Manakah Pernis Bambu yang Tahan Lama dan Aman? Cek Di Sini Produknya

Siapa yang tidak mengenal bambu? Material serat alam ini sangat banyak digunakan di Indonesia bahkan menjadi industri ekspor terbesar. Bambu diekspor dalam bentuk mentah dan juga jadi seperti kerajinan atau furniture. Semua olahan bambu tentunya telah di finishing sehingga memiliki penampilan yang menarik. 

Tidak semua jenis cat atau pernis cocok diaplikasikan pada bambu apalagi jika hendak diekspor. Pernis bambu yang digunakan harus berkualitas mengingat pengiriman jarak jauh biasanya memudahkan cat untuk mengelupas. Anda harus memilih pernis untuk bambu yang tahan lama, mampu melindungi sekaligus memberikan tampilan furniture yang menarik. 

Apakah jenis cat untuk bambu yang memiliki kualitas tersebut? Saat ini ada puluhan merk untuk cat yang digunakan untuk bambu di pasaran. Penting untuk mengetahui manakah jenis cat yang terbaik untuk digunakan, khususnya jika Anda hendak mengekspor furniture bambu. 

Ada dua aspek yang perlu diperhatikan ketika memilih cat pernis bambu. Pertama adalah ketahanannya, apakah bisa bertahan bahkan pada proses pengiriman yang cukup lama. Kedua adalah keamanan dari vernis, dimana cat harus aman digunakan baik di lingkungan. Inilah jenis pernis kayu terbaik yang bisa Anda gunakan.

Pernis Bambu Terbaik dan Aman untuk Digunakan

Dilihat dari puluhan merk, Anda akan menemukan Biovarnish clear coat. Produk ini adalah pernis kayu yang juga bisa digunakan untuk serat alam lain seperti bambu. Biovarnish clear coat memenuhi kedua aspek yang dibutuhkan bambu untuk diekspor yaitu tingkat keamanannya dan juga tingkat ketahanannya. 

Selain aman dan tahan lama, ada beberapa keuntungan lain yang akan didapatkan. Berikut untungnya bambu yang dicat dengan Biovarnish. 

  1. Memiliki dua tampilan menarik yaitu gloss dan matte.
  2. Cepat kering sehingga Anda bisa cepat menyelesaikan finishing
  3. Daya tutup yang bagus sehingga permukaan bambu akan tertutup merata.
  4. Data sebar yang cukup luas membuat cat tidak boros digunakan.
  5. Memberikan perlindungan panas dan hujan hingga mikroorganisme. 

Semua keuntungan dari menggunakan Biovarnish akan didapatkan jika menggunakan paket lengkap. Mulai dari Biovarnish wood filler, wood stain dan juga clear coat. Masing-masing lapisan coating harus digunakan secara merata dan berlapis tipis saja. 

Sifat Aman yang Diberikan Biovarnish Clear Coat untuk Bambu

Sebagai pernis untuk bambu yang aman, Biovarnish memiliki alasan tersendiri mengapa disebut cat aman dan ramah dan ramah lingkungan. Sifat aman ini akan diberikan terhadap lingkungan, pengguna Biovarnish serta pengguna furniture. Keamanan yang diberikan Biovarnish belum tentu didapatkan dari cat lainnya, inilah yang membuat banyak pengrajin menggunakanya. 

Jadi apakah Anda para DIY dan juga pemula di rumah ingin menggunakan cat yang aman untuk bambu? Maka Biovarnish adalah produk yang perlu digunakan. Mengulas lebih jauh tentang Biovarnish, berikut ini sifat aman yang akan diberikan. 

  • Tidak menimbulkan bau yang mengganggu

Kebanyakan cat dengan bahan pelarut thinner pasti menimbulkan aroma keras yang sangat mengganggu. Baik itu mengganggu pernapasan, kulit bahkan membuat mata pedih. Berbeda dengan cat tersebut, Biovarnish sama sekali tidak menimbulkan bau yang mengganggu. 

Jadi pada saat proses pengecatan, Anda tidak perlu khawatir mata perih. Bau yang dikeluarkan bahkan tidak juga mengganggu pernapasan. Sifat ini bisa Anda rasakan ketika pertama kali membuka kaleng cat. Tidak ada bau menyengat yang keluar. 

  • Bahan dasar dan pelarut air

Tidak ada yang bisa menandingi keamanan dari bahan dasar air dan juga pelarut yang sama. Sangat bertolak belakang dengan bahan pelarut thinner atau solvent yang sudah menimbulkan bau dan juga mengandung logam berat. Thinner adalah sumber logam berat yang perlu diwaspadai. 

Solvent memiliki keamanan yang berbeda dengan air. Kandungan logam berat seperti formalin dan juga timbal. Semua kandungan tersebut berbahaya untuk kesehatan dan mengancam keamanan lingkungan. 

  • Kandungan logam berat yang dibatasi

Tidak ada cat yang sama sekali tidak menggunakan logam berat. Kandungan logam berat memiliki fungsi memberikan pigmen atau warna serta membuat bahan pelarut menguap. Tanpa logam berat biasanya cat tidak akan bekerja seperti semestinya. Cat tidak akan bisa membentuk lapisan film yang keras. 

Penggunaan logam berat pada cat Biovarnish sangat dibatasi sehingga aman untuk digunakan. Jumlah kandungan dibatasi hingga angka 500 gram per liternya. Total kandungan tersebut masih lebih rendah dari regulasi internasional yang diterapkan. Jadi sudah terbukti sangat aman digunakan. 

Ketiga alasan inilah yang membuat cat kayu Biovarnish sangat aman digunakan untuk segala macam olahan bambu. Anda bisa mengaplikasikannya pada furniture hingga kerajinan bambu. Satu lagi keuntungannya, Anda hanya perlu menggunakan kuas setiap aplikasi. 

Menilik Ketahanan dari Biovarnish untuk Bambu

Tidak hanya keamanan lingkungan saja yang dilindungi jika Anda menggunakan pernis Biovarnish. Produk ini juga akan memberikan keamanan pada bambu dengan lapisan yang tahan lama. Ketahanan dari cat dibutuhkan untuk melindungi bambu dari berbagai macam kerusakan alami dan juga penggunaan. 

Menilik bagaimana cat Biovarnish berhasil memberikan ketahanan yang tinggi terhadap bambu, berikut ini perlindungan yang diberikan. Berbagai macam perlindungan berikut mempertahankan bambu agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

  • Treatment

Biovarnish telah memiliki kandungan treatment untuk semua jenis serat alam. Treatment ini membuat cat bisa bertahan dalam mengatasi serangan jamur dan juga rayap. Pastilah bambu akan mudah terserang jamur atau rayap jika tidak dilindungi Biovarnish. Sehingga membuat bambu menjadi lebih mudah untuk rusak seperti lapuk atau keropos. 

Kandungan treatment yang diberikan Biovarnish ini sangat kuat. Berbentuk dalam lapisan clear coat sehingga melindungi semua olahan bambu dari luar. Treatment ini juga tidak menimbulkan bau seperti treatment pada umumnya. 

  • Tahan terhadap goresan

Biovarnish clear coat gloss akan memberikan tampilan mengkilap sempurna. Disisi lain, tampilan ini memiliki rahasia yaitu dapat menutup goresan yang tipis akibat penggunaan. Dengan kata lain, cukup tahan terhadap goresan sehingga tampilan bambu akan terus terlihat baru. 

Anda bisa memberikan lapisan terakhir pada bambu dari Biovarnish clear coat. Tampilannya transparan sehingga akan memberikan warna di bawahnya lebih terlihat tajam. Gloss juga lebih mudah dibersihkan tanpa meninggalkan goresan. 

  • Tahan terhadap panas dan juga hujan

Selain treatment dari kerusakan akibat mikroorganisme, bambu harus dilindungi menggunakan cat yang tahan panas dan hujan. Sehingga kerusakan seperti keropos tidak muncul. Disinilah Anda bambu akan mendapatkan perlindungan dari Biovarnish. 

Kandungan lapisan clear coat tahan terhadap panas, kelembaban dan juga hujan. Anda tidak perlu takut akan masalah keropos lagi dan bambu akan bertahan lebih lama. Bahkan jika Anda meletakkannya di teras rumah yang memiliki kelembaban tinggi. 

Semua perlindungan ini bisa Anda dapatkan asalkan semua produk lapis demi lapis diaplikasikan. Perhatikan bagaimana cara aplikasi Biovarnish pada bambu dengan benar. Jika Anda menggunakan kuas, pastikan jenis kuas yang digunakan adalah nilon. Hasilnya akan lebih halus dan menyebar. 

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH