Tips Mengecat Lemari Kayu untuk Menyimpan Pakaian dengan Cat Enamel

Mengecat lemari kayu untuk menyimpan pakaian bisa menjadi salah satu langkah yang ekonomis. Langkah ini akan membuat lemari tampak baru dan lemari kayu yang lama akan menyesuaikan dengan tampilan dekorasi baru dalam ruangan.

Jika lemari sudah pernah dilapisi cat maka hanya perlu di amplas untuk menghilangkan lapisan minyak dan kotoran. Hal ini dilakukan jika Anda akan mengecat warna kayu dengan pernis.

Lemari yang dipernis hanya membutuhkan persiapan pengamplasan yang sebentar. WAlaupun Anda tidak membutuhkan pengelupasan cat yang lama dengan benar permukaan harus tetap dibuat kasar dengan amplas yang halus.

Proses pengamplasan penting untuk dilakukan agar lapisan pernis yang baru dapat merekat dengan baik. Artinya cat akan membentuk ikatan dengan lapisan cat di bawahnya. Inilah hal awal yang setidaknya akan Anda lakukan nantinya jika akan mengecat lemari kayu lama sendiri.

Namun bagaimana jika ternyata Anda tidak akan mengecat dengan pernis? Apa saja warna terbaik yang bisa menjadi pilihan? Apakah langkah aplikasinya sama dengan mengecat pernis kayu?

Memilih Warna untuk Lemari Pakaian yang Baru

Pada saatnya Anda akan mengecat lemari lama maka memilih warna adalah salah satu bagian yang sangat penting. Hati-hati dalam memilih warna untuk lemari kayu karena harus menyesuaikannya juga dengan warna dalam ruang kamar.

Apa saja warna untuk lemari kayu yang patut dipilih dan menjadi pertimbangan utama? Berikut ini beberapa pilihan warna yang bisa Anda pilih.

  • Warna Netral

Apakah yang termasuk dalam warna netral? Warna-warna yang termasuk dalam kategori normal adalah warna yang dapat digunakan untuk berbagai jenis gaya. Warna-warna ini lebih mudah didapatkan karena banyak produk cat yang menyediakannya.

Tips Mengecat Lemari Kayu Untuk Menyimpan Pakaian

Warna netral antara lain adalh warna abu-abu, warna putih dan berbagai macam warna beige. Memilih warna netral akan memberikan peranan yang sangat besar dalam ruangan. Warna-warna tersebut akan membuat ruangan menjadi lebih terang.

  • Warna cerah

Tidak hanya warna netral saja yang memberikan kesan cerah. Anda bisa memberikan warna yang lebih cerah lagi untuk ruangan terlihat ceria. Kebanyakan warna ini banyak digunakan pada gaya pop art. Bahkan Anda bisa menggunakan dua warna pada satu lemari.

Tips Mengecat Lemari Kayu Untuk Menyimpan Pakaian

Pilihan warna cerah ini seperti kombinasi antara warna kuning dan putih. Menampilkan kontras antara warna kuning dan putih. Satu lemari tidak harus dicat dengan warna yang sama. Pengecatan asimetris akan membuat kesan yang berbeda dalam ruangan.

  • Warna gelap

Tidak semua orang menyukai warna yang terang dan cat warna cerah dan warna netral. Maka warna gelap patut dipilih jika dua pilihan di atas tidak masuk dalam daftar selera Anda. Warna gelap akan menampilkan kesan dewasa dan tampilan yang tidak lekang waktu.

Warna gelap yang bisa dipilih seperti hijau, navy, and juga hitam. Warna tersebut sangat banyak dipilih untuk menciptakan lemari kayu untuk pakaian tampak berani. Akan tetapi, untuk memilih warna ini pastikan pencahayaan dalam ruangan tetap tertata dengan baik.

  • Warna kayu

Jika sebelumnya lemari menggunakan warna kayu dan pilihan warna solid tidak sesuai dengan keinginan Anda, maka pilihlah kembali warna kayu. Finishing dengan warna kayu memang tidak ada matinya karena warna ini bisa selalu diperbarui dengan mudah.

Tips Mengecat Lemari Kayu Untuk Menyimpan Pakaian

Anda mungkin tidak akan menemukan warna wood stain seperti warna lemari yang dimiliki. Namun Anda bisa mendapatkan warna yang lebih apik. Ada satu hal yang perlu Anda perhatikan jika proses finishing warna natural tidak melibatkan proses menghilangkan lapisan cat yang lama.

Anda harus memilih warna kayu yang lebih gelap dari lemari. Karena jika Anda memilih warna kayu yang lebih terang maka warna kayu yang baru tidak akan terlihat. Artinya warna baru akan kalah dengan warna yang lama.

Apakah pemilihan warna untuk finishing lemari kayu sudah Anda pahami? Saatnya untuk beranjak menggunakan mengecat ulang dengan langkah yang tepat.

Proses Mengecat Lemari Pakaian Menjadi Baru

Tidak hanya warna saja yang perlu dipilih, jenis cat yang akan digunakan juga harus dipertimbangkan. Apakah Anda akan mendapatkan cat yang menyebarkan toxic dalam kamar? Tentu saja tidak.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing yang bebas racun dalam ruangan dan aman untuk diaplikasikan maka gunakanlah cat kayu besi Orchid. Cat ini adalah cat kayu water based dan bagi DIY tidak perlu khawatir soal proses aplikasi yang sulit. Cat ini dapat diaplikasikan sempurna menggunakan kuas.

Jika Anda tidak ingin kesulitan dalam menghilangkan lapisan cat yang lama maka persiapan cukup hanya dengan pengamplasan saja. Syaratnya lapisan cat yang lama harus memiliki warna kayu yang terang atau tidak gelap.

Apabila Anda akan menggunakan cat kayu warna cerah atau netral, warna gelap sebelumnya akan sangat mempengaruhi. Berikut ini langkah-langkah aplikasi cat kayu besi Orchid.

  • Persiapan lemari kayu

Lepaskan laci lemari dan juga perangkat keras yang menempel. Sisihkan dan simpan karena Anda akan memasangnya setelah cat mengering. Khusus untuk laci Anda juga akan ikut mengecatnya.

Amplas permukaan lemari dengan amplas kasar untuk menghilangkan lapisan paling atas serta kotoran atau debu. Gunakan amplas nomor 150 hingga 180, dan pastikan permukaan kayu menjadi merata.

Bersihkan debu amplas, jika terdapat kerusakan seperti lubang atau kayu yang rusak segera perbaiki dengan dempul kayu.

  • Aplikasi primer coat

Sebelum mengaplikasikan cat Orchid penting untuk mengaplikasikan primer. Cat primer yang bisa Anda gunakan adalah BioColours primer coat. Cat ini memiliki fungsi penting yaitu untuk menutup warna kayu yang lama.

Tips Mengecat Lemari Kayu Untuk Menyimpan Pakaian

Proses aplikasi dimulai dengan mencampurkan primer dengan air hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik NK2. Lanjutkan dengan penguasan ke seluruh permukaan lemari dalam satu arah. Lakukan hingga seluruh permukaan kayu terlapisi dengan maksimal.

Tunggu kering dan amplas ambang dengan amplas. Perhatikan apakah permukaan kayu telah tertutup warnanya dengan baik. Jika masih terlihat serat kayu, cobalah untuk mengaplikasikan primer coat sekali lagi.

  • Aplikasi cat Orchid

Anda sudah memilih warna yang diinginkan, kini saatnya untuk melakukan proses aplikasi cat warna. Jika Anda ingin mengaplikasikan beberapa warna, tutup bagian yang akan diberi warna lain.

Lakukan aplikasi warna satu per satu. Campurkan cat kayu besi Orchid dengan air hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik NK2. Kuaskan cat ke permukaan lemari satu arah sama seperti arah primer coat.

Tips Mengecat Lemari Kayu Untuk Menyimpan Pakaian

Tunggu lapisan cat mengering kemudian amplas ambang dengan amplas 400. Satu kali lapisan cat tidak akan memberikan warna tajam, jadi Anda perlu mengaplikasikan tiga hingga empat lapisan. Jika sudah baru aplikasikan cat warna lainnya, dan tutup bagian lemari yang sudah dicat.

Jika seluruh proses pengecatan selesa, buka semua bagian yang ditutup dan diamkan selama semalaman. Cat akan mengering dan mengeras dengan baik.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH