Masih Amankan Menggunakan Melamin Kayu? Ini Penjelasan Lengkapnya

Menggunakan cat melamin di Indonesia adalah suatu hal yang biasa bahkan hingga saat ini. Banyak pengrajin kayu yang masih memanfaatkan cat melamin, namun apakah Anda pernah menggunakan cat melamin kayu ini? Jika belum maka Anda perlu mencobanya dan merasakan apa yang terjadi ketika menggunakannya.

Mengecat menggunakan cat melamin cukup rumit karena Anda perlu mencampurkannya terlebih dahulu dengan hardener karena melamin merupakan cat dua komponen. Setelah pencampuran dua komponen tersebut baru Anda dapat menambahkan dengan thiner mengaduknya dengan rata dan mulai mengaplikasikannya.

Masih Amankan Menggunakan Melamin Kayu

Proses aplikasi melamin wajib menggunakan spray gun jika Anda ingin mendapatkan hasil yang rata dan juga halus. Maka ketika Anda mengaplikasikanya dengan spray gun resiko cat yang menyebar ke udara akan sangat besar dan mengganggu pernapasan Anda.

Mulai dari mata perih hingga pernapasan yang panas akan dialami jika Anda tidak mengunakan perlindungan dari respirator. Selain itu ketika Anda mengaplikasikannya tanpa sarung tangan jika kulit Anda sensitif maka rasa gatal akan dialami. Melihat hal tersebut apakah Anda masih akan tetap menggunakan cat melamin?

Di beberapa negara lain cat melamin bahkan sudah tidak diproduksi karena larangan penggunaannya yang akan mencemari lingkungan dan membahayakan kesehatan lingkungan hidup bahkan manusia. Jika anggota keluarga Anda adalah anak-anak atau ibu hamil akan sangat berbahaya mengaplikasikan melamin di sekitar mereka.

Akan ada resiko penyakit keturunan dan kanker yang berbahaya menanti apabila Anda meneruskan untuk menggunakan cat melamin. Kandungan VOC yang ada di dalamnya sangat tinggi bahkan paling tinggi dibandingkan dengan bahan finishing yang lainnya.

Perkembangan Penggunaan Cat Melamin

Modern ini, pemilik rumah membuat lebih dari sebuah langkah dari sebelumnya untuk membersihkan rumah mereka dari bahan kimia berbahaya. Senyawa organik yang mudah menguap (VOC) terkandung dalam melamin adalah bahan kimia beracun yang dipancarkan dari berbagai produk dan bahan rumah tangga. Segala sesuatu dari cat rumah ke sofa baru yang baru saja Anda buka akan mengandung kadar bahan kimia ini.

Menggunakan Cat Melamin Di Indonesia Adalah Suatu Hal Yang Biasa Bahkan Hingga Saat Ini. Banyak Pengrajin Kayu Yang Masih Memanfaatkan Cat Melamin, Namun Apakah Anda Pernah Menggunakan Cat Melamin Kayu Ini? Jika Belum Maka Anda Perlu Mencobanya Dan Merasakan Apa Yang Terjadi Ketika Menggunakannya. Mengecat Menggunakan Cat Melamin Cukup Rumit Karena Anda Perlu Mencampurkannya Terlebih Dahulu Dengan Hardener Karena Melamin Merupakan Cat Dua Komponen. Setelah Pencampuran Dua Komponen Tersebut Baru Anda Dapat Menambahkan Dengan Thiner Mengaduknya Dengan Rata Dan Mulai Mengaplikasikannya. Proses Aplikasi Melamin Wajib Menggunakan Spray Gun Jika Anda Ingin Mendapatkan Hasil Yang Rata Dan Juga Halus. Maka Ketika Anda Mengaplikasikanya Dengan Spray Gun Resiko Cat Yang Menyebar Ke Udara Akan Sangat Besar Dan Mengganggu Pernapasan Anda. Mulai Dari Mata Perih Hingga Pernapasan Yang Panas Akan Dialami Jika Anda Tidak Mengunakan Perlindungan Dari Respirator. Selain Itu Ketika Anda Mengaplikasikannya Tanpa Sarung Tangan Jika Kulit Anda Sensitif Maka Rasa Gatal Akan Dialami. Melihat Hal Tersebut Apakah Anda Masih Akan Tetap Menggunakan Cat Melamin? Di Beberapa Negara Lain Cat Melamin Bahkan Sudah Tidak Diproduksi Karena Larangan Penggunaannya Yang Akan Mencemari Lingkungan Dan Membahayakan Kesehatan Lingkungan Hidup Bahkan Manusia. Jika Anggota Keluarga Anda Adalah Anak-anak Atau Ibu Hamil Akan Sangat Berbahaya Mengaplikasikan Melamin Di Sekitar Mereka. Akan Ada Resiko Penyakit Keturunan Dan Kanker Yang Berbahaya Menanti Apabila Anda Meneruskan Untuk Menggunakan Cat Melamin. Kandungan VOC Yang Ada Di Dalamnya Sangat Tinggi Bahkan Paling Tinggi Dibandingkan Dengan Bahan Finishing Yang Lainnya. Perkembangan Penggunaan Cat Melamin Modern Ini, Pemilik Rumah Membuat Lebih Dari Sebuah Langkah Dari Sebelumnya Untuk Membersihkan Rumah Mereka Dari Bahan Kimia Berbahaya. Senyawa Organik Yang Mudah Menguap (VOC) Terkandung Dalam Melamin Adalah Bahan Kimia Beracun Yang Dipancarkan Dari Berbagai Produk Dan Bahan Rumah Tangga. Segala Sesuatu Dari Cat Rumah Ke Sofa Baru Yang Baru Saja Anda Buka Akan Mengandung Kadar Bahan Kimia Ini. Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Produk-produk Ini Untuk

Berapa lama waktu yang dibutuhkan produk-produk ini untuk “di-gas” tergantung pada berapa banyak VOC yang mereka miliki, serta seberapa banyak Anda dapat menyalurkan udara ke rumah Anda setelah memasukkan bahan-bahan ini ke dalam. Pengupas cat dan cat adalah beberapa tempat yang lebih umum Anda akan menemukan VOC dan untungnya, mereka juga beberapa yang paling mudah untuk dihindari.

Setelah furnitur atau rumah Anda dicat, VOC dilepaskan ke udara saat dinding mengering, dan kemudian untuk periode sesudahnya juga. Tidak ada angka yang sulit untuk ruangan yang dicat, tetapi rumah yang baru dibangun yang tidak menggunakan produk dan bahan VOC rendah telah menunjukkan tingkat VOC yang tinggi selama berbulan-bulan setelah konstruksi selesai. Trik untuk pemilik rumah adalah untuk menghindari VOC ini untuk memulai.

Jika Anda berada di toko untuk beberapa cat, maka carilah pilihan cat rendah atau tidak-VOC. Ini akan lebih mahal daripada cat rumah standar Anda, tetapi jika Anda tertarik pada udara bersih untuk Anda dan keluarga Anda, maka itu sepadan. Banyak kota akan membebaskan biaya pembuangan untuk jenis cat ini juga, jadi ada tabungan lain untuk dompet Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa emisi VOC dapat sangat buruk bagi orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu, serta anak-anak dan orang tua.

Produsen cat diminta untuk mencetak jumlah VOC pada cat itu sendiri, jadi sedikit kecerdikan di toko cat lokal Anda akan sangat membantu. Pemerintah AS sekarang membatasi jumlah VOC menjadi 250 gram per liter untuk hasil akhir datar dan 380 untuk hasil akhir yang mengkilap. Masing-masing negara mungkin memiliki batas yang lebih rendah juga.

Negara bagian California memimpin jalan, seperti biasa, dengan batas 50 gram per liter. Perlu diingat ketika Anda memeriksa kaleng cat, bahwa mereka mencantumkan VOC hanya untuk cat, bukan pigmen yang ditambahkan untuk membuat warna merah jambu favorit Anda. Jika Anda ingin mendapatkan angka yang lebih akurat, tanyakan karyawan toko cat Anda tentang tingkat pigmen dan faktor yang masuk.

Di Indonesia aturan penggunaan VOC belum ditetapkan oleh pemerintah atau belum ada regulasi yang mengatur mengenai masalah penggunaan VOC terlebih lagi di dalam melamin. Maka beberapa produsen cat menggunakan regulasi yang ditetapkan oleh luar negeri seperti di AS dan juga Eropa.

Pembatasan tersebut sangat efektif dan alasan mengapa menggunakan regulasi tersebut karena banyaknya produk furnitur ekspor yang dikirim ke negara bagian Amerika dan juga Eropa. Produk ekpsor furnitur yang masuk akan selalu dicek kadar VOC yang melapisi sehingga penggunaan cat rendah VOC sangat dibutuhkan.

Cat Rendah VOC yang Ada di Indonesia

Lalu pertanyaannya adalah apakah jenis cat yang rendah VOC ada di Indonesia? Apakah Anda bisa menggunakannya dengan mudah seperti melamin pada umumnya? Kini jika Anda mencari cat yang dapat menggantikan melamin Anda bisa memilih menggunakan cat water based.

Produk cat water based kini sangat mudah ditemukan di toko bahan bangunan terdekat di rumah Anda. Cat water based adalah cat yang masih menggunakan resin mengandung VOC namun kadarnya sangat rendah. Beberapa merk lokal bahkan hanya mengandung 50 gram per liternya.

Jumlah tersebut sangat rendah dibandingkan dengan regulasi yang ditetapkan oleh Amerika dan juga Eropa. Kandungan yang rendah tidak akan mempengaruhi tingginya jumlah polusi yang muncul akibat penguapan dari cat water based.

Ada beberapa efek yang akan Anda dapatkan dan juga lebih mudah untuk Anda dapatkan. Berikut ini keunggulan jika Anda menggunakan cat water based:

  1. Tidak menimbulkan bau

Anda tidak akan merasakan bau apapun ketika pertama kali membuka kemasan kaleng cat water based. Kandungan logam berat yang sangat rendah mempengaruhi aroma yang keluar tidak menusuk hidung dan mengganggu pernapasan Anda.

  1. Mudah diaplikasikan

Anda sering kesulitan bukan ketika mengaplikasikan melamin harus menggunakan spray gun. Bagi Anda yang hanya dapat mengaplikasikan cat dengan kuas maka cat water based adalah solusinya. Tetap memberikan tingkat glossy yang tinggi Anda tidak perlu lagi bergantung dengan spray gun dan juga listrik.

  1. Murah

Harga dari cat melamin cukup mahal belum lagi Anda harus membeli dengan hardener dan thiner. Pencampuran harus tepat dan akan membuat boros karena thiner merupakan bahan yang mudah untuk menguap. Jika Anda menggunakan cat water based Anda hanya membutuhkan air sebagai bahan pelarut.

  1. Cepat kering

Kemudahan tidak berhenti dengan harga yang murah. Anda bisa menggunakan dengan waktu yang cepat dan dimana saj. Cat water based cepat kering walaupun Anda tidak perlu dijemur pada panas matahari. Anda tidak perlu lagi menjemur dan hanya dapat mengaplikasikan di cuaca panas.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH