaya sehingga tampilannya mirip seperti plastik. Walaupun tidak sering digunakan untuk furniture di dalam ruangan namun mampu memberikan efek dramatis. Misalnya saja pada kabinet sehingga tampak lebih formal. Furniture dengan gaya kontemporer biasanya menggunakan jenis hasil finishing ini.

Produk Cat Kayu Terbaik untuk Digunakan

Tergantung dengan kemudahan aplikasi yang Anda inginkan dalam memilih cat. Sebagai saran ada dua produk cat kayu yang sangat mudah untuk digunakan. Cat ini memberikan hasil finishing warna solid dan Anda bisa mengaplikasikannya di permukaan kayu apapun.

Anda bisa memilih jenis cat yang diaplikasikan secara profesional atau DIY. Cat yang digunakan ini adalah cat dengan bahan dasar air sehingga lebih aman dan ramah lingkungan. Proses aplikasi juga tidak terlalu sulit. Berikut ini dua jenis cat yang direkomendasikan.

Bioduco chalk paint

Cat-kayu-chalk-paint-water-based

Cat yang pertama ini adalah jenis cat yang pertama kali ada di Indonesia. Chalk paint adalah jenis cat yang mudah diaplikasikan dengan kuas. Hasil warna solid yang diberikan akan menutup permukaan kayu secara sempurna. Bahkan Anda hanya membutuhkan air sebagai bahan pelarutnya.

Hasil finishing yang menggunakan chalk paint sangat bervariasi, Anda bisa memperlihatkan kesan halus atau rustic. Gaya vintage dan shabby chic dimana furniture terlihat rusak karena penggunaan biasanya memanfaatkan jenis cat ini.

Bioduco solid color

Cat duco kayu yang diaplikasikan menggunakan alat semprot. Hasil finishing lebih pada tampilan halus yang merata. Banyak para profesional yang menggunakan jenis cat ini. Anda bisa memilih tampilan gloss atau matte dari top coatnya.

Cat juga terbuat dari air sehingga akan menghemat budget finishing. Tidak perlu lagi takut akan pencemaran udara di lingkungan kerja Anda. Selain warna solid, pilihan lain tersedia dalam warna metalik.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH