Ikuti Cara Memilh Warna Sangkar Burung yang Tepat dan Juga Aman

Sudahkah Anda memilih warna cat untuk sangkar burung yang tepat? Banyak warna yang disediakan oleh produsen cat namun seringkali masih banyak kekurangan yang diberikan. Banyak masalah seperti warna masih kurang tajam, warna cat tidak tahan lama atau cat yang tidak menutup permukaan besi secara merata.

Sangkar burung dari besi adalah jenis yang paling harus diperhatikan, tidak hanya warna saja Anda juga harus memperhatikan ketahanannya. Cat besi atau cat untuk material apapun memiliki dua fungsi yaitu menjaga penampilan dan juga memberikan perlindungan.

Melalui kedua fungsi itu, diharapkan Anda bisa memilih jenis cat untuk besi lebih bijaksana. Tidak hanya mempermasalahkan warna saja namun juga masalah kesehatan burung. Jadi darimanakah Anda bisa memilih jenis cat untuk sangkar burung dari besi?

Pada artikel ini Anda akan mempelajari bagaimana cara untuk memilih warna untuk sangkar secara tepat. Selain itu juga mendapatkan jenis cat yang melindungi sangkar dan burung dengan baik. Ditambah dengan proses aplikasi yang lebih mudah.

Cara Memilih Warna yang Tepat untuk Sangkar Burung

Bagaimanakah biasanya Anda memilih warna cat untuk sangkar? Pemilihan warna bisa berbeda ketika saat Anda mengecat dinding. Dimana Anda harus menyesuaikan gaya dari ruangan yang akan dirancang. Pada saat memilih warna untuk sangkar dari besi ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan.

Berikut ini beberapa pertimbangan yang harus Anda perhatikan saat memilih warna.

  • Warna bulu yang cerah. Jika burung Anda memiliki warna yang lebih cerah seperti merah, hijau atau biru sebaiknya pilih warna cat yang gelap. Warna tersebut bisa memperlihatkan keindahan bulu burung.
  • Warna bulu yang gelap. Jika Anda memelihara burung dengan warna bulu yang lebih gelap seperti coklat atau hitam maka pilih warna cat yang lebih terang. Warna terang akan membuat burung di dalamnya lebih terlihat.
  • Pilih warna kontras dari warna ruangan. Jika ruangan Anda mayoritas menggunakan warna putih maka ciptakan kesan kontras agar sangkar terlihat dimanapun Anda meletakkannya.
  • Pertimbangkan warna emas. Anda juga bisa memilih warna emas agar sangkar terlihat lebih mewah. Sangkar emas akan membawa kesan gaya victoria dalam ruangan terlebih jika modal sangkar sesuai dengan gaya yang diinginkan.

Selalu pertimbangkan dan lihat ketersediaan warna apa saja yang dimiliki produk-produk cat untuk besi. Masing-masing pabrikan memiliki jenis warna yang berbeda, pilih manakah yang terbaik dan cocok dengan burung peliharaan Anda.

Cara Memilih Cat untuk Sangkar Burung yang Aman

Selain warna, langkah kedua yang harus Anda perhitungkan adalah apakah cat yang hendak digunakan aman. Tidak semua cat yang diproduksi aman untuk digunakan untuk finishing sangkar burung. Cat terbuat dari bahan kimia yang mengandung logam berat.

Kandungan itulah yang membuat cat berbahaya, karena mengeluarkan toxic di dalam udara. Anda harus memperhatikan berapa jumlah kandungan logam berat dan apakah aman digunakan di sekitar hewan peliharaan.

Perhatikan cara memilih cat aman untuk sangkar burung dari besi berikut ini:

  1. Apakah cat berbau, cat yang menimbulkan bau menyengat pasti mengandung logam berat seperti formalin sangat tinggi.
  2. Apakah cat memiliki kandungan volatile organic compound tinggi? Voc adalah cara mengindikasi paling mudah sebuah produk cat mengandung logam berat.
  3. Apakah cat terbuat dari bahan dasar air? Cat besi dengan bahan dasar air biasanya memiliki kandungan logam berat yang rendah jadi lebih aman.
  4. Apakah cat mudah berubah menjadi kuning? Cat yang berubah menguning dipastikan mengandung formalin sangat tinggi.

Cobalah untuk menjawab empat pertanyaan di atas sesuai dengan jenis cat besi yang mungkin telah Anda beli. Jika belum membeli cat periksa masing-masing label. Berapakah jumlah kandungan voc di dalamnya? Apakah bahan pelarut yang digunakan air? Jika iya artinya cat tersebut masih dianggap aman.

Produk Cat Besi Terbaik untuk Sangkar Burung

Setelah memilih warna cat dan juga jenis cat yang aman saatnya Anda memutuskan pilihan pada satu produk. Nah sebagai referensi, Anda bisa memilih cat besi water based Orchid sebagai bahan finishing. Cat besi Orchid adalah cat water based yang dapat diaplikasikan pada material besi dan juga kayu.

Ketika digunakan sebagai sangkar burung, cat ini memberikan alternatif 24 pilihan warna. Anda bisa menggunakan warna solid dan juga warna emas. Keunggulan yang diberikan dari segi warna adalah cat yang menutup material dengan sempurna. Cat juga tidak mudah berubah menjadi kuning, dan cat juga memiliki warna yang lebih tajam.

Apabila dilihat dari segi keamanannya, cat tidak menimbulkan bau bahkan membuat burung Anda stress. Kandungan logam berat di dalamnya dibatasi hingga 50 gram per liternya. Jumlah tersebut masih sudah di bawah standar dari regulasi yang diterapkan jadi sangat aman untuk kesehatan lingkungan.

Kelebihan terakhir dari cat kayu besi Orchid adalah proses aplikasi yang sangat mudah. Siapa saja bisa mengaplikasikannya untuk mendapatkan hasil terbaik. Cat lebih cepat kering, mudah diaplikasikan dengan kuas ditambah dengan bahan pelarutnya adalah air. Cat hanya perlu beberapa lapisan tipis, karena kecepatan keringnya Anda bisa menyelesaikan pekerjaan finishing dalam beberapa jam saja.

Langkah-Langkah Finishing dengan Cat Kayu Besi Orchid

Secara umum ada tiga langkah yang bisa Anda lakukan saat menggunakan cat kayu besi Orchid pada sangkar. Pertama adalah persiapan, kedua adalah pengecatan dan ketiga pengeringan. Anda juga bisa menggunakan lapisan tambahan dari Bioduco Clear Coat apabila ingin mendapatkan hasil finishing matte.

Apabila Anda ingin mendapatkan hasil finishing gloss maka sebaiknya gunakan cat kayu besi Orchid saja. Pilih hari dimana Anda memiliki banyak waktu luang dan cuaca sedang cerah. Jangan lupa untuk menggunakan penerangan terbaik agar bisa dilihat bagian sangkar mana saja yang belum terlapisi cat.

Persiapan Finishing Sangkar Besi

Pada tahapan persiapan Anda harus melengkapi alat dan bahan. Pilih jenis warna yang diinginkan dari cat kayu besi Orchid. Jangan lupa sediakan air sebagai bahan pelarut. Alat yang digunakan adalah wadah untuk melarutkan, pengaduk, amplas 400 dan kuas berbulu nilon.

Mulailah dengan mengamplas permukaan sangkar. Pengamplasan sangat penting untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel. Anda juga harus mengamplas apabila sangkar burung masih memiliki lapisan coating lama. Bersihkan debu amplas.

Proses Pengecatan dengan Cat Kayu Besi Orchid

Jika sangkar sudah bersih, mulai dengan mencampurkan cat Orchid dengan air. Campurkan dengan perbandingan 3 bahan : 1 air kemudian aduk hingga merata. Kuaskan cat ke seluruh permukaan sangkar dengan satu arah. Ciptakan lapisan coating yang tipis saja.

Setelah lapisan pertama kering amplas secara ambang dengan kertas amplas nomor 400. Bersihkan debu amplas, kemudian ulangi aplikasi hingga 2 atau 3 kali.

Proses Pengeringan Sangkar

Jika lapisan coating sudah cukup dan warna dari sangkar sudah benar-benar tajam, dilakukan proses pengeringan. Ciptakan proses pengeringan dalam ruangan yang kering dan bersih. Diamkan selama satu malam.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH