Pengaruh Viskositas Pernis Kayu dalam Melancarkan Proses Finishing

Mendapatkan aplikasi yang mudah dari pernis kayu ditentukan dari tingkat viskositas yang baik dan tepat.

Apa yang menentukan pernis mudah diaplikasikan? Selain dari segi formulasinya adalah viskositasnya. Apa itu viskositas? Viskositas adalah pengukuran ketahanan fluida (cairan) yang telah diubah baik dengan tekanan atau tegangan. Anda bisa melihat dari bentuk magma atau lava. Ketika gunung merapi meledak dan mengeluarkan magma maka tidak akan mengalir terlalu jauh sebelum dingin. Hal ini disebabkan oleh viskositas tinggi yang dimiliki oleh magma. Bisa juga Anda membandingan antara bentuk cairan air dan juga madu. Air memiliki pergerakan yang mudah karena tingkat viskositas yang rendah. Berbeda dengan madu yang ketika diaduk memiliki pergerakan yang lamban karena viskositasnya yang rendah sama seperti magma yang mengalir perlahan. Fluida selalu memiliki ketahan dari tekanan maka bisa disebut dengan kental sedangkan fluida yang yang tidak memiliki ketahanan tekanan dan tegangan disebut dengan fluida ideal.

Bagaimana fluida mempengaruhi fungsi pernis kayu? Bentuk dari pernis adalah cairan atau fluida, dari pabrik yang berbeda maka tingkat kekentalan pernis juga berbeda. Ketika tingkat fluida tinggi maka pernis akan sulit mengalir dan semakin sulit benda bergerak di dalam fluida tersebut. Jika Anda menginginkan tingkat viskositas yang tepat caranya adalah mengukur dengan alat yang disebut dengan NK2.  Jika menggunakan alat ini tentu tingkat viskositas yang dibutuhkan akan didapatkan dan mempermudah proses aplikasi. Anda tentu tiak akan sembarangan mencampur bahan dengan pelarutnya baik itu kebanyakan atau terlalu sedikit. Pengukuran ini sangat penting terebih jika Anda bekerja di bidang industri finishing agar finishing dalam jumlah banyak akan mendapatkan hasil terbaik.

Fungsi Viskositas Melancarkan Finishing

Viskositas Untuk Finishing Furniture

Viskositas berasal dari bahasa latin yang disbeut dengan “viscum alba” yang berarti mistletoe putih. Fungsi dari viskositas yang tepat akan mempermudah cara Anda mengaplikasikan. Misalnya saja Anda akan mengaplikasikan dengan kuas maka tidak akan ada bekas brush mark dan tarikan kuas pun akan ringan. Sedangakn jika Anda mengaplikasikan dengan spray system maka cairan yang keluar akan rata. Yang berbahaya adalah jika viskositasnya tinggi membentuk cairan kental. Jika Anda menggunakan spray kemungkinan besar cairan yang keluar akan sulit karena tersumbat dan tidak akan keluar dengan lancar. Sebaliknya jika viskositasnya terlalu rendah membentuk cairan yang sangat encer akan menimbulkan sagging yang tentu akan memperburuk tampilan. Maka untuk mengukur viskositas gunakan NK2 cup. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam mengukur viskositas pernis kayu.

  1. Siapkan alat NK 2 Cup, stop watch dan pernis .
  2. Campuran pernis dengan bahan pelarut yang sesuai baik solvent atau air. Lakukan pengenceran sesuai dengan takaran yang ada pada kemasan pernis.
  3. Celupkan NK2 ke dalam cairan pernis dan angkat bersamaan ketika diangkat mulai menghitung dengan stop watch. Hitung berapa lama detik cairan yang keluar pada lubang dari NK2 Cup. Matikan stop watch bersamaan dengan berhentinya tetesan aliran pernis.

Cara mengukur tersebut sangat efektif untuk mendapatkan tingkat viskositas yang pas. Untuk lebih akurat Anda harus berlatih dalam mengukurnya.

Jenis Produk Pernis Kayu Dengan Viskositas Terbaik

Jika Anda masih menebak-nebak merk pernis mana yang memiliki tingkat viskositas yang bagus maka jawabannya adalah Biovarnish. Dengan ukuran viskositas 9-12 detik Anda akan mendapatkan tingkat viskositas yang tepat. Bahkan aplikasi dengan kuas atau spray akan lcanr. Tidak ada brush mark, lapisan film yang terbentuk sangat baik dalam hal melindiugi. Dari segig warna pun menyatu karena mudah diaduk hingga mendapatkan warna yang homogen. Pernis kayu Biovarnish memiliki hal utama yang jarang dimiliki pernis lain yaitu aplikasi untuk fiurnitre indoor maupun outdoor.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH