Interior Kayu Ramin untuk Hunian Monokrom yang Hangat

Kayu ramin yang punya alur serat yang lurus dan berpadu sangat cocok bagi Anda yang ingin mewujudkan desain interior monokrom pada hunian. 

Warna dari kayu jati, mahoni atau walnut aslinya sudah memiliki tone hangat namun harga dari jenis kayu tersebut cukup mahal. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan ramin yang kualitasnya tidak kalah mumpuni. 

Seperti apakah penggunaan ramin untuk membantu interior hunian bergaya monokrom supaya terasa hangat? 

Kayu Ramin Pilihan Tepat untuk Hunian Terasa Hangat 

Manfaat kayu ramin bisa diperoleh karena didukung dengan pengolahannya yang sangat mudah. Kayu ini termasuk kategori ringan sehingga tidak perlu waktu lama dalam pengolahannya. 

Selain itu ramin juga dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan plywood dan juga veneer. Ciri-ciri kayu ramin adalah memiliki warna kuning di bagian teras dan lebih terang dan cenderung putih di bagian terasnya. 

Warna dari kayu yang cenderung terang pada ramin memudahkannya untuk diberikan warna menyerupai kayu lain dengan memanfaatkan stain. Anda bisa memperlihatkan tampilan kayu menjadi lebih mahal hanya dengan trik finishing. 

Pohon ramin bisa memiliki diameter sampai 1,2 imeter dengan ketinggian 40 sampai 50 meter. Ketebalan dari kayu, membuat ramin bisa diolah menjadi berbagai keperluan interior. 

Kayu ramin yang juga masih tergolong mudah dan murah ditemukan sehingga bisa menjadi pengganti kayu solid yang mahal. Anda pun bisa memanfaatkannya untuk menjadi bahan kebutuhan interior dengan desain monokrom. 

Interior Desain Monokrom dengan Kayu Ramin untuk Kesan Hangat 

Tidak selamanya interior dengan desain monokrom menampilkan kesan yang dingin. Buktinya Anda bisa memanfaatkan kayu ramin demi memunculkan kesan yang hangat, kalem serta nyaman. 

Beberapa trik yang bisa dimanfaatkan dalam penggunaan kayu ramin sendiri adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  Trend Finishing Dengan Produk Cat Kayu Terbaik dari Biovarnish

1. Sebagai Elemen Partisi Area Terbuka 

Ciptakan kesan terbuka pada tiga ruangan sekaligus yaitu dapur, ruang keluarga dan ruang tamu. Anda bisa memanfaatkan partisi ramin berbentuk panel layaknya papan kayu dan diletakan berdiri sejajar secara vertikal. 

Hanya dengan memberikan satu partisi dapat menciptakan kesan terbuka seolah-olah berada di ruang yang sama. Furnitur yang dipilih seperti sofa sebaiknya memiliki warna monokrom dan ditata supaya mampu menciptakan ruang gerak yang nyaman. 

2. Parket Kayu di Ruang Tidur

Memberikan kesan hangat pada ruang istirahat seperti kamar tidur akan membuat waktu tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Pilihlah parket kayu yang pembuatannya memanfaatkan sistem press pada kepingan kayu. 

Palet berbentuk konkret sehingga siap tinggal pasang untuk lantai. Kualitas dari palet kayu menyerupai kayu solid asli meskipun harganya tidak terlalu mahal. Beberapa palet ada yang menggunakan ramin sebagai bahan utamanya. 

Warna palet ramin untuk lantai sesuai dengan warna aslinya yaitu cenderung putih terang dan kekuningan. Anda bisa menciptakan suasana yang hangat dan lembut dengan menggunakan bed cover atau tirai warna abu-abu. 

3. Plafon Palet Kayu 

Selain lantai kayu, Anda bisa juga memanfaatkan palet untuk plafon. Khusus untuk penerapan ini Anda bisa menggunakannya di ruang yang kerap digunakan anggota keluarga. Mengaplikasikannya pada ruang keluarga atau ruang tamu sangatlah tepat. 

Adanya tampilan serat dan juga mata kayu akan memberikan kesan artistik. Susunan palet kayu akan menciptakan kesan sangat apik dan Anda tidak perlu menambahkan terlalu banyak dekorasi lagi. 

Kesan monokrom sendiri bisa diperoleh dengan memadukan antara sofa, karpet dan lampu gantung warna gelap. Soal warna plafon Anda bisa memanfaatkan warna asli ramin yang cenderung terang. 

Baca Juga:  Grosir Cat Dasar Kayu Aman Biovarnish Terbaik yang Ada di Indonesia

4. Dinding Palet Kayu 

Finishing dinding rumah tidak hanya bisa dilakukan dengan mengecat atau memberikan lapisan wallpaper. Anda bisa memanfaatkan palet kayu untuk menciptakan aksen yang hangat. 

Pengaplikasiannya tidak harus pada semua dinding, Anda bisa menggunakannya di salah satu sisi dinding saja. Misalnya untuk dinding di ruang menonton televisi. Anda bisa menggunakannya di dinding tempat memasang tv. 

Kreasi dinding dari palet kayu ini bisa menjadi dekorasi yang hemat dan hangat. Cara penggunaannya tinggal menyusun saja palet kayu sejajar searah horizontal yang juga bisa memberikan kesan luas. 

5. Satu Set Dining Table 

Anda bisa menambahkan perabotan dari kayu pada interior monokrom. Triknya adalah memberikan kombinasi warna kayu dan monokrom. Contohnya, Anda bisa menggunakan satu set dining table yang di finishing dengan warna kayu jati. 

Kemudian padukan pada dudukan kursi lapisan kulit warna hitam. Anda bisa juga memilih meja makan dengan bagian kaki-kaki besi dicat hitam dan top table warna kayu jati. 

Selain satu set dining table, Anda juga bisa menciptakannya rak buku kayu ramin atau satu set meja dan kursi tamu. 

6. Aksesoris Kayu Ramin 

Aksesoris menjadi bagian penting dari interior, Anda bisa menambahkan seperti lampu gantung, frame cermin atau gantungan baju berdiri dari kayu. Khusus aksesoris ini Anda bisa menggunakan finishing dengan warna yang lebih gelap. 

Misalnya saja dengan finishing warna walnut atau mahoni sehingga menciptakan tampilan yang kontras layaknya desain monokrom. Pilih model aksesoris sesuai dengan desain interior ruangan secara keseluruhan. 

7. Kitchen Set Ramin 

Terakhir Anda bisa juga menggunakan kitchen set dari plywood ramin. Saat ini kitchen set berbahan plywood cukup digemari karena desainnya yang minimalis cocok untuk interior monokrom. 

Baca Juga:  Apa Finishing yang Cocok untuk Furniture Kayu Mahoni? Ini Pilihannya

Anda bisa mengganti penggunaan warna hitam atau abu-abu pada kitchen set menggunakan warna asli ramin. Justru dengan memperlihatkan warna aslinya, dapur akan terlihat lebih bersih namun tetap hangat. 

Tips Menciptakan Warna Asli Kayu Ramin 

Plafon Kayu Kalimantan

Menampilkan warna asli dari kayu ramin seperti pada palet kayu untuk dinding, lantai dan plafon jadi cara yang paling tepat. Demi menampilkan warna aslinya tidak cukup jika hanya memberikan pernis atau plitur saja. 

Anda perlu memberikan beberapa lapisan lain yang akan mempertajam warna asli ramin. Berikut ini tips yang bisa diikuti. 

1. Memberikan Lapisan Wood Filler Ramin 

Ramin adalah jenis kayu dengan pori cukup besar, jika ingin awet maka Anda perlu memberikan lapisan wood filler ramin. Berikan lapisan dasar ini sebelum Anda menggunakan lapisan cat lainnya. 

2. Gunakan Sanding Sealer

Pemberian sanding sealer juga jadi langkah tepat yang akan menjaga ketahanan warna ramin. Anda bisa memberikan sanding sealer di bawah lapisan pernis atau stain. 

3. Memilih Stain Warna Yellow Teak 

Warna stain yang paling mendekati ramin adalah yellow teak. Adanya lapisan stain ini akan membuat kayu memiliki warna lebih tajam. Cukup berikan satu lapisan saja agar warnanya tidak terlalu kuning. 

4. Gunakan Cat Water Based

Anda bisa mengandalkan cat water based yang akan memberikan keamanan udara dalam ruangan. Meskipun cat belum kering, namun tetap aman digunakan dan membuat ruangan tetap nyaman. 

Soal pemilihan cat water based Anda bisa menggunakan Biovarnish yang menyediakan wood filler, sanding sealer sampai dengan clear coat. Tinggal pilih saja warna yang diinginkan. 

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH