Menciptakan Efek Kayu Terbakar pada Furnitur Jati Belanda Tanpa Api

Anda sudah membangun furnitur dengan baik namun masih bingung memutuskan finishing apakah yang tepat? Ada banyak jenis kayu dan Anda menggunakan kayu jati belanda untuk membangun furnitur. Lalu apakah finishing yang cocok?

Furnitur yang terbuat dari kayu jati belanda sangat mudah dibuat karena sifat kayu jati belanda yang  lunak. Namun finishing adalah hal yang berbeda. Sekali Anda salah memberikan finishing dan tidak menghasilkan tampilan sempurna maka Anda harus mengulangnya dari awal.

Ada juga banyak orang yang lebih memilih untuk memoles menggunakan wax daripada berurusan dengan cat yang kotor dan juga belum tentu memberikan hasil terbaik.

Namun sebenarnya mengecat adalah hal yang sangat mudah bahkan bisa Anda kerjakan dengan cepat. Pada furnitur yang terbuat dari kayu jati belanda Anda bisa memilih finishing dengan hasil efek kayu terbakar.

Apa Itu Finishing Kayu Terbakar?

Sebelum masuk ke dalam tahapan finishing kayu terbakar mengapa Anda harus memilih finishing ini dan menggunakannya pada furnitur kayu jati belanda?

Jika Anda disuruh memilih finishing warna solid atau warna natural pada kayu jati belanda yang memiliki serat menarik maka pilihan finishing natural adalah hal yang sangat menarik. Jika Anda menggunakan kayu jati belanda yang memiliki serat menarik maka memperlihatkan serat tersebut adalah jalan yang terbaik.

Namun finishing natural menggunakan cat kebanyakan hanya memberikan warna transparan tanpa memperlihatkan lebih tajam bahkan lebih detail dari serat kayu jati belanda. Pada dasarnya Anda bisa menggunakan teknik finishing kayu terbakar pada berbagai macam jenis kayu.

Namun kayu jati belanda menjadi salah satu objek yang sangat menarik karena kayu ini memiliki warna yang pucat bahkan sangat terang. Jika Anda memberikan finishing kayu terbakar pada jenis kayu ini maka serat kayu akan tampak menyala karena efek terbakar.

Untuk mewujudkan teknik kayu terbakar Anda membutuhkan alat yang dapat mengeluarkan api dan membakar permukaan kayu secara merata yaitu torch. Alat pembakaran ini tentu harganya cukup mahal dan jika Anda belum berpengalaman hasilnya kayu akan terbakar dan Anda justru tidak mendapatkan tampilan serat yang sesuai.

Jadi jika Anda akan melakukan proses pembakaran Anda perlu berlatih jika tidak kayu akan terbakar dan justru akan memunculkan warna charcoal.

Untuk memulai teknik ini permukaan furnitur dari kayu jati belanda harus kering dan MC sempurna. Jika tidak minyak kayu akan naik dan akan memunculkan beberapa noda yang tidak Anda inginkan. Jika Anda mendapati bekas blue stain yang biasanya terdapat pada jati belanda Anda bisa melakukan belaching kayu terlebih dahulu dengan White Agent 250.

Pastikan juga tidak ada debu kayu yang masih melekat karena akan memberikan hasil yang kotor. Setelah itu tahap pertama adalah membakar permukaan furnitur kayu jati belanda menggunakan torch. Anda harus mengarahkan torch searah kayu jati belanda untuk mendapatkan hasil yang rata.

Menciptakan Efek Kayu Terbakar Pada Furnitur Jati Belanda

Membakar kayu dengan arah yan g berlawanan dengan serat tidak akan memunculkan serat kayu. Jika semua permukaan sudah terbakar Anda akan melihat serat kayu jati belanda sangat jelas. Tahapan selanjutnya adalah pengamplasan.

Walaupun Anda melakukan pengamplasan, efek kayu terbakar tidak akan menghilang karena serat kayu terbakar hingga cukup dalam. Sayangnya jika Anda sudah melakukan proses ini serat kayu akan sangat terlihat dan akan sulit bagi Anda untuk melakukan refinishing dengan warna yang lain.

Tahapan terakhir yang dibutuhkan adalah melapisi dengan top coat yang akan memberikan lapisan film yang  melindungi furnitur kayu jati belanda dari kelembaban dan serangga. Anda bisa memilih menggunakan cat solvent atau cat water based top coat.

Jika Anda ingin mendapatkan tekstur, Anda bisa menggunakan sikat kawat yang akan membentuk tekstur dan gunakan searah serat kayu secara tidak merata. Adanya tekstur ini akan menambah kesan lama dan kesan lapuk dari furnitur kayu jati belanda.

Lakukan pembentukan tekstur sebelum Anda melakukan aplikasi top coat dan sesudah aplikasi torch. Anda akan mendapatkan tekstur seperti kayu yang sudah berumur lama.

Baca juga : cara mengeluarkan serat kayu untuk hasil finishing white wash

Cara Mendapatkan Finishing Kayu Terbakar Tanpa Api

Jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing kayu terbakar maka Anda harus berurusan dengan api yang mungkin bukan bidang keahlian dan bahkan baru bagi Anda. Belum lagi Anda tidak bisa melakukan refinishing dengan warna lain jika Anda sudah menarapkan ini.

Maka alternatif yang kami berikan adalah dengan menggunakan cat. Anda bisa memanfaatkan bahan cat kayu water based untuk menimbulkan efek kayu terbakar pada furnitur kayu jati belanda. Bagaimana caranya?

Anda bisa dengan mudah mewujudkannya hanya dengan kuas, spray gun dan cat kayu Biovarnish. Produk Biovarnish Wood Stain akan memberikan warna dasar pada kayu jati belanda dan ada 20 varian warna natural yang bisa Anda pilih.

Menciptakan Efek Kayu Terbakar Pada Furnitur Jati Belanda

Setelah itu untuk membentuk serat Anda bisa menggunakan BioColours Glaze yang akan menimbulkan efek kayu terbakar. Terkahir untuk membentuk lapisan film akhir Anda bisa menggunakan BioColours Sanding Sealer Kayu dan BioColours Top Coat.

Untuk memulai aplikasi pastikan dahulu permukaan furnitur kayu jati belanda sudah bersih dan kering bebas debu, kotoran dan minyak kayu. Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Aplikasikan Biovarnish wood stain sesuai dengan warna yang Anda pilih. Campurkan dengan air bersih terlebih dahulu dan diaduk hingga rata. Perbandingan antara cat adalah 4 bahan : 1 air. Lalu kuaskan searah serat kayu pada seluruh permukaan kayu. Tunggu mengering lalu amplas dengan amplas 400.
  • Permukaan sudah mendapatkan cat dasar lalu gunakan Glaze black untuk pemberi serat. Campurkan BioColours Glaze black dengan air perbandingan 1 bahan : 1 air. Aplikasikan dengan kuas searah serat dan pastikan semua bidang terlapisi. Tunggu 5 hingga 10 manit lalu hapus menggunakan lap yang sudah dibasahi dan diperas. Pastikan masih banyak Glaze yang tersisa pada serat kayu.
  • Kunci lapisan Glaze dengan BioColours Sanding Sealer yang sudah dicampur dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air. Aplikasikan dengan spray gun secara merata dan tunggu kering hanya sekitar 60 menit. Lalu Anda bisa mulai mengamplas kembali dengan amplas 400 secara ambang saja.
  • Langkah terakhir adalah dengan mengaplikasikan BioColours Top Coat death matte atau gloss yang sudah dicampur dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air kemudian semprotkan ke seluruh permukaan. Agar kering sempurna tunggu cat mengering semalaman atau 24 jam. Maka furnitur kayu jati belanda akan mengering dan Anda akan mendapatkan furnitur dengan tampilan terbakar.

Furnitur dengan tampilan terbakar akan memberikan gaya menarik di dalam rumah. Anda bisa menggunakannya sebagai coffee table dan menjadi point of interest di dalam ruangan dan Anda akan mendapatkan tampilan yang luar biasa.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH