Mengenal Warna Cat Kayu untuk Kayu Jati Belanda Tampil Berani

Kayu jati belanda, kayu yang sangat banyak digunakan di kalangan penghobi. Kayu jati belanda adalah jenis kayu yang paling mudah ditemukan, memiliki harga yang sangat murah dan tersedia dalam jumlah banyak.

Kayu jati belanda tersedia dalam bentuk kayu palet sehingga memudahkan Anda untuk proses pembantukan. Dalam bentuk kayu palet juga Anda bisa memotong, menyambung dan mengecat lebh mudah dibandingkan bentuk kayu timber.

Sama seperti ketika Anda menggunakan kayu buatan seperti plywood. Anda cukup menentukan pola dan melakukan proses pengerjaan dengan cepat. Kayu jati belanda sangat ringan karena termasuk jenis kayu lunak sehingga sering digunakan pada furnitur anak-anak.

Jika Anda memiliki proyek furnitur kayu menggunakan kayu jati belanda maka itu adalah proyek yang sangat menyenangkan karena proses pengolahan hingga proses pengecatan menjadi lebih mudah dan juga lebih cepat.

Anda tidak perlu menunggu waktu lama dalam proses pengeringan kayu jati belanda karena kayu ini memiliki pori yang cepat meresap. Ditambah lagi jika Anda menggunakan jenis kayu yang cepat kering seperti cat kayu water based.

Alasan Jati Belanda Membutuhkan Lapisan Cat

Mengenal Warna Cat Kayu Untuk Kayu Jati Belanda

Ada banyak sekali jenis bahan finishing yang dapat digunakan untuk proses pengecatan pada kayu jati belanda. Namun dari berbagai macam jenis cat ini manakah jenis cat yang dapat Anda gunakan. Lalu mengapa kayu jati belanda ini perlu untuk difinishing?

Kayu jati belanda sangat perlu dilapisi menggunakan cat. Memang benar ada banyak cara finishing yang lain seperti misalnya finishing hanya dengan poles kayu. Namun melihat dari jenis karakteristik kayu jati belanda Anda perlu menggunakan lapisan cat untuk memberikan perlindungan.

Lapisan finishing yang berbentuk poles kayu tidak akan memberikan lapisan film yang kuat dalam bagian luar kayu jati belanda. Bahan poles kayu hanya akan melindungi dari dalam sehingga masih memudahkan jamur untuk tumbuh di permukaan kayu.

Kayu jati belanda membutuhkan lapisan film kuat karena jenisnya yang merupakan kayu lunak. Jenis kayu lunak membutuhkan lapisan film kuat apalagi jika Anda akan menggunakannya seperti pada ruangan terbuka yaitu teras.

Selain lunak kayu jati belanda memiliki banyak kelemahan yaitu noda. Ada banyak warna belang yang dihasilkan kayu dengan warna putih ini sehingga terlihat sangat jelas. Anda perlu mengatasi warna belang tersebut dengan menggunakan warna cat kayu solid atau menyamarkan noda dengan bahan pemutih kayu untuk finishing warna natural.

Jadi Anda perlu melakukan perawatan yang tepat dan juga lebih jika akan menggunakan kayu jati belanda sebagai proyek terbaru Anda.

Warna Cat Solid yang Cocok untuk Kayu Jati Belanda

Apa yang cocok untuk warna finishing kayu jati belanda? Pada dasarnya ada banyak sekali jenis warna yang bisa Anda gunakan yang tersedia dalam berbagai macam merk cat. Namun manakah yang cocok untuk digunakan dan mana yang  merk cat yang perlu Anda pilih?

Jika Anda ingin menggunakan kayu jati belanda sebagai furnitur anak maka ada beberapa warna berikut ini yang bisa Anda gunakan. Warna-warna ini tentu akan membuat furnitur anak Anda tampak lebih meriah dan menarik:

  1. Warna Trafic red

Warna merah adalah warna yang banyak dipilih untuk furnitur anak-anak. Warna merah mampu menyamarkan warna jamur blue stain tanpa Anda harus menggunakan bahan pemutih kayu. Warna merah akan memancarkan semangat anak Anda di dalam ruangan baik itu bermain dan juga belajar. Warna merah memberikan efek psikologi yang baik bagi anak Anda yang sedang ingin belajar dan tumbuh berkembang.

  1. Warna Lemon yellow

Jika anak Anda masih duduk di sekolah dasar atau taman kanak-kanak maka warna kuning akan memberikan kecerian di dalam rumah. Sama seperti warna merah yang memberikan efek semangat, warna kuning akan memberikan efek semangat sekaligus kenyamanan bagi pemilik ruangan.

  1. Warna Ocean blue

Warna biru pada furnitur kayu jati belanda anak biasanya digunakan pada ruangan anak laki-laki karena memberikan kesan maskulin. Anda bisa memberikan warna ini pada kamar anak Anda, karena juga akan memberikan efek psikologis ketenangan yang membuat tidur anak Anda lebih nyaman.

  1. Warna Green

Warna hijau adalah warna yang paling netral. Pilihan warna hijau akan memberikan kesejukan dalam ruangan. Jika Anda menggunakannya pada ruangan atau kamar khusus anak Anda maka warna hijau akan memberikan kesan damai dalam ruangan.

Keempat pilihan warna di atas bisa Anda gunakan pada kayu jati belanda. Pilihan warna di atas tersebut bisa Anda dapatkan jika menggunakan cat kayu Orchid yang berpelarut air. Cat kayu yang merupakan cat enamel ini akan menutup warna kayu asli dari jati belanda, menutup nboda dan cacat warna dari kayu bahkan Anda akan mendaptkan warna yang berbeda.

Proses Aplikasi Cat Warna Solid Pada Kayu Jati Belanda

Anda akan menutup warna kayu asli jati belanda dengan warna solid yang baru. Namun tidak semudah itu Anda lakukan. Anda perlu memberikan warna dasar pada kayu jati belanda untuk menutup warna serat dan mempertajam warna solid di atasnya. Kebutuhan warna dasar ini bisa Anda dapatkan dari penggunaan BioColours Primer Coat.

Cara aplikasinya tidak sulit dan Anda bisa mengaplikasikan menggunakan campuran air dan mendapatkan hasil warna sempurna dengan spray gun. Berikut ini langka-langkah pengerjaan yang bisa Anda ikuti:

  1. Lakukan pengamplasan pada permukaan kayu yang masih kasar. Amplas hingga permukaan berubah menjadi halus. Pastikan Anda membersihkan debu amplas dan kayu jati belanda harus kering standar untuk mencegah adanya jamur yang tumbuh.
  2. Setelah bersih dan benar-benar kering aplikasikan BioColours primer coat yang sudah dilarutkan dengan sedikit air. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu jati belanda hingga rata, tunggu kering dan amplas dengan amplas 400. Perhatikan, jika masih terlihat serat kayu maka aplikasikan primer coat sekali lagi. Anda bisa mendapatkan hasil yang tertutup rata setelah kering dengan sempurna.
  3. Lapisan pewarnaan bisa Anda lanjutkan dengan cat kayu besi Orchid. Campurkan Orchid warna pilihan Anda dengan air kemudian kuaskan secara merata ke seluruh permukaan kayu. Aplikasikan satu arah saja untuk mendapatkan hasil yang rata dan halus. Tunggu lapisan cat mengering dan amplas dengan amplas 400. Anda bisa mengaplikasikan cat Orchid hingga 3 atau empat lapis untuk mendapatkan hasil lapisan film yang kuat dan warna yang tajam.

Hasil finishing dari cat kayu besi Orchid adalah tampilan semi gloss dengan sheen level 60%. Bagi Anda yang kurang menyukai tampilan warna mengkilap Anda bisa menggunakan matting agent untuk mengurangi tingkat kilap baghkan bisa mengubahnya menjadi warna doft.

Langkah aplikasi di atas sangat mudah bahkan Anda tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk lapisan cat mengering dengan sempurna.

Artikel "Teknik Aplikasi"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH