Apakah Cat Kayu Terbaik untuk Kandang Burung? Intip Produknya Di Sini

Meningkatnya hobi memelihara burung baik di Indonesia dan di luar negeri maka meningkat pula kebutuhan sangkar atau kandang burung. Begitu juga dengan kebutuhan cat kayu terbaik yang akan digunakan sebagai pelapis kandang agar tahan lama terlebih kandang akan sering dijemur dan terkena panas matahari.

Bebagai bentuk sangkar burung diciptakan oleh produsen kandang burung mulai dari bentuk persegi panjang, persegi dan yang paling terkenal adalah poligonal karena bagian bawahnya sering diberi ukir-ukiran. Kandang juga bisa dibentuk besar atau kecil tergantung jenis burung yang akan ditempatkan. Kandang burung membutuhkan baki pada bagian bawahnya yang mudah dilepas untuk memudahkan membersihkan. Maka dibutuhkan pula cat kayu terbaik untuk melapisi kandang burung.

Mengenal Sejarah Kandang Burung

Setiap benda yang diciptakan selalu memiliki history dibalik penciptaannya salah satunya adalah kandang burung. Tempat untuk menikmati keindahan dan bentuk eksotis dari burung berawal dari mesir. Di Mesir burung yang ditangkap adalah burung beo dan merpati. Kemudian burung tersebut dikurung di dalam sangkar dari ranting kayu. Jika di dalam ruangan burung hanya diberikan pada sebuah tiang dengan rantai yang diletakan pada salah satu kakinya.

Cat-kayu-terbaik-untuk-sangkar-burung

Kemudian sangkar burung berkembang di Roma , Alexander Agung yang mendapatkan burung parkit dari salah satu jendralnya memelihara burung tersebut di dalam sangkar dan diberi nama parkit Alexandrine.

Mulai dari zaman ini burung hanya dimiliki oleh kaum bangsawan. Kemudian pada era victoria, sangkar burung yang tadinya hanya berbentuk sederhana dari rantingkayu kemudian ditambah dengan ukir-ukiran. Burung mulai menjadi trend hewan peliharaan dan dibawa oleh pedangang rempah rempah ke seluruh dunia dengan berbagai jenis dan keindahannya. Pada zaman ini material kayu dan bambu sudah mulai digunakan hingga saat ini.

Material yang berkembang hingga saat ini adalah wire, akan tetapi material ini mudah berkarat apabila kandang sering terkena air. Berbeda dengan kayu yang hanya membutuhkan cat kayu terbaik sebagai bahan pelapis untuk menjaga dari perubahan cuaca.

Tips Memilih Cat Kayu Terbaik Untuk Kandang Burung

Di benua Asia kandang dengan material kayu dan bambu lebih populer berbeda dengan Amerika yang lebih memilih material wire. Material kayu relatif murah, mudah dibuat, dapat diukir, dan juga aman untuk burung. Material wire yang mudah berkarat akan membahayakan kesehatan burung. Untuk memilih kandang burung yang aman maka lebih menuju pada material kayu. Akan tetapi tidak lengkap rasanya jika tidak menggunakan cat kayu terbaik dengan tampilan mengkilap.

Supaya Anda tidak salah memilih jenis cat kayu untuk sangkar burung yang terbaik, beberapa tips berikut untuk memilihnya bisa dipilih dengan tepat sebagai berikut ini:

  • Memastikan tidak memiliki toxic

Cat terbuat dari bahan kimia, untuk memastikan bahwa bahan kimia yang digunakan dalam pembuatan cat tidak berbahaya Anda bisa memperhatikan kandungan toxic di dalamnya. Tidak semua bahan finishing bisa digunakan untuk sangkar burung karena toxic atau lebih tepatnya logam berat di dalamnya terlalu tinggi. 

Beberapa zat yang termasuk logam berat adalah formalin, timbal, merkuri, toluene dan masih banyak lagi. Semua zat tersebut tidak dibutuhkan oleh tubuh manusia oleh karena itu tidak cocok juga jika diaplikasikan pada sangkar burung. Anda pasti tidak mau kandang burung yang seharusnya aman justru mengandung bahan beracun. 

  • Menggunakan bahan pelarut air

Selain memperhatikan jenis zat apa saja yang digunakan, produk cat yang aman untuk sangkar burung juga memiliki ciri memiliki bahan pelarut air. Bahan air ini membuktikan bahwa kandungan toxic di dalam cat rendah sehingga tidak membahayakan. 

Ditambah lagi ketika bahan pelarut ini digunakan justru membuat lapisan coating lebih cepat kering dibandingkan dengan thinner. Air akan menguap dengan mudah dan tidak masuk ke tahapan penjemuran. 

  • Jangan lupakan soal warna

Anda juga jangan lupa untuk memilih warna dari bahan finishing. Walaupun hasil finishing yang diberikan adalah warna natural, namun ada banyak pilihan warna yang tersedia di dalamnya. Pilihan warna inilah yang akan membuat sangkar burung menjadi lebih indah. 

Untuk warna natural favorit yang paling banyak dipilih tidak lain adalah warna kayu jati, warna walnut hingga warna oak. Anda bisa menyesuaikan dengan warna asli kayu yang digunakan untuk pembuatan sangkar burung. 

  • Tampilan akhir kandang burung

Selain warna, hasil tampilan sangkar yaitu tingkat kilapnya juga perlu diperhatikan. Tidak semua bahan finishing bisa digunakan untuk sangkar karena tingkat kilap atau sheen levelnya berbeda. Akan lebih baik jika Anda menggunakan cat yang memiliki sheen level tinggi yaitu gloss.

Sheen level tinggi akan membuat lapisan coating sendiri lebih mudah untuk perawatan. Apalagi sangkar burung adalah kayu yang pasti sering terkena sinar matahari bahkan goresan karena sering dibersihkan. Tampilan gloss akan menahan supaya permukaan kayu tidak terlihat goresannya. 

  • Tidak menimbulkan bau menyengat

Tidak sedikit pabrik sangkar burung yang masih memanfaatkan cat kayu berpelarut thinner dengan bau sangat menyengat. Bahkan ketika kandang burung dijual di toko masih terasa aroma menyengat cukup menusuk hidung. 

Padahal jika aroma tersebut muncul artinya logam berat yang terkandung jumlahnya berlebihan. Tentu saja hal inilah yang akan membuat masalah kesehatan pada burung. Banyak sekali bahan finishing yang harus diperhatikan dari segi aromanya, karena menandakan bahan finishing tersebut aman. 

Melalui kelima tips ini, Anda akan semakin mudah menemukan produk cat yang aman dan ramah lingkungan. Bukan hanya sekedar aman untuk burung, tetapi tampilannya bagus dan tidak berbahaya bagi lingkungan. 

Apabila Anda sedang mencari produk aman, sebaiknya gunakan cat kayu water based Biovarnish. Cat ini menggunakan pelarut air dengan 20 pilihan warna natural yang sangat lengkap. Anda bisa memilih manakah bahan finishing dengan warna sesuai untuk kandang burung. 

Supplier-cat-kayu-BioVarnish

Cat untuk kayu dan bambu terbaik serta aman bisa didapatkan dalam produk BioVarnish. Bahan pencampur air menjadi keunggulan yang tidak terelakan. Selain itu juga kandang yang sering digunakan untuk menjemur burung warna kandang tidak akan mudah mengelupas dengan cat kayu BioVarnish. Tampilan mengkilap dari cat kayu BioVarnish hanya membutuhkan top coat gloss saja. Tampilan mengkilap pun tidak akan mudah memudar karena sering terkena panas matahari. Maka segera pilih cat kayu BioVarnish untuk finishing kandang burung Anda dengan menghubungi costumer service via telp, WhatsApp (WA) dan sms ke no. 0878-3934-6433 atau 0822-2026-5056.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH