Cara Mengecat Sangkar Kayu untuk Burung itu Mudah, Begini Langkahnya

Apakah sangkar burung di rumah Anda membutuhkan lapisan cat yang baru? Anda juga tidak yakin jenis cat kayu apakah yang seharusnya digunakan. Memilih cat untuk sangkar secara sembarangan bisa bahaya.

Cat dapat melepaskan gas yang mengandungung bahan voc (volatile organic compound). Kandungan gas yang berbahaya ini tentu saja dapat mempengaruhi kesehatan dari burung Anda. Belum lagi jika burung suka mematuk sangkar. Maka lapisan cat akan masuk melalui paruh mereka.

Cara Mengecat Sangkar Kayu Untuk Burung Itu Mudah

Cat yang mengelupas dan tidak sengaja termakan akan membahayakan kesehatan. Lalu bagaimana Anda harus memperbarui sangkar lama menjadi baru? Pada artikel ini Anda akan mengetahui bagaimana cara memilih dan mengecat sangkar burung dengan mudah dan aman.

Bagaimana Cara Memilih Cat untuk Sangkar Burung

Pada saat dimana Anda akan mulai mengecat, pastikan burung telah dipindahkan. Semua proses mengecat harus dilakukan di ruangan yang berbeda. Suara kompresor atau amplas akan sangat mengganggu burung.

Selain itu pastikan juga ruangan Anda mengecat memiliki ventilasi udara yang baik. Walaupun Anda sudah memilih jenis cat yang aman dan ramah lingkungan tetapi cat tetap memiliki kandungan voc walaupun rendah.

Sirkulasi udara yang baik juga akan membantu lapisan cat untuk bisa segera mengering. Setelah itu barulah Anda memilih jenis cat seperti apa yang seharusnya dibeli dan digunakan.

Memilih cat harus dilakukan jauh hari sebelum Anda memulai proses mengecat. Hal ini dilakukan untuk menghindari jika ternyata di daerah Anda cat yang aman sulit untuk didapatkan.

Cat yang disemprotkan dengan hasil mengkilap selalu menghasilkan finishing terbaik. Selalu tanyakan kualitas hasil kilap yang diberikan. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk salah membeli produk cat yang terlalu mahal.

Lapisan coating yang dihasilkan cat dengan tampilan gloss selalu menghasilkan lapisan cat yang mengkilap. Lapisan film yang tipis dan berlapis kuat sangat keras untuk terkena goresan bahkan untuk dipatuk oleh burung di dalam sangkar.

Namun tetap ingat jangan gunakan cat terlalu berlebihan, gunakan jumlah lapisan yang tepat. Jika hasil finishing sudah mengkilap dengan cukup baik maka berhenti. Cat kayu gloss memiliki lapisan coating yang kuat dan biasanya berpenampilan menarik dengan resin yang kuat.

Anda juga bisa memilih warna, khusus untuk sangkar yang terbuat dari kayu finishing natural lebih banyak dipilih. Mengecat sangkar burung agar berpenampilan natural lebih menarik dan apabila terjadi kerusakan goresan tidak akan terlalu terlihat.

Apabila Anda ingin menggunakan cat kayu warna natural maka perpaduan wood stain dan juga pernis sangat dibutuhkan. Selanjutnya adalah keamanan dari jenis cat yang dibeli. Faktor ini sangat penting dan harus Anda [perhatikan.

Saat ini jenis cat kayu yang aman dan ramah lingkungan tidak lain adalah cat kayu water based. Cat ini membatasi kandungan lead, formalin dan merkuri serta logam berat atau voc yang lainnya. Pembatasan ini karena mengingat faktor keamanan lingkungan.

Cara Mengecat Sangkar Kayu Untuk Burung Itu Mudah

Cat kayu BioColours merupakan cat kayu yang diaplikasikan dengan alat semprot cocok untuk sangkar burung. Cat memiliki kandungan voc yang dibatasi. Selain itu cat juga akan membentuk lapisan coating yang sangat kuat.

Hasil warna natural yang diberikan lebih tahan lama daripada jenis cat dikelasnya. Proses aplikasi menggunakan air adalah ciri cat kayu yang aman digunakan untuk sangkar burung. Ketika Anda mengaplikasikannya tidak ada aroma atau gas yang keluar sehingga menimbulkan pusing, batuk hingga iritasi kulit.

Langkah-Langkah Mengecat Sangkar Burung

Cat kayu water based BioColours adalah jenis cat kayu yang sangat disarankan untuk digunakan. Cat yang aman ini terdiri dari empat produk yaitu wood filler, sanding sealer, wood stain dan juga top coat.

Apabila Anda mengaplikasikan empat produk tersebut secara berurutan dan lapisan tipis yang cukup maka sangkar burung akan terlindungi dengan maksimal. Apa saja langkah yang perlu dilakukan untuk mengecat sangkar burung? Anda bisa mengikutinya berikut ini:

  • Persiapan

Tanpa adanya persiapan maka hasil finishing tidak akan maksimal. Jika Anda akan mengecat sangkar lama sangat penting untuk menghilangkan lapisan cat lama dan kotoran yang menempel. Lapisan tersebut akan mempengaruhi cat baru tidak akan menempel.

Hilangkan lapisan cat lama kemudian dilakukan pengamplasan. Proses amplas dilakukan dengan amplas kasar untuk membuka pori kayu. Serat untuk menghilangkan lapisan cat kayu yang lama hingga benar-benar bersih.

Pastikan sangkar yang bersih terbebas dari debu atau kotoran yang masih menempel seperti debu bekas pengamplasan.

  • Pengisian pori kayu

Anda perlu mengisi pori kayu untuk membuat setiap bagian sangkar lebih kuat. Mengisi pori kayu adalah tugas dari BioColours wood filler. Encerkan wood filler dengan sedikit air kemudian usapkan menggunakan kain kering ke permukaan sangkar.

Tekan hingga wood filler benar-benar mengisi pori secara maksimal. Tunggu permukaan filler mengering kemudian lanjutkan dengan proses pengamplasan. Gunakan amplas 240 hingga warna dan serat kayu sangkar burung terlihat. Jangan lupa bersihkan sangkar burung dari debu amplas.

  • Memberikan cat dasar

Kini saatnya bagi Anda memberikan cat dasar kayu yaitu BioColours sanding sealer. Produk ini akan menghasilkan warna transparan dan berfungsi menjadi media perantara untuk lapisan di atas dan di bawahnya.

Campurkan BioColours sanding sealer dengan air dan semprotkan merata ke seluruh bagian sangkar. Tunggu sangkar mengering kemudian lanjutkan dengan pengamplasan ambang.

Gunakan amplas 400 hingga sanding sealer menjadi lebih halus. Bersihkan debu amplas bekas pengamplasan.

  • Memberikan warna pada sangkar

Kini saatnya bagi Anda memberikan warna pada sangkar menggunakan produk BioColours wood stain. Tersedia 20 jenis warna natural yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Proses aplikasinya tidak jauh beda dengan sanding sealer.

Campurkan BioColours wood stain dengan air hingga merata kemudian semprotkan ke seluruh permukaan sangkar kayu. Lanjutkan dengan pengeringan selama 60 menit tanpa dijemur. Amplas sangkar yang kering dengan kertas amplas nomor 400.

Jika sudah halus dan warna kurang gelap, Anda bisa mengaplikasikan wood stain kembali. Proses aplikasi bisa dilakukan berulang hingga mendapatkan warna yang diinginkan. Pastikan setiap lapisan telah diamplas dengan sempurna.

  • Mengaplikasikan pernis

Apa itu pernis? Cat ini adalah lapisan akhir yang memberikan hasil transparan dan lapisan film yang kuat. Pernis dalam BioColours adalah top coat, dan Anda perlu memilih tampilan gloss yang lebih kuat.

Campurkan BioColours top coat gloss dengan air kemudian lanjutkan dengan penyemprotan. Lakukan hingga top coat merata jangan sampai terdapat sangkar yang belum terlapisi.

Proses pengeringan cukup lama, Anda perlu mendiamkan sangkar dalam ruangan selama semalaman. Cat akan mengering dalam waktu 24 jam. Sama seperti wood stain, jika lapisan pertama kurang rata Anda bisa mengaplikasikan cat kembali.

Syaratnya Anda harus menunggu cat kering selama 60 menit, amplas ambang baru diaplikasikan lapisan terakhir. Jumlah lapisan top coat yang disarankan maksimal adalah 2 lapis.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH