Tips dan Trik Mudah Finishing Kayu dengan Spray Gun

Tak ada yang bisa menyaingi tingkat kehalusan dari finishing kayu  menggunakan spray gun. Tak hanya soal tampilan tetapi juga perlindungan pada media kayu. 

Finishing dengan spray gun hingga saat ini tak hanya dikuasai oleh para profesional. Sudah banyak penghobi kayu yang memanfaatkan spray gun untuk finishing. Keunggulan menggunakan spray gun saat finishing adalah Anda tak perlu khawatir dengan hasil yang dipenuhi bekas sapuan kuas

Hanya saja, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menyemprot. Seperti hasil semprotan yang sagging, tidak merata, jenis spray gun serta bahan finishingnya. Praktik adalah solusi terbaik agar bisa bekerja layaknya profesional. 

Untuk Anda berencana mengecat menggunakan spray gun, perhatikan tips dan triknya berikut ini. 

Bahan Finishing Kayu yang Spray Gun Friendly

Hal yang perlu diperhatikan bukan sekedar cara finishing kayu natural atau solid saja tetapi juga produk yang digunakan. Jika Anda bertanya apakah produk yang spray gun friendly? Jawabannya adalah produk berbasis air. 

Cat water based lebih baik hasilnya dibandingkan cat solvent, karena solvent tidak banyak mengandung bahan organik. Saat penyemprotan berlangsung Anda tak perlu khawatir soal kesehatan karena terlalu banyak menghirup zat berbahaya. 

Di pasaran, bahan finishing kayu yang paling disarankan adalah Biovarnish. Terdiri dari sanding sealer, liquid stain dan clear coat juga wood filler menjadikannya produk terfavorit. Yang terpenting adalah produk ini berbasis air sehingga tak akan membahayakan kesehatan Anda. 

Mengukur Viskositas Larutan Cat

Cara finishing kayu yang pasti berhasil dimulai dengan pengukuran viskositas bahan finishing. Viskositas adalah tingkat kekentalan dari sebuah fluida yang diukur di sini adalah cat. Biovarnish menyarankan Anda untuk mendapatkan viskositas 11-12 detik NK2. 

Ada beberapa cara supaya Anda bisa mencapai viskositas tersebut.

  1. Aduk bahan finishing kayu dengan baik tanpa menimbulkan bubble. Jika muncul bubble tunggu sampai hilang sebelum pengukuran. 
  2. Masukan cup NK2 sampai terisi penuh dengan cairan. 
  3. Mulai stopwatch di waktu yang bersamaan ketika Anda mengangkat cup NK2 dan pastikan sejajar atau lurus. 
  4. Biarkan larutan cat turun sampai Anda melihat pergerakan berhenti dan saat bersamaan hentikan stopwatch. 
  5. Perhatikan angka yang muncul pada stopwatch yang menentukan viskositas dari larutan cat tersebut. 

Anda bisa membuat viskositas sesuai dengan aturan yang dianjurkan brand Biovarnish. 

Tips Trik Teknik Penyemprotan Masing-Masing Cat

Sebelum Anda mulai mengecat sebaiknya rancang volume, ukuran dan arah penyemprotan serta kecepatan mengarahkan spray gun. Pastikan jarak antara tangan dengan kayu tepat sehingga tidak menimbulkan sagging. 

Untuk cara penyemprotan sesuai dengan tipe finishing kayu yang digunakan bisa mengikuti tips berikut ini. 

• Penyemprotan sanding sealer

Cat water based terkenal mampu menaikkan minyak kayu sehingga membuat tampilan menjadi tidak menarik. Untuk masalah ini Anda bisa menanganinya dengan aplikasi sanding sealer sebelum stain atau clear coat. 

Lakukan pengampelasan ke permukaan kayu dengan Nomor 180 aluminium oxide. Selanjutnya, bersihkan debu hasil pengampelasan. Aplikasikan dua lapisan coating tipis dan tunggu kering. Lakukan pengampelasan secara ambang. 

• Penyemprotan liquid stain

Supaya mendapatkan warna kayu finishing yang maksimal,  Anda membutuhkan aplikasi liquid stain. Anda bisa mengaplikasikannya di atas sanding sealer yang sudah mengering. Selanjutnya, semprotkan stain dua kali lapisan yang tipis. 

Apabila terdapat warna yang tidak merata, amplas kemudian semprotkan kembali. Warnanya memang akan terlihat lebih gelap tapi cara ini cukup untuk menghindarkan Anda dari naiknya minyak kayu. Trik ini paling sering dilakukan pada jenis kayu pinus yang berpori besar. 

Jika Anda menggunakan cat solvent, tidak perlu disemprotkan. Setelah sealer kering kuas cat solvent ke permukaan kemudian ratakan dengan kain kering. Tunggu lapisannya mengering setelah 12 jam. 

• Penyemprotan clear coat

Semprotkan Biovarnish Clear Coat ke permukaan kayu sampai terlihat permukaan seperti kulit jeruk. Tak perlu khawatir dengan hasil sementara ini. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu mengaplikasikan lapisan kedua sampai hasilnya lebih halus. 

Jika clear coat memiliki warna putih susu di kaleng dan Anda melihat warna yang sama di permukaan kayu artinya lapisan terlalu tebal. 

Mengatasi masalah finishing kayu dengan lapisan clear coat yang terlalu tebal ini, Anda bisa menghapus permukaannya dengan kain kering. Hapus lapisan yang masih basah atau yang sedikit mulai mengering dan ulangi penyemprotan. 

Pastikan permukaan sudah halus baru membiarkan clear coat menjadi kering selama semalaman. 

Jenis finishing furniture menggunakan spray gun sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan Anda tetap percaya diri dan tahu trik membuat viskositas yang tepat, sehingga cat akan langsung menempel setelah disemprotkan tanpa menciptakan sagging dengan teknik tepat. 

Bagi Anda yang ingin mengecat dengan spray gun pastikan menggunakan Biovarnish series. Produk ini bisa langsung didapatkan melalui beberapa link berikut ini. 

  1. https://www.tokopedia.com/biopaint102 
  2. https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish 
  3. https://shopee.co.id/biovarnish.official 

 

Artikel "Teknik Aplikasi"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH