Trik Penting Saat Memilih Mainan Kayu untuk Anak yang Aman

Popularitas mainan kayu semakin meningkat karena tingkat keamanannya yang lebih baik. Produk mainan ini bukan hanya menguntungkan untuk bisnis tetapi juga semua konsumen yang ingin menjaga keamanan keluarga. 

Secara umum, mainan dari bahan kayu adalah pilihan yang lebih baik dibandingkan mainan plastik. Ada begitu banyak keuntungan yang didapatkan Anda nantinya. Khususnya untuk jenis mainan kayu yang dibuat untuk anak usia balita. 

Warna-warni  mainan dan bentuk sangat membantu kemampuan anak saat tumbuh dan berkembang. Menggunakan mainan kayu susun akan membantu kemampuan berpikir kognitif anak hingga meningkatkan kreativitas. Tapi jangan asal beli mainan dari kayu juga. 

Anda harus selektif dalam memilih mainan yang tidak memiliki potensi membahayakan keamanan soal kesehatan anak. Karena memastikan mainan anak aman akan membuat permainan jadi lebih menyenangkan. 

Memilih Mainan Kayu Berdasarkan Jenis Material 

Pada saat memilih mainan dari bahan kayu, ada tiga aspek yang harus diperhatikan, pertama adalah memilih materialnya, kedua bagaimana konstruksi dan terakhir finishing. Ketiga aspek ini sangat penting untuk diperhatikan, jadi jangan hanya dilihat dari segi harga dan warna saja. 

Pertama yang harus diteliti adalah material kayu yang digunakan. Tidak semua jenis kayu untuk mainan anak itu benar. Ada jenis kayu yang mengandung toxic sehingga tidak disarankan dalam pembuatan mainan. 

Jenis kayu yang tepat untuk digunakan haruslah kayu solid, kualitasnya bagus dan non toxic. Berikut ini beberapa pembahasan dalam pemilihannya. 

  • Kayu Komposit

Jenis kayu pertama yang cukup terkenal digunakan untuk pembuatan furnitur adalah kayu komposit. Beberapa jenis yang termasuk kayu komposit adalah plywood, MDF, particle board, dll. Dilihat dari jenisnya, Anda pasti sudah bisa membayangkan bentuk dari kayu ini. 

Komposisi yang dimiliki kayu sebagian besar adalah serbuk kayu yang dihaluskan hingga menjadi tepung. Kemudian dicampur dengan biji plastik dan zat aditif lainnya untuk direkatkan. 

Zat aditif dan biji plastik ini mengandung toxic seperti formaldehyde yang dikenal dengan bahan karsinogen. Kayu ini sangat tidak disarankan untuk pembuatan mainan kayu

  • Kayu yang mengandung toxic

Ketika Anda mengamplas sebuah kayu, serbuknya bisa menimbulkan masalah pada saluran pernapasan. Namun setelah kayu dilapisi bahan finishing akan menjadi lebih aman. Tapi ada juga beberapa jenis kayu yang diklasifikasikan berbahaya karena memiliki kandungan toxic. 

Kayu inilah yang harus dihindari karena walaupun sudah dilapisi cat tetap menimbulkan gangguan bagi orang sensitif. Jenis kayu tersebut akan menimbulkan iritasi pada mata hingga saluran pernapasan. 

Beberapa jenis kayu yang perlu dihindari adalah maple, blackwood, red cedar, rosewood, dan cypress. 

  • CCA Treated TIimber

Material selanjutnya yang berbahaya untuk dipilih adalah Chromated Copper Arsenate (CCA) yang biasa digunakan untuk penggunaan luar ruangan. Bahan ini memiliki kandungan arsenik yang sangat tinggi. 

Anak-anak yang memegang kayu jenis ini harus segera mencuci tangan agar tidak terjadi kontak terlalu lama dengan toxic di dalamnya. Oleh karena itu mainan yang terbuat dari jenis kayu ini dilarang. 

  • Kayu bekas peti kemas

Pengemasan barang dalam peti kemas atau kayu palet ini juga berbahaya ketika digunakan untuk material mainan anak-anak balita. Memang banyak dan harganya sangat murah, tetapi soal keamanannya tidak terjamin. 

Kayu bisa saja memiliki kandungan toxic hingga jamur berbahaya. Karena selama pengiriman melalui jalur laut suhu dalam peti kemas lembab. Hal inilah yang menyebabkan bakteri berkembang di dalam pori kayu. 

Mempertimbangkan Konstruksi Mainan Anak

Sebelum masuk ke finishing mainan kayu hal lain yang harus Anda perhatikan adalah soal konstruksi. Bagaimana mainan tersebut dibuat sehingga hasilnya tidak membahayakan anak-anak. Biasanya pengrajin mainan kayu akan membuatnya sesuai dengan usia anak yang direkomendasikan. 

Ada dua kategori mainan yang dijual di pasaran yaitu untuk anak di bawah 36 bulan dan di atas 36 bulan. Menyesuaikan mainan dengan usia ini juga membantu kemudahan mereka untuk memahami apa maksud dari permainan tersebut. 

Dalam pemilihan konstruksi, berikut ini yang harus diperhatikan. 

• Ukuran

Dulu mainan kayu tidak mudah dipilih ukuran tepatnya. Pengukuran mainan hanya disesuaikan dengan usia saja, namun ukuran tidak terlalu diperhatikan. Untungnya saat ini banyak toko yang menjual dengan spesifikasi lengkap. Anda bisa membeli dengan membaca detail terlebih dahulu. 

• Kekuatan

Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah kekuatan. Anak di bawah usia 36 tahun memiliki kebiasaan membanting,  memukulkan bahkan merusak mainan hingga memasukan mainan ke dalam mulut. Jadi mainan yang dipilih harus kuat dan mampu bertahan walaupun digunakan saat bermain. 

• Sambungan 

Konstruksi yang juga perlu diperhatikan adalah bagaimana sambungan pada kayu dibuat. Jika mainan itu adalah balok susun maka tidak masalah, karena tak ada sambungan yang digunakan. Namun jika mainan kayu berbentuk kuda-kudaan yang bisa ditunggangi maka perlu sambungan yang kuat untuk dicek terlebih dahulu. 

• Hasil finishing yang halus

Finishing juga termasuk dari bagian konstruksi dan permukaan mainan kayu harus membuatnya halus. Anda tentu tak ingin anak Anda terluka karena terkena serpihan kayu pada permukaan mainan yang tidak rata bukan? 

Biasanya produsen mainan kayu memiliki quality control tersendiri terhadap mainan yang mereka buat. Anda hanya harus mengecek ulang sebelum membeli untuk memastikan kualitasnya sudah sesuai.  

Pentingnya Memilih Finishing Mainan Kayu yang Non Toxic 

Baik itu mainan edukasi atau mainan yang digunakan untuk hiburan saja tetap membutuhkan lapisan coating yang non toxic. Anda perlu memastikan bahwa tak ada kandungan toxic di dalam cat. Cobalah untuk bertanya pada produsen mainan cat apakah yang mereka gunakan. 

Bagi Anda yang berencana untuk mengecat mainan sendiri maka akan lebih mudah untuk mencari produk mana yang tepat. Tak banyak orang yang tahu bahwa finishing mainan kayu bisa saja mengandung timbal atau formaldehyde. 

Semua itu berasal dari bahan cat yang digunakan dan termasuk toxic tinggi. Di sisi lain produsen juga dituntut untuk menghemat budget finishing, karena cat beas toxic itu harganya tidak murah. Maka akan lebih aman jika Anda melakukan finishing sendiri di rumah. 

Bioduco chalk paint dan top coat adalah pilihan terbaik bagi Anda yang bingung mencari cat kayu aman. Kedua cat ini mampu memberikan lapisan kuat pada permukaan kayu sehingga warna dan kekuatan cat bertahan lebih lama. 

Anda tak perlu khawatir soal mainan yang mudah tergores karena dimainkan dengan dilempar atau dipukul-pukul ke lantai.  Ditambah lagi Anda tak perlu khawatir mainan kayu akan menimbulkan masalah kesehatan pada anak, karena bahan pelarut yang digunakan adalah air. 

Chalk paint dan top coat water based ini termasuk hemat untuk digunakan, Anda juga bisa mengaplikasikannya hanya dengan kuas. Bagaimana tertarik untuk menggunakan cat kayu ini? Anda bisa melakukan pembelian langsung dengan menghubungi link berikut ini:

  1. https://www.tokopedia.com/catkayu 
  2. https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased 
  3. hhttps://shopee.co.id/biovarnish.official 

Artikel "Featured"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH