Bagusnya Bangku Kayu Jati Harus Dicat Apa? Ini Macam-Macam Pilihannya

Ada banyak cara untuk mengecat, hasil yang diberikan pun sangat bervariasi. Anda bisa mendapatkan berbagai macam warna natural tidak hanya transparan saja pada kayu jati.

Jika Anda sudah memiliki kayu jati lalu untuk apa Anda melakukan pengecatan warna solid? Ketika Anda memiliki kayu jati maka fokus Anda adalah dengan menampilkan keindahan serat kayu jati.

Jika Anda mengecat kayu jati dengan warna solid maka Anda justru akan menutup keindahan serat kayu. Mengecat warna natural pun bukanlah sebuah hal yang sulit. Anda bisa memilih beragam tampilan natural.

Dalam artikel ini Anda akan belajar berbagai macam jenis hasil finisihing natural yang akan menghasilkan beragam warna pada kayu jati.

Jenis kayu jati sendiri sudah sangat indah dan akan menghasilkan warna keemasan dengan serat kayu yang berulir sangat tajam. Tugas Anda adalah memperlihatkan keindahan dari kayu jati tersebut.

Macam-Macam Finishing Natural Kayu Jati

Anda akan mendapatkan empat macam jenis finishing natural kayu jati dalam artikel ini. Tidak hanya tampilan natural dengan permukaan yang rata Anda juga bisa berkesperimen dengan tekstur buatan yang Anda buat sendiri. Bahkan peratan yang dibutuhkan tidak banyak.

  1. Natural Transparan

Warna natural transparan adalah warna  asli kayu jati. Jika Anda memiliki kayu jati yang tidak memiliki banyak cacat atau Anda memiliki akar kayu jati sebagai furnitur maka Anda bisa memilih finishing ini.

Bangku Kayu Jati Harus Dicat Apa?

Caranya sangat mudah Anda hanya menyiapkan Sanding sealer dan juga Top Coat. Anda akan mendapatkan warna transparan dari kayu jati. Siapkan permukaan kayu jati agar pori kayu terbuka dengan mengamplas seluruh permukaannya.

Pastikan permukaan teramplas dengan baik dan Anda mendapatkan permukaan menjadi lebih halus. Hilangkan debu amplas dengan kain yang basah dan diamkan kayu hingga mengering.

Campurkan sanding sealer dengan pelarutnya. Disarankan agar Anda menggunakan cat water based yang tidak akan menimbulkan efek menguning ketika sudah digunakan dalam waktu lama.

Semprotkan sanding sealer ke seluruh permukaan kayu jati setelah itu tunggu hingga cat mengering dengan benar. Lanjutkan dengan mengamplas dengan kertas amplas grit 400 secara ambang saja. Lakukan hingga rata dan hilangkan debu sisa amplas.

Lanjutkan aplikasi dengan top coat yang telah dilarutkan. Semprotkan top coat ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Anda bisa memilih tampilan natural dengan memilih top coat doft.

Setelah aplikasi top coat selesai Anda bisa menunggu 24 jam hingga top coat benar-benar mengering. Setelah itu Anda bisa menggunaan bangku kayu jati.

  1. Warna natural

Bedakan warna natural transparan dengan warna natural karena transparan Anda akan mendapatkan hasil tanpa warna sedangan warna natural Anda akan memberikan wood stain.

Wood stain akan memberikan warna natural pada kayu layaknya Anda menggunakan cat solid namun untuk wood stain serat kayu dan pori kayu akan tetap terlihat. Anda akan menikmati keindahan kayu dari seratnya yang tetap terlihat.

Hanya saja Anda bisa mengubah warna kayu sesuai selera baik itu lebih gelap maupun lebih terang. Kayu jati memiliki warna kayu yang unik sehingga Anda bisa mendapatkan warna kayu lebih gelap atau lebih cerah. Jika ingin warna lebih cerah Anda bisa melakukan proses belaching terlebih dahulu.

Proses pengecatan menggunakan wood stain bisa Anda mulai dengan pengamplasan terlebih dahulu. Pastikan semua permukaan teramplas dengan baik.

Campurkan wood stain dengan bahan pelarutnya dan Anda bisa memulai untuk mengaplikasikannya dengan kuas atau dengan spray gun. Lapisi semua permukaan kayu jati dengan wood stain, setelah itu Anda bisa langsung menunggu kering.

Jika sudah kering lakukan pengamplasan kembali. Aplikasikan top coat yang telah dilarutkan, dalam hal ini Anda bisa memilih top coat dengan berbagai macam sheen level tergantung kebutuhan. Anda bisa memilih tampilan gloss yang lebih mudah untuk dibersihkan.

Aplikasikan top coat dan tunggu lapisan mengering selama 24 jam atau semalaman. Hasilnya Anda akan mendapatkan bangku teras yang terlihat menawan dengan bantuan wood stain.

  1. Tampilan rustic
Bangku Kayu Jati Harus Dicat Apa?

Berbeda dengan tampilan warna natural dan transparan, di sini Anda akan mendapatkan tampilan rustik seola-olah kayu jati telah digunakan dalam waktu yang lama. Jika pada warna natural Anda akan mendapatkan finishing pada permukaan kayu yang rata, di sini Anda akan mendapatkan kayu dengan tekstur.

Anda bisa membentuk tekstur terlebih dahulu dengan menggunakan sikat kawat. Tekstur pada kayu sendiri bisa Anda berikan sesuai arah serat kayu jati. Inilah salah satu alasan penting mengapa Anda bisa menggunakan tampilan rustik pada kayu jati yaitu karena serat kayunya yang indah.

Dapatkan tekstur kayu jati sesuai dengan yang Anda inginkan namun pastikan tekstur sesuai arah serat kayu dan bersihkan debu amplas.

Setelah itu aplikasikan wood stain sebagai cat dasar kayu seperti aplikasi biasa menggunakan kuas. Tunggu kering dan Anda bisa mengamplas dengan kertas amplas 400.

Jika sudah aplikasikan glaze black  yang telah dilarutkan dengan banyak air perbandingan 1:5. Aplikasikan glaze secara merata dengan kuas dan pastikan semua tekstur terlapisi. Jika glaze sudah setengah kering hapus dengan kain lap yang sudah dibasahi hingga masih tertinggal pada bagian sela kayu.

Jika sudah langsung aplikasikan top coat untuk mendapatkan hasil tekstur atau cat yang tertutup. Aplikasikan top coat yang telah dilarutkan dengan spray gun ke seluruh permukaan bangku kayu jati. Tunggu semalaman dan Anda akan bisa melihat hasilnya.

  1. Tampilan patina

Anda akan mendapatkan tampilan patina yaitu kayu yang tgerlihat berumur dan sangat cocok pada kayu jati. Anda akan mendapatkan tampilan seperti silver karena seperti itulah tampilan kayu yang telah terkena perubahan cuaca selama beberapa tahun.

Pertama buat tekstur kayu dengan tenik rustik. Kemudian Anda bisa mengaplikasikan cat solid warna grey dengan campuran air yang banyak bisa 1 bahan : 10 air. Semprotkan hingga merata ke seluruh permukaan kayu. Tunggu kering dan amplas.

Gunakan glaze grey yang telah dicampur air perbandingan 1:5 dan kuaskan ke seluruh permukaan kayu. Gunakan kain lap basah untuk menghilangkan kelebihan cat glaze.

Terakhir aplikasikan top coat death matte yang sudah dilarutkan dan semprotkan ke seluruh permukaan kayu. Tunggu top coat mengering selama 24 jam lalu Anda akan mendapatkan hasil warna patina dengan efek mengkilap.

Warna patina ini tentu cukup sulit untuk dilakukan karena kesulitan dalam pencampuran yang tepat akan mempebngaruhi hasil finishing yang sempurna.

Jika Anda ingin hasil yang sempurna maka direkomendasikan untuk menggunakan produk BioColours. Produk cat water based yang mudah untuk diaplikasikan ini juga cepat kering sehingga Anda akan menghemat proses waktu finishing yang biasanya memakan waktu hingga beberapa kari karena kebutuhan panas matahari yang membuat cat cepat mengering.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH