5 Langkah Memperbaiki Kerusakan Warna Lantai Kayu dan Parket

Menggunakan lantai kayu di rumah? Pernahkah Anda melihat cacat warna lantai kayu? Ada banyak sekali alasan yang membuat lantai kayu di rumah Anda menjadi rusak. Penyebab utamanya adalah karena sering dipijak atau memiliki foot traffic yang tinggi. 

Anda bisa dengan mudah mengetahui bagian mana saja yang sudah mulai rusak karena perbedaannya akan sangat terlihat. Area yang lebih cepat rusak biasanya adalah bagian depan pintu masuk utama, dapur, depan kamar mandi, tempat tidur dan di dekat sofa ruang keluarga. 

Tak perlu panik untuk menghadapi kerusakan tersebut. Anda juga tak perlu buru-buru memanggil tukang profesional untuk memperbaikinya. Kerusakan yang termasuk kecil ini bisa loh Anda perbaiki sendiri. Dengan begitu, Anda bisa lebih menghemat waktu serta biaya. 

Anda tidak perlu menunggu jadwal tukang profesional untuk memperbaikinya. Cukup dengan Biovarnish liquid stain, wood filler serta pernis Anda bisa memperbaikinya. Perhatikan saja pemilihan warnanya harus sama dengan bagian lantai kayu yang lainnya. Sehingga perbaikan yang dilakukan hasilnya tidak akan terlalu terlihat dan lantai tetap seragam.

Kenali Apa Saja Cacat Warna Lantai Kayu

Ada lima langkah yang perlu Anda lakukan, pertama adalah mengetahui sejauh mana kerusakan tersebut terjadi. Jika Anda sudah mengetahui bahkan mengenali kerusakannya maka akan lebih mudah untuk menindak lanjuti ke tahapan perbaikan. Ada beberapa jenis kerusakan yang biasanya muncul. 

Berikut ini macam-macam penjelasan kerusakan warna yang sering muncul pada parket atau lantai kayu. 

  • Cacat warna akibat goresan ringan

Biasanya jika memiliki traffic rendah cacat goresan bisa saja muncul pada permukaan kayu. Cacat ini biasanya hanya merusak pada bagian lapisan coating lama saja. Bisa mencapai bagian pernis atau bahkan stain di bawahnya. Kayu tidak terkena dampak kerusakan, namun warna lantai akan berubah. Anda akan melihat bentuk goresan yang cukup jelas. 

  • Cacat warna akibat goresan yang dalam

Kerusakan ini termasuk dalam wilayah rusak sedang. Penyebabnya adalah penggunaan lantai kayu yang cukup tinggi, bukan sekedar dipijak tetapi menjadi area yang sering menerima beban berat. Misalnya saja roda koper, stroler bayi, dan sejenisnya. Kerusakan ini cukup dalam sehingga menembus lapisan coating hingga ke bagian permukaan kayu. Tak hanya warna yang berbeda, tetapi Anda juga bisa merasakan kerusakan tekstur saat merabanya. 

  • Cacat lubang akibat benda tajam atau tumpul

Jenis cacat warna yang ketiga diakibatkan oleh benda tumpul atau benda tajam yang terjatuh di atas lantai baik disengaja atau tidak. Bisa dibilang kerusakan ini hanya terjadi di bagian tertentu saja. Paling sering adalah di ruang keluarga atau dapur. Anda bisa melihat dengan sangat jelas kerusakannya karena menembus ke dalam kayu. 

Menghilangkan Kerusakan Warna Pada Lantai Kayu

Langkah kedua ini bisa dilakukan hampir disemua cacat warna pada lantai parket. Anda perlu menghilangkan kerusakan warna pada bagian tersebut supaya mempermudah lapisan coating baru untuk menempel. Ada beberapa langkah yang perlu Anda dilakukan yaitu sebagai berikut:

  1. Buatlah area melingkar yang membatasi permukaan lantai dengan warna memudar. Bagian tersebut nantinya yang akan diperbaiki. 
  2. Amplas bagian tersebut dengan kertas amplas nomor 150 atau 180. Kemudian berganti ke nomor 220. Pastikan lapisan coating di atasnya benar-benar sudah setelah diamplas. 
  3. Bersihkan permukaan bekas amplas tersebut dengan benar, Anda bisa membersihkannya dengan kain kering atau kain microfiber. 

Ketiga langkah ini harus dilakukan dengan benar. Pastikan area yang dibersihkan tersebut berjarak 5 cm dari bagian yang rusak. Sehingga warna yang dihasilkan nantinya bisa menyatu. 

Melakukan Perbaikan Pada Cacat Kayu 

Langkah ketiga memperbaiki warna lantai kayu dan parket ini memungkinkan jika kerusakannya masuk ke kategori cacat sedang dan berlubang. Karena kerusakannya sampai pada kayu maka perbaikan kayu harus didahulukan, supaya permukaanya rata.

Tekstur menjadi keutamaan disini, Anda harus mengecat pada permukaan kayu yang datar. Nah untuk memperbaikinya, perlu pengamplasan serta penggunaan wood filler. Anda bisa menggunakan Biovarnish wood filler dan pilihlah warna sesuai dengan hasil akhir yang sama dengan stain. 

Jika ingin menggunakan wood filler, berikut ini langkah-langkah yang perlu diikuti.

  1. Perhatikan bagian mana saja yang berlubang atau terkena cacat goresan. 
  2. Campurkan Biovarnish wood filler dengan sedikit air dan aduk hingga bercampur rata. 
  3. Isikan kemudian ratakan wood filler pada area yang tergores atau berlubang dengan scrape. 
  4. Tunggu selama 20 menit kemudian baru amplas dengan kertas amplas nomor 240. Anda harus menggunakan amplas aluminium oxide. 
  5. Amplaslah searah serat kayu hingga wood filler rata tak terlihat mencolok. Bersihkan debu amplasnya. 

Anda bisa melewati proses ini jika kerusakan yang ditimbulkan adalah goresan ringan. Cara mengetahuinya apabila cara menghilangkan warna kayu sudah diterapkan. 

Memperbaiki Kerusakan Warna dengan Liquid Stain

Saatnya memperbaiki warna pada lantai kayu. Disini Anda bisa menggunakan Biovarnish liquid stain yang tersedia dalam 20 pilihan warna. Sebaiknya pilih warna yang benar-benar mirip. Jika perlu cobalah pada sepotong kayu yang mirip dengan parket di rumah. Tes seperti apa warnanya dan berapa lapisan yang dibutuhkan untuk mendapatkan warna yang sama. 

Apabila Anda sudah mendapatkan warna yang tepat, saatnya untuk menduplikasinya pada lantai kayu yang sudah dipersiapkan. Berikut ini langkah-langkah aplikasi Biovarnish liquid stain. 

  1. Bersihkan permukaan kayu dengan kain yang kering. 
  2. Larutkan Biovarnish liquid stain dengan air menggunakan perbandingan 2:1 air. Pastikan cat larut dan tidak terdapat endapan. Anda juga bisa menggunakan alat NK2 dan mendapatkan viskositas 11-12 detik. 
  3. Kuaskan larutan liquid stain ke permukaan yang tadi sudah dibersihkan. Pastikan searah serat kayu dan jangan sampai melewati batas yang sudah diisolasi. Kuas tipis saja. 
  4. Tunggu cat mengering selama 60 menit, kemudian buka isolasi kertas yang menempel. Amplas permukaan tersebut secara ambang dengan kertas nomor 400.
  5. Bersihkan debu dengan kain kering kemudian ulangi proses pengecatan. Kali ini ingat-ingat bagian batasan yang sudah dibuka. 
  6. Kuaskan dengan searah serat kayu dan pastikan warnanya menyatu dengan bagian lain pada lantai. 
  7. Tunggu kering, kemudian amplas ambang. Anda bisa mengulanginya hingga mendapatkan warna yang sama. 

Menyamakan Lapisan Pernis

Lapisan terakhir yang dibutuhkan adalah pernis, dimana Anda bisa menggunakan Biovarnish clear coat gloss atau Biothane. Cara aplikasi kedua bahan ini kurang lebih sama dan pilih yang memberikan tampilan gloss.

Proses aplikasinya juga tak jauh berbeda dengan Biovarnish liquid stain. Berikut ini langkah-langkahnya. 

  1. Bersihkan permukaan lantai dengan kain kering. 
  2. Campurkan Biovarnish clear coat gloss atau Biothane dengan air. Gunakan perbandingan 2:1 dan aduk hingga merata tak ada endapan. 
  3. Pastikan Anda menggunakan kuas baru dan bekas aplikasi liquid stain. 
  4. Kuaskan pernis ke permukaan lantai searah serat kayu. Sapuan kuas haru sama seperti aplikasi liquid stain terakhir supaya menyatu dengan pernis di bagian lainnya. 
  5. Tunggu pernis kering selama 24 jam. Pastikan tak ada yang menginjaknya sebelum bagian tersebut benar-benar kering. 

Mengenal Kelebihan Biovarnish Wood Filler, Liquid Stain dan Clear Coat

Dilihat dari ketiga langkah aplikasi di atas, ada tiga produk yang digunakan yaitu wood filler, liquid stain dan terakhir clear coat. Pada dasarnya ketika digunakan pada furniture baru, ketiganya diaplikasikan secara berurutan. Masing-masing produk ini memiliki kelebihan tersendiri sehingga fungsinya pun tak dapat dipisahkan. 

Kelebihan Biovarnish wood filler

Produk ini merupakan sejenis dempul kayu, namun hanya digunakan untuk finishing warna natural saja. Wood filler berbentuk pasta yang sedikit padat dan aplikasinya bisa langsung maupun dilarutkan dengan air tergantung jenis kerusakannya. Khusus goresan ringan bisa langsung diaplikasikan, namun untuk goresan dalam bahkan lubag perlu dicampur dengan serbuk kayu terlebih dahulu. 

Adapun kelebihan dari Biovarnish wood filler adalah :

  1. Menutup cacat kayu berupa lubang besar hingga goresan dengan maksimal. Sehingga membuat permukaan lantai kayu bisa tampak rata kembali. 
  2. Terbuat dari bahan dasar air sehingga aman dan ramah lingkungan. Tak perlu lagi bingung soal bau menyengat yang sering muncul dari produk lainnya. 
  3. Mudah di amplas dan tidak mengelupas atau peeling sehingga proses aplikasinya lebih hemat. Hal ini didukung dengan kelebihan Biovarnish wood filler yaitu daya rekatnya yang kuat. 
  4. Waktu keringnya hanya 20 menit di mana produk lain membutuhkan lama kering hingga 1 jam. Ditambah lagi Anda tak perlu menjemur furniture yang sudah diaplikasikan Biovarnish wood filler. 

Kelebihan Biovarnish Liquid Stain

Selain wood filler, ketika lantai kayu memiliki cacat berupa warna lantai yang belang, maka Biovarnish liquid stain bisa memperbaikinya. Oleh karena itu cat ini sangat tepat untuk memperbaiki cacat warna pada lantai kayu. Ada 20 pilihan warna yang bisa dipilih dari liquid stain dan semuanya warna natural dari kayu terang hingga gelap. 

Selain memiliki banyak pilihan warna, ada beberapa kelebihan lainnya yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan Biovarnish liquid stain. 

  1. Memberikan warna natural yang transparan sehingga serat kayu akan nampak sesuai dengan keindahannya. 
  2. Proses aplikasi dengan kuas membuat proyek perbaikan cacat warna pada lantai kayu menjadi lebih mudah. DIY atau pemula bisa memperbaikinya tanpa perlu kompresor. 
  3. Waktu kering lebih cepat yaitu hanya 60 menit setiap lapisannya. Itu pun Anda tak perlu lagi menjemur furniture hanya cukup diangin-anginkan dalam ruangan. 
  4. Bebas brush mark atau sapuan kuas memungkinkan hasil perbaikan pada lantai kayu tidak nampak kembali. Bahkan tidak terlihat bekas tambalan cat yang baru. 

Kelebihan Biovarnish Clear Coat

Clear coat yang dimaksud di sini adalah pernis kayu. Menggunakan pernis adalah kewajiban pada lantai kayu karena inilah lapisan pelindung yang paling awal. Ketika hendak menggunakan pernis Biovarnish ada banyak keuntungan yang didapatkan. Selain itu clear coat ini tersedia dalam dua macam yaitu gloss dan matte. 

Berikut ini kelebihan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan Biovarnish clear coat. 

  1. Perlindungan dari sinar uv yang baik sehingga warna pada lantai tidak berubah kekuningan. Kandungan formalin yang rendah membuat efek warna kekuningan tak akan muncul. 
  2. Lapisan pernis memiliki kelenturan yang tinggi sehingga mampu menyesuaikan perubahan bentuk dari lantai kayu ketika terkena panas atau hujan. 
  3. Memiliki kandungan bahan anti jamur yang membuat lantai kayu tak perlu takut ditumbuhi jamur walaupun kelembaban melanda. 
  4. Tampilan warna gloss untuk lantai kayu lebih cocok dipilih karena mampu menutup kerusakan akan goresan dalam waktu yang lama. 

Apabila Anda ingin membeli produk ini bisa langsung menghubungi ke:

  1. https://www.tokopedia.com/rayapjamur
  2. https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish
  3. https://shopee.co.id/biovarnish.official

 

Artikel "Teknik Aplikasi"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH