Unfinishing Gitar? Gunakan Cat Kayu Warna Gloss

Gitar akustik atau gitar elektrik membutuhkan penampilan menarik seperti glossy dari cat kayu warna gloss dari produk Biovarnish.

Cat Kayu Warna Gloss

Alat musik berdawai adalah alat musik yang dipetik salah satunya adalah gitar. Alat musik petik sudah berkembang sejak zaman dahulu bahkan berabad-abad lamanya. Ada dua jenis gitar yang digunakan saat ini adalah gitar akustik dan gitar elektirk. Gitar Elektrik adalah gitar yang menggunakan pickup untuk mengolah bunyi yang dihasilkan kemudian mampu mengalirkan listrik yang kemudian diolah dengan amplifier dan juga sound proff. Bunyi yang dikeluaran dengan gitar elektrik biasnaya tergolong musik pop, rock, jazz. Sedangkan gitar elektrik menghasilkan suara yang berasal dari senar gitar yang dipetik kemudian bergetar mengalir pada sadel dan jembatan yang mengikat senar pada body gitar.

Tampilan dari gitar elektrik dan gitar akustik sama pentingnya. Jika Anda menginginkan tampilan yang mengkilap gunakan cat kayu warna gloss yang tepat. Selain warna gloss, gitar juga cocok dengan warna asli kayu sebagai bahan pembuatnya. Sehingga sangat kentara sekali material kayu apa yang digunakan. Menciptakan sebuah gitar tidak bisa menggunakan sembarangan jenis kayu. biasanya kayu jenis maple, rosewood, poplar, walnut yang sering digunakan untuk material pembuat gitar.

Sekilas Perkembangan Gitar

Asal mula gitar pertama kali diciptakan masih belum jelas karena banyak bukit sejarah perkembangan gitar yang sudah rusak.Banyak yang mengakui bahwa gitar pertama kali diciptakan di Persia kemudian dibawa ke Spanyol dan berkembang di sana. Benar saja karena hingga sekarang, Eropa merupakan benua dengan alat musik dan kesenian musik yang masih terjaga misalnya saja musik orchestra. Sejak gitar berkembang di Eropa, maka pada akhir abad ke 17 gitar memiliki banyak perubahan pada bagian dawai. Jika awal mula gitar berdawai ganda maka berubah menjadi dawai tunggal. Sedangkan gitar dengan dawa empat berubah menjadi dawai 6. Gitar berdawai  4 saat ini dikenal dengan gitar bass sedangkan gitar berdawai 6 adalah seperti gitar elektrik dan gitar akustik.

Bahan pembuat dawai atau string pada zaman dahulu disebut dengan Gut yang terbuat dari usus hewan. Saat ini gitar sudah tidak menggunakan Gut lagi tetapi menggunakan nylon dan juga baja. Kebanyakan gitar listrik menggunakan dawai baja sedangkan gitar akustik menggunakan dawai nylon. Material pembuat gitar sejak pertama kali dibuta adalah kayu yang berubah kebanyakan adalah bentuknya. Jika pada mula berbentuk box sekarang lebih berbentuk melengkung dan mudah untuk digunakan. Sedangkan untuk gitar listrik sekarang sudah beralih dengan material policarbonat walaupun beberapa masih menggunakan kayu.

Tampilan gitar yang semakin modern ini memiliki tampilan mewah. Penampilan mewah ini disebabkan juga karena cat kayu warna gloss yang digunakan. Dengan tamplan gloss atau mengkilap ini gitar terlihat lebih mahal. Selain itu juga fungsi cat tidak hanya memberikan warna tetapi juga memberikan perlindungan yang berati pada gitar. Jika gitar tidak difinishing dengan cat maka jamur akan mudah tumbuh dan merusak bunyi yang dihasilkan. Gitar pun akan mudah melengkung.

Cat Kayu Warna Gloss

Cat Kayu Warna Gloss Tidak Berbau

Masalah bau menyengat pada gitar terkadang mengganggu aktivitas bermusik yang Anda lakukan. Bau pada awal selesai finishing gitar biasanya dihasilkan oleh jenis cat yang digunakan. Kebanyakan cat menyengat adalah cat solvent karena bahan pencamapurnya thinner. Jadi bau menyengat sebenarnya dihasilkan oleh bahan pencampur cat solvent yaitu thinner. Jika Anda terganggu dengan masalah bau sebaiknya menggunakan cat kayu water based untuk bahan finishingnya. Cat water based hanya membutuhkan bahan pencampur air saja sehingga tidak mungkin ada bau yang mengganggu penciuman. Cat kayu water based yang direkomendasikan adalah cat Biovarnish. Selain memiliki pilihan warna natural sesuai jenis kayu yang digunakan, Biovarnish juga berfungsi sebagai cat kayu warna gloss. Tingkat glossy yang bissa diberikan adalah hingga 80%. Dengan tingkat 80% gitar akustik  atau gitar elektrik Anda akan tampil mewah.

baca juga : spray gun elektrik yang bisa digunakan untuk finishing gitar

Artikel "Finishing Idea"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.