Berikan Tampilan Baru Decking Rumah Anda dengan Cara Mudah Ini

Melakukan refinishing atau pengecatan ulang pada decking setiap beberapa tahun sekali akan mengurangi efek buruk kayu yang cepat retak dan lapuk. Kayu memiliki kemampuan untuk di amplas ulang dan dilapisi cat bari sehingga membuatnya menjadi bertahan lebih lama.

Tidak pada material lain dari kayu yang bisa digunakan sebagai decking dan bertahan lebih lama. Decking adalah bagian yang sering terkena perubahan cuaca baik panas dan hujan. Belum lagi jika Anda menggunakan decking kayu kolam renang.

Kandungan bahan kimia dalam air kolam renang mempercepat masalah pelapukan pada kayu. Inilah alasannya lapisan coating dari cat pentung untuk dipilih. Belum lagi masalah dari sinar UV dari matahari yang akan membuat warna kayu semakin pudar.

Jika Anda tidak memilih jenis cat yang memberikan perlindungan tersebut maka proses refinishing akan lebih sering dilakukan. Sebaiknya Anda mengganti produk cat untuk decking yang lebih baik dari tahun ke tahun hingga menemukan yang cocok.

Langkah-Langkah untuk Mengecat Ulang Decking Kayu

Decking kayu outdoor adalah masalah yang seringkali menghabiskan banyak uang para pemilik rumah. Namun hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda telah memilih produk cat yang tepat. Setidaknya tiga hingga lima tahun sekali Anda baru melakukan refinishing.

Hasil refinishing pada decking kayu tidak hanya untuk penampilan dan ketahanan saja namun juga meningkatkan nilai dari rumah Anda. Khususnya bagi Anda yang berencana untuk menjual rumah.

Ada beberapa langkah secara garis besar yang harus Anda lakukan untuk refinishing decking yaitu sebagai berikut ini:

  1. Inspeksi dan perbaikan
  2. Membersihkan
  3. Pengamplasan
  4. Pengecatan ulang

Tidak semua proses refinishing lengkap dengan empat langkah di atas. Misalnya saja tidak semua decking perlu di amplas dan beberapa lainnya hanya perlu dilapisi wood stain ulang. Pada banyak kasus wood stain harus dilapisi dengan tambahan top coat yang membentuk lapisan film.

Bagi para profesional untuk menyelesaikan proyek refinishing ini membutuhkan waktu beberapa minggu. Anda akan melihat bagaimana decking kayu yang kusam kembali menjadi baru kembali.

Persiapan Refinishing Decking yang Benar

Mari kita mulai dengan persiapan. Tidak ada proses finishing dan refinishing yang tidak membutuhkan persiapan. Proses persiapan dibutuhkan agar hasil pengecatan menjadi lebih rapi dan juga tahan lama.

Pada tahapan ini ada beberapa langkah yang perlu Anda kenali yaitu sebagai berikut ini:

Inspeksi dan Perbaikan

Langkah pertama untuk proyek refinishing decking adalah melalui inspeksi apakah terdapat beberapa papan kayu yang retak bahkan rusak. Masalah struktur termasuk dalam kayu yang lapuk sehingga adanya beberapa kayu yang terpisah.

Apabila Anda perlu mengganti bagian tersebut dengan kayu baru, lakukan dengan cara yang benar sebelum memulai refinishing. Cara untuk memperbaiki berbeda-beda bahkan Anda bisa menghilangkan lapisan pernis yang lama.

Bahan kimia khusus untuk menghilangkan lapisan cat diperlukan di sini. Jika sebelumnya decking di finishing dengan warna transparan Anda cukup membersihkannya saja tanpa harus menggunakan paint stripper.

Alasannya lapisan tersebut tipis jadi dapat dihilangkan dengan proses pengamplasan saja. Sangat direkomendasikan juga setelah Anda membersihkan permukaan decking, aplikasikan obat anti rayap dan jamur kemudian tunggu kayu mengering.

Cara Membersihkan Decking

Membersihkan secara dalam dan merata permukaan decking sangat penting dan harus berhati-hati. Anda bisa menggunakan selang dan menyiramkan air atau menggunakan selang khusus bertekanan untuk mengangkat kotoran yang ada di permukaan.

Dekatkan selang ke permukaan decking kemudian biarkan tekanan tinggi mengeluarkan air sehingga kotoran akan keluar dengan sendirinya. Tanpa harus menyikat permukaan decking Anda bisa mendiamkannya agar kering.

Mengamplas

Proses pengamplasan wajib hukumnya sebelum pengecatan khususnya pada jenis kayu yang memiliki banyak goresan. Jika permukaan kayu relatif baik Anda bisa memilih untuk mengamplas handrail yang mulai muncul perubahan warna.

Sangat mudah mengamplas jika Anda menggunakan orbital sander dan pastikan nomor kertas amplas yang digunakan tepat. Jika menggunakan kertas amplas dengan grit kasar sebaiknya lakukan pertama kali. Grit kasar akan mengangkat goresan dan bulu kasar pada kayu.

Manfaatkan mesin vakum setelah selesai pengamplasan. Debu bekas amplas harus benar-benar diangkat dengan sempurna sebelum Anda mengaplikasikan cat kayu.

Proses Pengecatan Decking Rumah

Anda mungkin sudah mempersiapkan decking secara sempurna, namun tugas belum berhenti sampai di sini saja. Anda harus mulai untuk melakukan pengecatan. Decking sudah memiliki lapisan kayu yang asli, dan disinilah Anda mulai bekerja sama seperti mengecat kayu pertama kali.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti, mulai dari pemilihan bahan finishing, alat dan juga cara mengaplikasikannya. Berikut ini tiga langkah terakhir yang harus Anda selesaikan.

Memilih Wood Stain

Penting untuk mengaplikasikan wood stain karena decking kayu bisa saja memiliki warna yang pucat. Wood stain akan mengembalikan kembali tampilan kayu menjadi lebih segar. Setelah wood stain Anda akan mengaplikasikan clear coat atau top coat yang memberikan lapisan film pelindung.

Biovarnish-wood-stain-water-based

Di antara produk wood stain, Anda bisa memilih cat kayu Biovarnish wood stain. Produk ini adalah cat kayu water based yang proses aplikasinya paling mudah yaitu dengan kuas. Anda membutuhkan produk ini karena waktu keringnya yang sangat cepat.

Setiap lapisan perlu dikuaskan dengan tipis dan dibentuk beberapa lapisan hingga warna yang diinginkan tercapai. Ada 20 pilihan warna natural untuk berbagai jenis kayu yang bisa Anda pilih dari Biovarnish wood stain.

Memilih Kuas

Tanpa alat maka Anda akan kesulitan dalam mengaplikasikan wood stain dan cat. Jika jenis cat yang akan Anda gunakan adalah Biovarnish wood stain maka Anda bisa menggunakan kuas dengan bulu nilon.

Pastikan Anda membeli kuas dengan harga mahal yang sepadan dengan kualitas yang diberikan. Jangan membeli kuas murah karena bulu dari kuas tersebut lebih cepat rontok. Semua kuas yang digunakan harus baru.

Cara Aplikasi Wood Stain untuk Decking

Kini saatnya mengecat, campurkan Biovarnish wood stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Kemudian aduk hingga merata, kuaskan ke seluruh permukaan decking searah dengan serat. Pastikan semua bagian terlapisi dengan baik.

Tunggu lapisan pertama mengering kemudian amplas ambang dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas kembali. Aplikasikan wood stain sekali lagi hingga mendapatkan warna yang lebih gelap dan menutup. Diamkan hingga kering dan lanjutkan dengan pengamplasan.

Lapisan terakhir adalah Biothane, cat ini adalah polyurethane top coat yang akan memberikan perlindungan dua kali lipat dibandingkan pernis biasa. Sama-sama menggunakan bahan air sehingga kompatibel dengan wood stain.

Campurkan Biothane dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk merata kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Pastikan tidak ada bagian yang terlewatkan kemudian diamkan selama semalaman. Lapisan coating akan mengeras dan membentuk perlindungan.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH