2 Langkah Mudah Aplikasi Cat Untuk Sangkar Burung Dengan Tampilan Mengkilap

Cara untuk membuat sangkar lebih menarik adalah dengan cat untuk sangkar burung baik itu warna natural maupun warna solid. Temukan cara mudahnya di sini.

Tidak semua jenis sangkar burung dapat digunakan dengan baik atau bertahan lebih lama. Hal ini biasanya dipenguruhi oleh lapisan cat untuk sangkar burung yang digunakan memiliki kualitas yang baik atau tidak.

Maka Anda harus memilih jenis sangkar burung yang berkualitas baik itu dalam hal penampilan dan juga dalam hal perlindungan. Dalam sejarahnya munculnya sangkar burung di awal negara Mesir.

Pada zamam kerajaan , Julius Caesar memberikan hadiah burung beo kala itu kemudian, penguasa Mesir memerintahkan untuk memebuat rumah untuk burung tersebut dan dibuatlah sangkar burung yang tebuat dari emas.

Kemudian sangkar burng berkembang dari zaman Mesir ke zaman Victoria di Eropa. Kali ini burung menjadi hobi pemeliharaan para bangsawan. Sangkar burung tersebut dibuat semewah mungkin agar dapat dipamerkan. Modern ini sangkar burung tidak lagi terbuat dari emas karena produk emas sangat mahal. Sangkar burung saat ini menggunakan material serat alama seperti kayu dan juga bambu bahkan ada juga yang menggunakan besi. Pemilihan jenis material ini harus disesuaikan oleh jenis burung. Jika Anda memelihara jenis burung pematuk seperti kenari maka sebaiknya pilihlah sangkar besi dibandingkan dengan sangkar burung dari bambu yang akan mudah habis.

Untuk membuat sangkar burung lebih tahan malam maka dibutuhahkan cat untuk sangkar burung berkualitas. Untuk mengaplikasikan cat untuk sangkar burung ini Anda bisa melalui dua cara yaitu dengan direndam maupun dengan dikuas. Kedua cara ini akan membantu Anda mendapatkan hasil sangkar burng yang terlindung dan juga memiliki tampilan yang menarik. Lalu seperti apakah cat yang seharusnya digunakan untuk sangkar burung ini? Simak dalam artikel ini.

Cat Untuk Sangkar Burung Untuk Tampilan Lebih Berwarna

Jika Anda menyukai tampilan yang berwarna untuk sangkar burung, hal ini dapat Anda wujudkan dengan sangat mudah. Bagimana dengan caranya? Anda bisa melakukan cara pengecatan menggunakan cat water based. Cat untuk sangkar burung ini bisa Anda dapatkan melalui webiste ini dan untuk cara aplikasinya Anda bisa mengikuti langkah berikut ini.

  1. Pastikan permukaan kayu bersih maupun permukaan besi. Untuk lapisan cat berwarna bisa digunakan untuk media kayu dan juga bisa. Jika Anda menggunakan besi pastikan tidak ada karat yang masih menempel dan untuk serat alam baik kayu dan bambu harus kering benar. Material yang masih kootor akan menghasilkan cat yang tidak rapi.
  2. Jiak Anda menggunakan cat kayu besi water based maka campurkan cat dengan air dengan perbandingan sesuai yang tertera pada kemasan cat. Aduk hingga rata kemudian aplikasikan. Anda bisa memilih aplikasi dengan kuas maupun dengan direndam. Lalu keringkan cat hingga kering benar baru diamplas ambang saja dengan kertas amplas no. 400. Untuk warna lebih baik Anda bisa mengulangi pengecatan 2 hingga 3 kali lapisan.
  3. Untuk tampilan sangkar lebih mengkilap Anda bisa mencampurkan top coat gloss dengan air kemudian aduk hingga rata. Anda bisa menguaskannnya ke seluruh permukaan sangkar dan ditunggu kering sekitar satu malam baru sangkar burung bisa digunakan.

Cat Untuk Sangkar Burung Untuk Tampilan Lebih Natural

Cat-untuk-sangkar-burung

Selain pemilihan sangkar burung yang berwarna Anda bisa juga memilih warna natural. Pemilihan warna natural ini ditujukan untuk sangkar burung yang terbuat dari serat alam. Pemilihan ini tentunya akan sangt bagus untuk jenis sangkar burung yang memiliki ukiran. Ukiran sangkar akan terlihat dengan baik dengan serta kayu yang terlihat.

Cat untuk sangkar burung warna natural yang disarankan adalah cat water based. Untuk cara aplikasinya pilihlah yang paling mudah yaitu dengan kuas. Cara aplikasi kuas juga bisa diganti dengan cara aplikasi direndam agar warna lebih merata tetapi tentu saja juga akan boros. Untuk cara mengecat bambu lengkapnya Anda bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Pastikan serat alam bersih baik itu bebas dari debu amplas dan juga kering. Biasanya membutuhkan MC 12%. Kayu atau bambu yang kering akan membuat cat lebih bertahan lama dan jamur tidak akan mudah tumbuh.
  2. Campurkan jenis cat yang Anda pilih sesuai dengan bahan pelarutnya dan aduk hingga rata. Setelah itu kuaskan ke seluruh permukaan sangkar burung searah serat. Lakukan hal ini hingga seluruh permukaan tertutup dengan baik. Lalu tunggu cat hingga kering baru diamplas dengan kertas amplas no. 400. Amplas ambang saja untuk memperhalus permukaan. Anda bisa mengulangi aplikasi kembali hingga mendapatkan warna yang diinginkan.
  3. Untuk tampilan mengkilap Anda bisa memilih top coat gloss dan campurkan dengan bahan pelarutnya. Aduk rata dan aplikasikan dengan kuas ke seluruh permukaan sangkar burung. Tunggu cat hingga mengering sekitar satu malam kemudian baru dapat digunakan.

Cara aplikasi dengan kuas ini bisa Anda ganti dengan cara direndam walaupun cara direndam ini akan membuat lebih boros. Anda bisa mengulangi perendaman hingga mendapatkan warna yang diinginkan.

Jenis Cat Sangkar Untuk Burung Yang Bagus

Jiks Anda sudah mendapatkan cara mengecat sangakar burung lalu jenis cat untuk sangkar burung seperti apakah yang bagus? Seperti yang telah disebutkan beberapa kali dalam cara aplikasi diatas, jenis cat yang disarankan adalah cat kayu water based. Pemilihan cat water based sendiri bukan karena tanpa pertimbangan. Saat ini cat water based lebih banyak digunakan baik di Indonesia maupun di luar negeri bahkan untuk standar ekspor ke Eropa dan Amerika. Cat water based terbuat dari bahan resin dan juga air yang aman dan ramah lingkungan. Bahan air berbeda dengan bahan solvent yang mengandung bahan kimai berbahaya. Bahkan di luar negeri telah dibuat standar regulasi yang disebut dengan ECHA ( European Chemical Agency) dan juga US EPA (Enviromental Protection Agency). Dalam peraturan ECHA terdapat lebih dari 82 jenis bahan kimia berbahaya yang dilarang untuk digunakan di dalam bahan cat. Sedangakn dalam US EPA telah diatur ambang batas penggunaan VOC (Volatile Organic Compound) agar tidak menimbulkan polusi di dalam ruangan.

Jenis cat water based yang memenuhi standarisasi kedua regulasi tersebut di Indonesia adalah produk Biovarnish dan juga Orchid. Cat kayu Biovarnish adalah jenis cat warna natural yang bisa Anda pilih karena memiliki warna transparansi yang jelas sehingga serat kayu dapat terlihat dengan baik Sedangkan untuk cat kayu besi Orchid akan memberikan warna solid dengan pilihan warna yang lebih bervariasi. Dari kedua produk tersebut Anda bisa memilih manakah produk yang sangat Anda butuhkan saat ini. Untuk mendapatkan kedua produk ini Anda bisa langsung membelinya di alamat Jalan Raya Kudus No 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah. Anda juga bisa menghubungi nomor WA di 08122-525-9280 atau telepon di 0291-598992.

Artikel "Based Knowledge"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.