Merk Dempul Kayu Yang Bagus Memperbaiki Tekstur Kayu Merbau

Warna kayu merbau yang unik membutuhkan dempul kayu yang bagus untuk mewujudkan finishing natural transparan.

Karakter kayu merbau sangatlah unik dan akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini. Kayu merbau sering dijadikan pengganti kayu jati karena sama-sama kuat dan stoknya lebih banyak dibandingkan kayu jati. Tidak jauh berbeda dengan serat lama lainya kayu merbau juga memiliki permukaan atau tekstur yang tidak rata. Kayu juga memiliki pori yang berfungsi untuk menyerap kelembapan. Pori kayu ini harus ditutup jika tidak akan menimbulkan masalah yaitu kayu cepat rusak karena tidak terlindungi. Permasalahan ini bisa diatasi dengan mudah menggunakan dempul. Ada tiga jenis logam yang sering digunakan yaitu dempul kayu, dempul logam dan dempul dinding. Anda harus melakukan survey untuk mendapatkan merk dempul kayu yang bagus baik itu toko besi atau toko online.

Dempul Kayu Merbau

Ada beberapa jenis dempul kayu dan berbeda merk. Untuk itu Anda harus mengetahui ciri khas dempul kayu yang bagus. Jenis dempul yang bagus akan memiliki tarikan yang panjang ketika diaplikasikan dengan pisau pallet. Tandanya dempul masuk ke dalam pori-pori kayu dengan baik. Jika dempul menimbulkan retak (cracking) setelah dijemur atau setelah kering maka terdapat kesalahan formula yang menandakan dempul berkualitas buruk. Warna dempul juga harus diperhatikan, jangan sampai Anda membeli dempul kayu yang menutup warna kayu jika menginginkan hasil warna natural transparan. Demapul tersebut biasanya memiliki pilihan warna sama sesuai dengan jenis kayunya seperti mahoni atau jati.

Karakter Kayu Merbau untuk Finishing Yang Lebih Baik

Sebelum melakukan finishing, ada baiknya jika mengetahui karakter kayu merbau yang akan digunakan. Semakin dekat Anda dengan karakter kayunya akan pemilihan produk finishing juga akan didapatkan denga mudah.

  1. Dimensi, bentuk dari pohon merbau sangat tinggi dan bisa mencapai tinggi 50 meter. Bentuknya lurus menjulang ke atas dengan cabang sekitar 20 meter. Akar papan pohon merbau tinggi dan tebal. Pepagannya memiliki warna abu-abu teranga atau cokelat pucat, halus dan memiliki bintil-bintil kecil lentisel. Bentuk serat kayunya lurus dengan tekstur yang kasar tetapi merata. Untuk tekstur yang tidak merata ini Anda bisa menggunakan merk dempul kayu yang bagus untuk meratakan dan menghaluskan.
  2. Kualitas, berat jenis kayu merbau mencapai 0.63-1.04 dengan kadar air 15%. Daya susut akyu merbau sangat rendah sehingga ketika furntuire dikeringkan tidak akan menimbulkan cacat. Kelebihan baik daya susut dan berat jenis tersebut mengklasifikasikan kayu merbau menjadi kayu kelas kuat I-II seperti kayu jati. Baik rayap kayu kering atau jamur tidak mudah tumbuh di kayu merbau ini.
  3. Warna, jenis kayu merbau memiliki dua warna di kayu gubal dan kayu terasnya. Kayu gubal berwarna kuning pucat hingga kuning muda. Sedangkan kayu teras memiliki warna kelabu cokelat hingga kecoklatan mendekati hitam. Karakter warna kayu merbau tidak jauh berbeda dengan kayu mahoni yang memudahkan Anda juga untuk memilih plitur warna kayu mahoni untuk finishing kayu merbau.
  4. Fungsi, karena kekuatan kayu merbau tersebut maka sering digunakan sebagai bahan konstruksi hunian atau gedung seperti balok, bantalan kayu, rumah, jembatan. Sedangkan untuk furniture tidak terbatas untuk indoor saja tetapi juga untuk outdoor.

Merk Dempul Kayu Yang Bagus

Jika Anda sudah paham betul akan kayu merbau maka saatnya Anda memilih produk dempul kayu. Di sini Anda akan medapatkan merk dempul kayu yang bagusuntuk mendukung finishing wsarna natural transparan yaitu Biovarnish Wood Filler.

Karakter kayu mahoni yang kuat dan tentu dengan harga yang tidak murah membuat Anda harus memberikan perawatan salah satunya adalah memberikan dempul kayu pada saat proses finishing.

Biovarnish merupakan dempul atau wood filler yang berkualitas dan sangat mudah diaplikasikan. Harga wood filler ini sangat terjangkau dan tersedia dalam beberapa kemasan. Cocok untuk digunakan DIY atau para pengrajin furniture.

Artikel "Featured"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.